Jumlah Kalori Ayam yang Perlu Kamu Ketahui

Sweet Couple pasti pernah mempertanyakan atau penasaran dengan jumlah kalori ayam. Tidak bisa dipungkiri bahwa daging ayam merupakan olahan makanan sehari-hari yang disukai oleh banyak orang.

Daging ayam merupakan salah satu bahan utama masakan yang paling sering digunakan. Tidak hanya diolah menjadi opor ayam, ayam goreng, dan ayam bakar, tapi daging ayam merupakan bahan pelengkap dalam membuat sup, mie,

Terlepas dari kelezatan rasa daging ayam, akhir-akhir ini mulai banyak orang yang mencari tahu jumlah kalori ayam. Kalori pada makanan merupakan jumlah energi yang terkandung atau didapatkan dari makanan dan minuman.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Mengetahui jumlah kalori makanan dan minuman yang kita konsumsi memang penting demi menjaga kesehatan tubuh. Akhir-akhir ini mulai banyak orang yang menyadari pentingnya mengatur jumlah kalori ketika mengonsumsi makanan dan minuman supaya menjaga proporsi tubuh yang ideal.

Bagi Sweet Couple yang menyukai daging ayam tentunya ingin mengetahui jumlah kalori ayam bukan? Ternyata jumlah kalori tiap bagian ayam berbeda-beda. Yuk, cari tahu jumlah kalori ayam, mulai dari dada hingga paha pada penjelasan di bawah ini.

1. Kalori Dada Ayam

Dada ayam merupakan komponen daging yang mengandung banyak protein dan kadar lemak yang rendah. Rasa daging ayam memang lebih hambar dari bagian daging lainnya. Namun, sebagian besar orang tetap menyukai dada ayam.

Kadungan protein yang tinggi dan rendahnya lemak membuat dada ayam menjadi menu diet favorit banyak orang. Setiap 100 gram daging ayam (tidak termasuk kulit dan tulang) mengandung 165 kalori.

Jumlah tersebut sudah mencakup kalori dari protein sebanyak 31 gram dan lemak sebanyak 3,6 gram. Berarti 80% kalori pada dada ayam berasal dari protein dan 20% dari lemak.

Jumlah kalori yang telah dijabarkan tersebut hanya berupa daging ayam tanpa tambahan bumbu lain. Dada ayam yang dimasak dengan berbagai jenis bumbu dan minyak akan menambahkan jumlah kalori, terutama ayam goreng. Oleh karena itu, beberapa orang lebih memilih untuk mengonsumi ayam rebus dan ayam bakar yang kalorinya lebih rendah.

2. Kalori Ayam Bagian Paha Atas

Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa paha ayam atas merupakan bagian daging favorit kebanyakan orang. Saat menyantap ayam bakar, ayam goreng, dan ayam crispy, kebanyakan orang memilih bagian paha atas.

Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Madu Paling Lezat

Jumlah kalori pada setiap 100 gram paha atas ayam adalah 209 kalori. Kalori paha atas ayam terdiri dari protein dan lemak. Tekstur paha atas ayam lebih lembut dan empuk jika dibandingkan dengan dada ayam.

3. Kalori Sayap Ayam

Sweet Couple menyukai winger crispy? Bagian ini merupakan olahan makanan yang tidak kalah nikmatnya dengan daging paha atas. Bahkan, beberapa restoran cepat saji menghidangkan menu makanan khusus berisi sayap ayam.

Yuk, cari tahu kadar kalorinya supaya kesehatan tubuh Anda tetap terjaga. Jumlah kalori ayam bagian sayap setiap 100 gramnya adalah sebanyak 203. Berdasarkan riset dari Nutrition Data, jumlah kalori ayam tersebut merupakan hasil dari 30,5 gram protein dan 8,1 gram lemak.

4. Kalori Paha Bawah Ayam

Kelezatan cita rasa paha bawah ayam tidak perlu diragukan lagi. Tekstur dagingnya empuk dan lembut. Bagian daging ayam ini mudah diolah menjadi berbagai variasi makanan, seperti ayam bakar, opor ayam, ayam goreng, ayam betutu, dan masih banyak lagi.

Setiap 100 gram daging paha atas mengandung 172 kalori. Ternyata kadar kalori ayam bagian paha bawah tidak berbeda jauh dengan dada ayam. Bahkan, jumlah kalori paha bawah ayam tidak sebanyak kalori dada ayam.

Baca Juga :  Resep Bakso Ayam Kuah Segar

Itulah jumlah kalori ayam pada 4 bagian daging yang berbeda. Keempat bagian daging ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk dikonsumsi. Setiap bagian terbukti memiliki kandungan kalori ayam yang berbeda.

Setelah mengetahui jumlah kalori daging ayam pada setiap bagiannya, Sweet Couple bisa menyesuaikan jumlah konsumsi daging ayam sehari-harinya sesuai dengan kadar kalori yang baik. Hal tersebut penting demi menjaga kesehatannya.

Tak masalah bila Sweet Couple ingin mengonsumsi ayam bakar, ayam goreng, dan ayam ungkep asalkan tetap memperhatikan jumlah kalorinya.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari food.detik.com