Fakta Unik Pizza, Makanan Italia yang Paling Populer

Fakta Unik Pizza – Ketika membahas kuliner Italia, kita tidak mungkin melupakan kelezatan pizza. Hidangan ini tidak hanya terkenal di Italia, tetapi cukup digemari banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Pizza di Indonesia termasuk hidangan spesial dan mewah. Sebagian besar orang Indonesia menyukai pizza. Bahkan, banyak orang yang mulai membuat sendiri pizza ala rumahan, seperti resep pizza teflon.

Berikut ini terdapat 7 fakta unik pizza yang sangat menarik untuk diketahui. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

1. Pizza Pertama Hanya Berupa Adonan Roti

Pizza yang Sweet Couple makan saat ini sangat jauh berbeda dengan bentuk pizza ratusan tahun lalu. Saat awal kemunculannya, pizza hanyalah adonan roti biasa yang digunakan oleh koki atau pembuat kue untuk menentukan temperatur oven.

2. Pizza di Abad ke-16 Bukan Makanan Mewah

Pizza memang sudah dikenal sejak abad ke-16 di Italia. Namun, makanan ini jauh dari kata mewah. Pada abad ke-16, pizza hanya disajikan dengan topping mayonaise putih.

Baca Juga :  Resep Pizza Oven Rumahan yang Tidak Murahan

Saat itu belum ada tambahan, seperti topping keju, daging, tomat, dan lain sebagainya. Bahkan, makanan ini lebih sering dikonsumsi oleh penduduk kalangan bawah.

3. Ada Hari Nasional Memperingati Pizza

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang masyarakatnya sangat mencintai pizza. Bahkan, warga Amerika sering memiliki hari-hari tertentu untuk memperingati atau merayakan keistimewaan pizza.

Mereka selalu merayakan National Cheese Pizza Day pada tanggal 5 September, National Pepperoni Pizza Day pada tanggal 20 September, National Pizza Month pada bulan Oktober, dan National Sausage Pizza Day pada tanggal 11 Oktober.

4. Pizza Margherita Diambil dari Nama Ratu Italia

Fakta unik pizza yang satu ini berperan penting dalam perkembangan pizza yang semakin mendunia. Pizza Margherita sering disebut sebagai terobosan awal dalam penyajian pizza yang mewah dan lezat.

Pizza Margherita dihidangkan pada tahun 1889 oleh koki Italia yang bernama Raffaele Esposito. Dia menyajikan pizza yang cukup berbeda, yaitu dengan topping keju.

Pizza ini disajikan sebagai bentuk penghormatan kepada Ratu Italia yang bernama Margherita. Ternyata pizza ini sangat disukai banyak orang, termasuk kaum bangsawan. Oleh karena itu, pizza semakin terkenal hingga saat ini.

Baca Juga :  7 Jajanan Kekinian untuk Ide Jualan

5. Pizza Termahal ada di Italia

Fakta unik pizza yang berikutnya datang dari negara asal makanan ini. Pizza termahal di dunia ternyata ada di Italia. Pizza Luis XIII memiliki harga yang mencapai 12 ribu dolar.

Jangan heran kalau pizza ini dijual dengan harga yang fantastis karena toppingnya sangat mewah, yakni kaviar, lobster dari Norwegia, keju mozarela Bufala, dan garam merah muda Australia yang diambil langsung dari Sungai Murray.

6. Pizza Terbesar di Dunia

Setelah mengetahui fakta unik pizza termahal di dunia, Sweet Couple juga harus mengetahui pizza terbesar di dunia. Pizza terbesar di dunia dibuat oleh Dovilio Nardi, Andrea Mannocchi, Marco Nardi, Matteo Nardi, dan Matteo Giannotte di Roma, Italia pada 2012. Ukuran pizza tersebut mencapai 13,580.28 ft².

7. Banyak Orang yang Mulai Membuat Pizza Teflon

Pada umumnya pizza dipanggang di dalam oven hingga harum dan lezat. Namun, kini mulai banyak orang yang membuat pizza dengan cara yang lebih praktis, yaitu memasak pizza di teflon.

Resep pizza teflon memang sangat mudah dan hasilnya tidak kalah lezat dengan pizza yang dipanggang di oven. Kalau Sweet Couple ingin mencobanya, silakan ikuti langkah-langkahnya pada artikel resep pizza teflon.

Baca Juga :  Resep Pizza Teflon Super Praktis

Nah, itulah ketujuh fakta unik pizza yang menarik untuk diketahui. Selamat menyantap pizza!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Informasi disadur dar IDNTimes.com