Cara Membersihkan Daging Sapi Kurban yang Benar, Jangan Dicuci!

Cara membersihkan daging sapi kurban yang benar sebenarnya cukup mudah. Namun, jarang diketahui oleh banyak orang.

Saat Iduladha, daging sapi kurban biasanya dibagikan ke masing-masing rumah warga. Daging tersebut akan diolah menjadi aneka masakan sesuai dengan selera keluarga.

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan berbagai olahan daging sapi, seperti gulai sapi, rendang Padang, dan lain sebagainya.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Sebelum diolah menjadi masakan rumahan yang lezat, kita harus membersihkan daging sapi terlebih dahulu. Hingga saat ini masih banyak orang yang keliru dan tidak mengetahui cara membersihkan daging.

Padahal, membersihkan daging merupakan tahapan yang penting untuk menghindari risiko penyebaran bakteri dan penyakit pada daging sapi.

Sekarang ini penyakit mulut dan kuku sapi juga perlu diwaspadai, termasuk pada daging kurban. Anda tidak perlu khawatir. Simak Tips membersihkan daging sapi kurban yang benar berikut ini!

Cara Membersihkan Daging Sapi Kurban

Cara membersihkan daging sapi yang selama ini dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mencucinya dengan air mengalir. Namun, apakah cara tersebut merupakan langkah yang paling tepat?

Baca Juga :  Resep Kue Bawang Renyah Tanpa Santan untuk Lebaran

Ternyata cara membersihkan daging dengan mencucinya bukanlah teknik yang dianjurkan. Mengapa demikian? Alasan daging sapi tidak boleh dicuci ternyata berhubungan pada dampak kesehatan.

Mencuci daging sapi justru dapat membuat daging kehilangan kandungan nutrisi. Selain itu, daging sapi yang dicuci akan mengkerut dari sebelumnya.

Lalu, bagaimana cara membersihkan daging sapi kurban yang baik dan benar? Berikut ini terdapat 3 cara ampuh yang bisa Anda ikuti!

1. Jangan Cuci Daging!

Kalau mau membersihkan daging tanpa menghilangkan nutrisinya, sebaiknya jangan mencuci daging! Pada dasarnya teknik membersihkan daging sapi dengan ayam memang berbeda.

Jangan heran kalau di tempat pemotongan, para penjual daging tidak mencucinya. Daging sapi yang baru hanya digantung untuk dijual.

Sebenarnya Anda bukan berarti tidak diperbolehkan untuk mencuci daging di air mengalir yang bersih. Kebiasaan ini boleh saja dilakukan.

Kebanyakan orang mencuci bersih daging sapi sebelum diolah untuk menghindari bakteri dan kotoran. Namun, mencuci daging sapi justru akan membuat daging mengkerut dan lebih kaku? Oleh karena itu, cara ini tidak dianjurkan.

Kalau mau membuat daging sapi bersih dan steril dari kotoran, sebaiknya rebus daging sampai kotorannya terlepas.

2. Rebus Daging Sapi

Cara mencuci daging sapi yang berikutnya adalah merebus daging. Sebelum dimasak, sebaiknya daging direbus di air mendidih.

Baca Juga :  Resep Sate Kornet untuk Malam Tahun Baru

Teknik ini dilakukan untuk mengeluarkan kotoran serta membasmi bakteri. Apalagi saat ini muncul penyakit mulut dan kuku sapi yang berbahaya.

Kalau air rebusan sudah tampak keruh, ganti air dengan yang baru, dan rebus lagi sampai bersih.

3. Bersihkan Daging dengan Tissue

Cara membersihkan daging sapi yang satu ini belum diketahui oleh banyak orang. Kalau Anda mendapatkan kiriman daging kurban saat Iduladha, silakan lakukan teknik aman yang satu ini!

Membersihkan daging sapi dengan tissue dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan sisa-sisa darah segar. Jadi, cara ini merupakan tahapan lanjutan setelah Anda merebus daging sampai bersih.

Kalau pernah mengolah daging sapi, Anda mungkin pernah menemukan sedikit sisa-sisa darah segar yang menempel pada daging.

Sebaiknya gunakan tissue dapur untuk menghapus bercak darah yang masih menempel. Setelah itu, Anda boleh memasak daging sesuai dengan resep andalan masing-masing.

4. Lap Daging dengan Kain Bersih

Cara membersihkan daging yang berikutnya sebenarnya tidak berbeda dengan poin sebelumnya. Hanya alat pembersihnya saja yang berbeda.

Anda bisa membersihkannya dengan cara lap daging menggunakan kain bersih. Tips ini cukup ampuh untuk menghilangkan sisa-sisa darah yang menempel di daging.

Baca Juga :  Resep Palm Cheese Cookies Untuk Hari Raya

Perlu diingat bahwa kain yang Anda gunakan harus bersih. Menggunakan kain bekas dan kotor hanya menambah bakteri ke daging tersebut.

Itulah 4 cara membersihkan daging sapi kurban yang baik dan benar. Teknik sederhana ini dapat Anda terapkan ketika menerima kiriman daging kurban di hari Iduladha.

Ikuti juga beberapa rekomendasi Resep Daging sapi yang enak dan praktis, yaitu resep soto daging sapi santan, resep daging suwir sambal matah, dan resep beef sukiyaki.

Anda juga bisa mencoba aneka varian resep daging lapis, yaitu resep daging lapis kecap, resep lapis daging telur, resep lapis daging bumbu kecap, resep lapis daging kentang, resep lapis daging Jawa Timur, dan lain-lainnya. Selamat memasak!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Informasi disadur dari Liputan6.com