Aneka Camilan Lebaran yang Paling Gurih dan Enak

Idul Fitri terasa semakin spesial karena kita bisa berkumpul dan silaturahmi dengan keluarga besar. Ditambah dengan sajian kue dan camilan lebaran untuk disantap bersama sambil bercengkerama.

Hidangan lebaran tidak hanya berupa ketupat, opor ayam, dan kue kering saja. Biasanya orang-orang tidak lupa juga untuk menyajikan aneka camilan lebaran yang gurih atau renyah.

Ada banyak aneka camilan lebaran yang bisa dibuat sendiri di rumah. Jadi, Sweet Couple tidak perlu repot-repot membelinya di toko kue atau camilan.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Camilan ala rumahan jelas lebih praktis dan menguntungkan karena Sweet Couple bisa menghemat pengeluaran bahan dan hasilnya lebih banyak. Yuk, simak 5 camilan lebaran yang paling gurih dan enak berikut ini.

1. Stik Keju

Gambar diambil dari instagram.com/cookingwithhel/

Camilan lebaran yang paling sering disajikan oleh keluarga di rumah adalah stik keju. Camilan tersebut memiliki rasa keju yang khas dan dominan serta teksturnya yang renyah.

Cara membuat stik keju cukup praktis. Bahan utama yang Sweet Couple perlukan hanya tepung terigu, tapioka, keju parut, telur, dan aneka bumbu lainnya. Sweet Couple dapat membaca lebih lanjut artikel resep stik keju super renyah dan mencobanya di rumah.

Baca Juga :  Resep Cookies Kurma untuk Lebaran

2. Keripik Pisang

Gambar diambil dari instagram.com/dkmcakes/

Keripik pisang merupakan camilan gurih yang tidak terlupakan saat Idul Fitri. Camilan lebaran ini biasanya disajikan dengan ciri khas rasa asin atau manis.

Kini keripik pisang tidak hanya terkenal di daerah Lampung saja. Beberapa daerah di pulau Jawa juga menyajikan keripik pisang khasnya masing-masing. Bahkan, varian rasa keripik pisang semakin unik, seperti rasa cokelat, melon, dan masih banyak lagi.

3. Biji Ketapang

Gambar diambil dari instagram.com/eka_radjagoekgoek/

Camilan lebaran yang gurih dan tak kalah lezatnya adalah biji ketapang. Rasa kelapa yang khas dan manis membuat banyak orang ketagihan dengan camilan gurih tersebut.

Cara membuat biji ketapang sangat sederhana. Pertama, Sweet Couple harus mencampurkan 200 gram gula pasir, 2 butir telur, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh vanili di dalam 1 wadah.

Pada wadah yang lain, masukkan 500 gram tepung terigu dan 200 gram kelapa parut dan aduk sampai rata. Kemudian kedua bahan tersebut dicampurkan ke wadah yang berisi gula, telur, dan lain-lain. Tambahkan margarin dan uleni adonan sampai kalis.

Ambil sedikit adonan, gulung menjadi panjang dan potong-potong kecil dengan pisau atau guting. Setelah semua adonan dibentuk, goreng biji ketapang sampai matang.

Baca Juga :  Resep Kue Kacang Lembut dan Renyah untuk Lebaran

4. Keripik Bawang

Gambar diambil dari instagram.com/nampan_rasa/

Selain stik keju, camilan yang wajib disajikan saat lebaran adalah keripik bawang. Aroma dan rasa bawangnya benar-benar nikmat. Ditambah teksturnya yang gurih sehingga membuat keripik bawang menjadi camilan favorit banyak orang.

5. Kacang Disco

Sweet Couple pastinya tidak asing lagi dengan camilan lebaran yang satu ini. Perpaduan kacang yang dibalut dengan adonan tepung benar-benar menarik dan nikmat.

Kacang disco yang terkenal di Indonesia biasanya berasal dari Bali dan Makassar. Bahkan, kacang ini termasuk oleh-oleh khas Bali dan Makassar. Cara membuat kacang disco sangat mudah. Sweet Couple dapat mencobanya dengan mengikuti artikel resep kacang disco untuk lebaran.

Itulah rekomendasi 5 aneka camilan lebaran yang bisa Sweet Couple sajikan untuk keluarga dan para tamu di hari spesial tersebut. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari resepkoki.id