5 Fakta Es Campur yang Mencenangkan

Siapa sih yang tak tahu Es Campur? Varian minuman khas Nusantara yang satu ini disukai banyak orang. Manisnya dan segarnya es ini pas banget dinikmati di negara beriklim tropis ini. Pastinya cocok banget untuk melepas dahaga apalagi saat siang hari yang panas.

Bisa dibilang hidangan ini legendaris banget dan mudah ditemui di berbagai tempat mulai dari pedagang kaki lima hingga hotel bintang lima. Perpaduan buah-buahan tropis nan eksotis ditambah dengan dinginnya es serta kental manis menjadikan hidangan ini begitu memikat. 

Minuman ini tak hanya lezat, tetapi juga memiliki fakta menarik nan unik. Pastinya seru banget jika sudah membahas fakta es campur. Selama ini kita hanya bisa membeli dan menyantapnya, , maka gak afdol jika tidak menguliknya lebih dalam.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Kira-kira apa saja sih fakta-faktanya? Pasti penasaran kan? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Fakta Es Campur 1: Legendaris dan Mudah Ditemui

Fakta Es Campur yang pertama yakni minuman ini legendaris. Ya, walau tak ada yang tahu siapa penemunya, tetapi bisa dipastikan hidangan ini berasal dari Indonesia. 

Baca Juga :  Resep Brown Sugar Boba ala Masterchef Devina Hermawan

Banyak yang bilang jika hidangan ini memiliki pengaruh budaya Tionghoa. Seperti yang kita ketahui bersama, bangsa Cina atau Tionghoa merupakan salah satu bangsa pertama di dunia yang menemukan es krim dan sebangsanya. Bisa saja dalam perjalanannya ke Indonesia, mereka juga membawa resep tersebut dan memadukannya dengan citarasa serta kearifan lokal setempat.

Tak hanya itu, es campur juga menjadi salah satu jajanan yang mudah sekali ditemui di berbagai penjuru Indonesia. Mulai dari gerobak pedagang kaki lima hingga ke restoran di hotel bintang lima, banyak menyediakan kudapan ini dalam menunya. Pastinya rasanya lezat dan cocok disantap kapanpun bersama siapapun.

Fakta Es Campur 2: Sering Dikira Sama dengan Es Teler

Fakta Es Campur berikutnya yakni sering dikira sama saja dengan es teler. Sweet Couple pasti sudah tak asing juga dengan es teler kan? Hidangan ini secara sekilas memang mirip, padahal keduanya adalah varian es yang berbeda.

Apa sih perbedaannya?

Pertama, es campur memiliki isi yang lebih beragam mulai dari blewah, rumput laut, kolang kaling, biji mutiara, tape singkong, roti tawar, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan es batu. Sedangkan es teler biasanya lebih seragam yakni alpukat, kelapa muda, cincau, kolang kaling, dan kental manis serta sirup.

Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Pete ala Kaki Lima

Kedua, es campur tidak diketahui siapa pencipta aslinya. Sedangkan es teler diciptakan oleh Tukiman Darmowijono, pedagang es di Menteng, Jakarta Pusat pada era 1980-an. Rasanya yang luar biasa lezat membuat sebagian anak muda yang mencoba merasa seperti sedang teler saking lezatnya.

Ketiga, es campur punya lebih banyak varian di berbagai daerah ketimbang es teler. Ada yang memiliki varian kacang merah, sagu, dan biji delima. Ada juga yang menggunakan daging kelapa dan singkong. Semua tergantung daerahnya.

Jadi, Sweet Couple sudah paham kan bahwa keduanya berbeda?

Fakta Es Campur 3: Punya Kandungan Gizi yang Baik

Fakta unik lainnya yakni es campur mempunyai kandungan gizi yang baik. Ya, di dalam es campur memiliki sejumlah kandungan gizi seperti omega 6, omega 9, vitamin C, kalsium, dan serat. Kita semua tahu bahwa zat-zat tersebut baik untuk tubuh kita? Jadi, Anda tak usah ragu lagi untuk mengonsumsinya.

Fakta Es Campur 4: Bermanfaat untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizi yang dimilikinya, kita paham bahwa es campur ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan.

Apa saja sih manfaat es campur untuk kesehatan? Ada banyak loh Sweet Couple! Mulai dari meningkatkan fungsi dan kinerja otak, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga memperlancar pencernaan serta menyembuhkan diare. 

Baca Juga :  Manfaat Es Campur untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui!

Luar biasa bukan? Tak pernah menyangka jika hidangan ini begitu bermanfaat untuk kesehatan diri kita.

Fakta Es Campur 5: Bisa Dibuat Sendiri di Rumah 

Inilah fakta terakhir dan paling menarik. Minuman ini bisa dibuat sendiri di rumah loh! Anda cukup menyiapkan bahan-bahannya seperti es serut, kental manis, buah-buahan, dan tinggal mencampurkannya begitu saja. Mudah dan praktis! Anda bisa mencobanya sendiri dengan menyimak resepnya di sini.

Bagaimana? Keren banget kan fakta es campur ini? Gak hanya menarik, tetapi juga unik. Anda jadi makin antusias untuk menyantapnya kan? Ngaku aja deh.

Anda bisa langsung membeli jajanan ini di warung terdekat atau kalau mau hemat bisa mencoba sendiri di rumah. Pastinya rasanya lezat dan cocok disantap bersama keluarga serta orang tersayang di rumah.

Yuk bikin sendiri di rumah!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari sweetrip.id, travel.kompas.com, id.wikipedia.org