10 Makanan Khas Betawi yang Paling Enak dan Terkenal

Suku Betawi memang memiliki berbagai warisan budaya yang fenomenal dan populer. Tidak hanya berupa kesenian, tetapi Anda dapat mengenal kebudayaan Betawi melalui kulinernya.

Ada banyak makanan khas Betawi yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan, beberapa hidangan di antaranya cukup populer di berbagai negara.

Aneka hidangan tersebut tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tetapi bisa dibuat sendiri dengan resep yang mudah. Inilah 10 makanan khas Betawi yang paling enak dan terkenal.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

1. Soto Betawi

Siapa sih yang tidak kenal soto Betawi? Makanan berbahan dasar daging sapi dengan kuah santan ini dapat Anda coba dan temukan di berbagai kedai makan kaki lima dan restoran.

Makanan ini tidak hanya dijual di Jakarta, tetapi telah menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Isian soto Betawi tidak hanya berupa daging sapi, tetapi terdapat jeroan, tomat, kentang, dan lain sebagainya.

2. Gado-Gado Betawi

Gado-gado merupakan campuran aneka sayur, tempe, tahu, dan kentang yang disirami dengan bumbu kacang. Makanan khas Betawi ini biasanya disajikan bersama lontong atau nasi.

Baca Juga :  Resep Omelet Sayur untuk Bekal Kantor dan Sekolah

Sebenarnya resep gado-gado Betawi cukup mudah bila dibandingkan dengan resep masakan rumahan lainnya. Mari ikuti resep lengkapnya di sini.

3. Semur Jengkol

Beberapa orang memang tidak menyukai jengkol karena aromanya. Namun, begitu banyak orang di Indonesia yang sangat menyukai semur jengkol khas Betawi. Bahkan, makanan tersebut sering dibandingkan dengan semur daging karena rasanya dianggap tidak berbeda jauh.

Bumbu halus yang digunakan untuk membuat semur jengkol sebenarnya sangat sederhana, yaitu bawang putih, bawang merah, cabai, dan merica. Kalau mau memasaknya sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel resep semur jengkol.

4. Kue Cincin

Selain makanan pokok sehari-hari, masyarakat Betawi juga memiliki camilan atau kue manis yang gurih, yaitu kue cincin. Bentuknya yang menyerupai cincin membuat makanan khas Betawi ini disebut kue cincin.

Bahan utama adonan kue cincin terdiri dari tepung beras, gula merah, santan, dan lain sebagainya. Pada dasarnya kue ini memang memiliki tekstur yang renyah dan rasanya manis.

5. Putu Mayang

Selain kue cincin, ada juga makanan khas Betawi dengan cita rasa yang manis dan tampilannya sangat menarik. Apa lagi kalau bukan putu mayang?

Putu mayang merupakan kreasi dessert ala Betawi dengan bahan utama tepung beras, tepung tapioka, dan lain sebagainya. Tidak lupa juga dengan aneka pewarna yang membuat makanan ini tampak lebih cantik dan cerah.

Baca Juga :  Resep Kulit Melinjo Tumis Murah Meriah Mantap

6. Roti Buaya

Kalau membahas makanan khas Betawi, kebanyakan orang pasti langsung mengingat roti buaya. Makanan ini memiliki makna yang filosofis bagi kehidupan masyarakat Betawi.

Roti yang berbentuk buaya merupakan lambang dari kesetiaan pernikahan. Oleh karena itu, roti buaya seringkali hadir saat acara lamaran atau pernikahan masyarakat Betawi.

7. Nasi Uduk

Menu sarapan favorit warga Indonesia yang satu ini ternyata berasal dari Betawi. Saat ini nasi uduk memang memiliki berbagai varian olahan. Bahkan, kini ada nasi uduk hijau, nasi uduk kuning, nasi uduk tanpa santan, dan lain sebagainya. Namun, nasi uduk Betawi sendiri memiliki ciri khas yang otentik, yaitu penyajiannya di atas daun pisang.

Kalau mau memasaknya sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel resep nasi uduk Betawi sederhana.

8. Lontong Sayur

Salah satu hidangan berkuah dari Betawi yang paling terkenal di Indonesia adalah lontong sayur. Makanan berkuah santan ini dijual oleh banyak pedagang makanan kaki lima. Lontong sayur ala restoran atau rumah makan juga tak kalah nikmatnya.

Saat hari raya, terutama Lebaran, biasanya lontong sayur menjadi masakan rumahan yang dihidangkan oleh para keluarga di Indonesia. Kalau mau memasaknya sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel resep lontong sayur super sedap.

Baca Juga :  Resep Kornet Goreng yang Paling Sederhana

9. Kue Cucur

Kue khas Betawi yang populer tidak hanya kue cincin. Ada juga kue cucur yang sering disajikan di acara-acara tertentu, seperti arisan, syukuran, dan kumpul keluarga. Kue dengan bahan utama tepung beras, terigu, dan gula merah ini sangat mudah untuk dicoba sendiri. Silakan coba resep kue cucur legit di artikel ini.

10.Ketoprak

Selain gado-gado, Sweet Couple pasti tidak akan melupakan makanan khas Betawi dengan siraman bumbu kacang yang satu ini. Bahan utama ketoprak biasanya terdiri dari bihun, lontong, toge, dan tahu atau telur. Namun, kini ada banyak varian ketoprak, seperti ketoprak Indomie, ketoprak telur, dan lain sebagainya.

Itulah 10 makanan khas Betawi yang paling enak dan terkenal. Sweet Couple tidak akan menyesal ketika mencoba semua makanan yang disebutkan di atas. Beberapa di antaranya juga bisa dimasak sendiri dengan mudahnya, seperti resep gado-gado, resep semur jengkol, dan lain sebagainya. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini