6 Makanan Khas Thailand yang Terkenal di Indonesia

Selain makanan khas Jepang, Korea, dan Cina, kuliner Asia yang cukup terkenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia adalah makanan khas Thailand.

Ciri khas makanan Thailand adalah cita rasa yang pedas, gurih, dan menggunakan banyak bumbu. Sebenarnya identitas kuliner Thailand tidak berbeda jauh dengan masakan nusantara. Oleh karena itu banyak orang Indonesia yang menyukai makanan khas Thailand.

Sweet Couple tentunya sudah tidak asing lagi dengan tom yam. Ya, sup seafood ini merupakan masakan Thailand yang sangat populer di Indonesia.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Makanan khas Thailand yang terkenal tidak hanya tom yam saja. Ada banyak jenis masakan Thailand yang sangat disukai oleh orang Indonesia. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Pad Thai

6 Makanan Khas Thailand yang Terkenal di Indonesia
Gambar diambil dari unsplash.com/@lockandkey

Sweet Couple suka makan mie goreng? Pad Thai merupakan mie goreng khas Thailand. Mie goreng ini disajikan dengan udang, tauge, tahu, dan campuran telur.

Walaupun bentuknya menyerupai mie goreng ala Indonesia dan Chinese Food, tetapi Pad Thai menggunakan bumbu yang agak berbeda.

Bumbu utama yang digunakan untuk memasak Pad Thai adalah minyak ikan, gula aren, cabai, jeruk nipis, dan sedikit kacang tanah. Pad Thai lebih sering dijumpai di kedai makanan kaki lima dan aneka restoran lainnya.

Baca Juga :  Resep Tom Yum Udang Kuah Bening untuk Menu Sahur

2. Khao Pad

6 Makanan Khas Thailand yang Terkenal di Indonesia
Gambar diambil dari instagram.com/violet_yoo_nz/

Selain mie goreng, masyarakat Thailand juga memiliki nasi goreng yang khas dan unik yang disebut Khao Pad. Nasi goreng ini biasanya dimasak menggunakan kecap ikan yang gurih.

Tidak lupa juga dengan bahan pelengkap lainnya, seperti irisan mentimun, tomat, jeruk nipis, daun bawang, dan daun ketumbar. Beberapa restoran Thailand di Indonesia banyak yang menyajikan khao pad.

3. Tom Yum

6 Makanan Khas Thailand yang Terkenal di Indonesia
Gambar diambil dari unsplash.com/@hazim_abdhalim

Makanan khas Thailand yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang Indonesia. Varian tomyam yang paling terkenal menggunakan bahan seafood, seperti udang, ikan, cumi, dan pelengkap lainnya.

Saat ini cukup banyak orang Indonesia yang mencoba resep tomyam. Cara membuat tom yam cukup mudah. Ciri khas cita rasanya adalah pedas, asam, dan segar. Sweet Couple dapat mencoba memasak sendiri tom yam ala rumahan dengan mengikuti artikel mengenai resep tomyam kuah segar.

4. Tom Kha Gai

Selain tomyam, ada jug sup khas Thailand yang bernama Tom Kha Gai. Perbedaannya, Tom Kha Gai disajikan dengan kuah santan. Namun, kuahnya tidak terlalu pekat seperti masakan Indonesia.

Tom Kha Gai merupakan sup yang disajikan sebagai hidangan pembuka. Orang Thailand biasanya menyajikan sup tersebut sebagai makanan pendamping.

Baca Juga :  Resep Tomyam Seafood

5. Yum Talay

Sudah pernah coba salad ala Thailand? Salad ini cukup berbeda dari jenis yang biasa kita temukan. Kalau biasanya kita menyantap salad buah atau sayuran, maka salad yang satu ini menggunakan aneka seafood sebagai bahan utama.

6. Pad Kra Pao

6 Makanan Khas Thailand yang Terkenal di Indonesia
Gambar diambil dari instagram.com/ramanokram/

Pad kra pao merupakan makanan yang terbuat dari ayam. Makanan khas Thailand ini dimasak dengan cara tumis. Bumbu utama yang tidak boleh terlewatkan saat memasak pad kra pao adalah saus tiram dan kecap asin.

Pad kra pao biasanya disajikan bersama nasi putih dan disantap sebagai menu makanan utama. Pad kra pao merupakan salah satu street food favorit para wisatawan asing. Banyak turis yang pergi ke Thailand untuk merasakan kenikmatan pad kra pao.

Itulah 6 jenis makanan khas Thailand yang lezat dan terkenal. Makanan Thailand semakin populer di Indonesia karena pengaruh film dan drama Thailand yang digemari masyarakat Indonesia.

Secara tidak langsung, budaya kuliner yang diperkenalkan melalui film dan drama Thailand semakin menarik perhatian masyarakat Indonesia hingga mereka mencobanya.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari merdeka.com