Inilah 5 Fakta Cirambay yang Membagongkan

Makanan Jawa Barat alias makanan Sunda memang tak pernah habis untuk dibahas. Selalu ada inovasi baru yang viral dan diburu banyak orang. Seperti Cirambay yang satu ini.

Sudah pernah dengar Cirambay? Jajanan dari Jawa Barat ini viral di media sosial dan banyak diburu karena rasanya yang lezat. Perpaduan rasa pedas dan gurihnya bikin siapapun tertarik. Cocok banget disantap saat cuaca sedang dingin.

Buat Sweet Couple yang tertarik mencobanya, bisa langsung membuat resepnya di rumah. Kalau gak mau ribet, tentu saja bisa langsung membelinya di warung atau e-commerce.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Nah, biar Anda gak cuma bisa menyantapnya saja, maka kami ajak Sweet Couple untuk menyimak sejumlah fakta cirambay. Unik-unik dan membagongkan banget loh.

Kira-kira apa saja sih? Yuk simak ulasan lengkap fakta cirambay berikut ini!

Fakta Cirambay #1: Berasal dari Jawa Barat

Kalau melihat dari namanya, Sweet Couple mungkin sudah bisa menebak asal makanan ini. Ya, makanan ini berasal dari Jawa Barat tepatnya Tasikmalaya, Garut, dan Bandung.

Baca Juga :  Resep Red Velvet Cookies

Makanan ini mudah ditebak asalnya karena namanya yang unik. Kebanyakan dari kita pasti merasa jika ada makanan baru, viral, dan namanya aneh berasal dari Jawa Barat. Wajar saja, Jawa Barat dikenal dengan masyarakatnya yang kreatif dan inovatif terutama soal makanan.

Untuk mencicipinya, Anda bisa berkunjung ke Jawa Barat dan menemuinya di warung-warung atau pedagang kaki lima. Tak usah khawatir soal harga karena jajanan selera rakyat ini harganya murah meriah bersahabat.

Fakta Cirambay #2: Namanya diambil dari bahasa Sunda

Karena berasal dari Jawa Barat, tentu saja namanya diambil dari bahasa Sunda. Tahukah kalian apa sih sebenarnya Cirambay itu? Kalau Sweet Couple tahu, pasti rasanya membagongkan sekali.

Cirambay merupakan singkatan dari aci rambay. Dalam bahasa Sunda, rambay artinya berjuntai. Wajar saja sebab bentuk makanan ini seperti mie dan berjuntai-juntai.

Namun, ada satu arti lagi yang membagongkan. Cirambay juga memiliki arti menangis hingga air matanya berlinang atau menangis tersedu-sedu. Konteks yang dimaksud di sini yakni saat menyantap makanan ini orang akan mengeluarkan air mata berlinang saking pedasnya.

Gimana? Sudah paham kan apa itu Cirambay?

Fakta Cirambay #3: Bahannya berupa tepung

Jika sudah tahu asal dan artinya, maka tak lengkap jika tak membahas bahannya. Cirambay sendiri menggunakan bahan yang tak jauh beda dengan seblak maupun baso aci. Di sini, ia menggunakan tepung tapioka dan tepung terigu yang dicampur lalu dibentuk seperti mie yang menjuntai.

Baca Juga :  Resep Nasi Kuning Magic Com Praktisnya Super Magic

Sudah terbayang kan seperti apa sih bentuk cirambay kurang lebihnya?

Fakta Cirambay #4: Memiliki citarasa pedas

Fakta Cirambay lainnya yang juga tak boleh dilewatkan yakni hidangan ini memiliki citarasa yang pedas. Sudah jelas dong hidangan ini pedas. Artinya saja air mata berlinang karena saat menyantapnya bisa bikin nangis saking pedasnya. Jadi buat Sweet Couple pecinta pedas, makanan ini jangan sampai dilewatkan ya! It’s a must try!

Fakta Cirambay #5: Bisa dibeli Online

Buat Sweet Couple yang tinggal di Jabodetabek, mungkin masih agak sulit untuk menemukan Cirambay. Wajar saja, hidangan ini kebanyakan berada di wilayah Jawa Barat seperti Bandung, Garut, dan Tasik.

Namun, Anda tak usah khawatir sebab makanan ini juga dijual secara online loh. Kebanyakan menyediakan dalam kemasan instan dan bisa langsung dimasak sendiri di rumah. Biasanya, harga berada di kisaran 7ribu hingga 20ribu rupiah, tergantung isi dan kemasan. Terjangkau banget kan?

Jadi, gak usah ragu untuk membelinya ya Sweet Couple!

Itulah 5 fakta cirambay yang membagongkan. Gimana? Seru banget kan? Tak menyangkau jika hidangan ini seunik itu. Jadi makin gak sabar untuk mencicipinya kan?

Yuk langsung cus beli atau bikin Cirambay ini di rumah!

Artikel disadur dari sweetrip.id