7 Makanan Italia yang Paling Terkenal di Dunia, Wajib Dicoba!

Salah satu kuliner Eropa yang terkenal di berbagai belahan dunia adalah makanan Italia. Negara yang dahulu merupakan pusat peradaban dunia ini memang dikenal dengan kekayaan kulinernya.

Kebanyakan makanan Italia memang disukai oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia karena cita rasanya yang sesuai dengan selera kebanyakan orang.

Bicara tentang makanan khas Italia, pikiran Anda pasti langsung tertuju pada pizza. Makanan ini memang sangat fenomenal di Indonesia. Bahkan, saat ini mulai banyak sajian resep yang super praktis, seperti resep pizza teflon atau pizza panggang.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Padahal, makanan Italia tidak hanya sebatas pizza saja. Ada berbagai hidangan khas Italia yang unik dan menarik untuk dicoba. Simak penjelasan lengkap berikut ini mengenai 7 makanan Italia yang mendunia.

1. Risotto

Gambar diambil dari instagram.com/buffalofooood/

Risotto adalah nasi khas Italia. Makanan Italia ini tepatnya berasal dari Piedmont, yaitu daerah penghasil padi terbesar di Italia. Ciri khas masakan tersebut dapat dilihat dari campuran kaldu dan white wine yang ditumis bersama nasi.

Masyarakat Italia biasanya menyajikan risotto sebagai hidangan pembuka. Hampir semua restoran khas Italia yang terdapat di Indonesia pastinya menghidangkan risotto.

Baca Juga :  Resep Pizza Teflon Super Praktis

2. Pizza

Gambar diambil dari instagram.com/italyfoodtag/

Pizza merupakan salah satu makanan Italia yang paling populer dan mendunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, makanan ini tergolong sebagai hidangan mewah dan unik bagi orang Indonesia.

Saat ini semakin banyak orang yang mengetahui cara membuat pizza karena langkah-langkahnya memang praktis. Salah satu varian yang paling mudah adalah resep pizza teflon.

Makanan berbahan dasar tepung ini ternyata bisa dimasak dengan mudahnya menggunakan teflon rumahan. Kalau tertarik untuk membuatnya sendiri, Sweet Couple bisa membaca artikel mengenai resep pizza teflon dan mengikuti langkah-langkahnya.

3. Ribollita

Makanan Italia yang berikutnya adalah ribollita. Sudah pernah mencoba hidangan ini? Ribollita merupakan sejenis sup kental yang berisi roti dan aneka sayuran.

Sup pedas dan segar ini pada awalnya diperkenalkan di Tuscany. Makanan ini merupakan hidangan spesial saat musim gugur di daerah Tuscany.

4. Bruschetta

Gambar diambil dari instagram.com/sognotoscano/

Bruschetta merupakan roti panggang yang terdiri dari tomat cheery, keju, dan sayuran. Roti khas Italia ini diolesi minyak zaitun, bawang putih, lada, dan garam. Penduduk Italia biasanya menyajikan bruschetta sebagai hidangan pembuka bersama sup.

5. Panini

Roti khas Italia tidak hanya bruschetta saja. Ada juga panini, yaitu sejenis roti lapis atau sandwich. Jenis roti yang digunakan untuk membuat panini adalah baguette, ciabatta, rosetta, dan michetta.

Baca Juga :  7 Jajanan Kekinian untuk Ide Jualan

Panini disajikan dengan isian daging, seperti salami, mortadella atau prosciutto. Tidak lupa juga dengan tambahan keju, irisan tomat, dan potongan tuna.

6. Gnocchi

Makanan Italia yang satu ini cukup unik dan menarik. Gnocchi adalah makanan ringan yang terbuat dari semolina, keju, kentang, telur, dan tepung gandum. Bentuknya bulat dan sekilas mirip dengan pangsit.

7. Cannoli

Kuliner Italia tidak hanya terkenal dengan hidangan yang berbahan utama pasta dan daging saja. Ada juga makanan manis khas Italia yang paling terkenal, yaitu cannoli.

Cannoli merupakan hidangan penutup yang berasal dari Sisilia. Cannoli dapat dikatakan sebagai jenis camilan atau kue yang digoreng dan diisi dengan toping krim yang mengandung ricotta.

Itulah 7 makanan Italia yang paling terkenal di dunia. Selain populer, aneka makanan ini tentunya memiliki cita rasa yang lezat dan menggugahh selera.

Sweet Couple tidak perlu jauh-jauh pergi ke Italia untuk mencoba kelezatan aneka makanan tersebut. Anda bisa mencobanya di berbagai restoran Italia terkenal di Jakarta. Anda juga bisa mencoba sendiri beberapa masakan Italia ala rumahan seperti resep pizza teflon. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Baca Juga :  Fakta Unik Pizza, Makanan Italia yang Paling Populer

Artikel disadur dari merdeka.com