6 Makanan Pengganti Nasi Terpopuler di Indonesia

Siapa sih yang tak tahu Nasi? Hidangan yang berasal dari padi ini sudah lama dikenal sebagai makanan pokok bangsa Indonesia. Rasanya tak afdol jika dalam sehari belum makan nasi.

Walau menjadi makanan pokok, tetapi ada juga beberapa orang yang tidak makan nasi. Beberapa di antaranya karena alasan kesehatan. Banyak yang menganggap jika nasi mengandung gula dan karbohidrat tinggi.

Oleh sebab itu, banyak orang yang mengonsumsi makanan pengganti nasi untuk konsumsi pokok harian. Apalagi di Indonesia ini, Sweet Couple tak akan kesulitan mencari makanan pengganti nasi.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Ada banyak makanan pengganti nasi yang bisa Anda konsumsi di Indonesia. Sebagian di antaranya bahkan sudah tidak asing lagi untuk kita. Kami yakin Sweet Couple pernah mengonsumsinya.

Penasaran ada apa saja? Inilah 6 makanan pengganti nasi terpopuler di Indonesia yang bisa Anda coba. Yuk langsung simak ulasan lengkapnya!

1. Kentang

Gambar diambil dari unsplash.com/lmablankers

Makanan pengganti nasi terpopuler di Indonesia yang pertama adalah kentang. Semua pasti tahu kentang. Tanaman yang termasuk jenis umbi-umbian ini sudah lama dijadikan makanan sebagai hidangan untuk menggantikan nasi.

Baca Juga :  Resep Nasi Liwet Magicom Paling Praktis

Selain mengandung karbohidrat, kentang juga punya banyak nutrisi lain yang penting bagi tubuh. Di dalamnya, terdapat vitamin B6, vitamin C, kalsium, protein, zat besi, dan serat.

Saat mengonsumsi kentang, Sweet Couple akan merasa lebih cepat kenyang dan menurunkan nafsu makan sehingga cocok banget untuk program diet. Menarik kan?

2. Jagung

Gambar diambil dari unsplash.com/leodoc

Kalau makanan pengganti nasi yang satu ini pasti juga sering Sweet Couple konsumsi. Inilah Jagung. Walau biasanya sering dijadikan bahan untuk sup, tetapi jagung juga bisa menjadi hidangan pokok pengganti nasi.

Jagung sudah lama dikenal sebagai makanan yang sehat. Di dalam jagung terdapat aneka ragam vitamin B, vitamin C, serat, magnesium, dan fosfor. Semuanya bermanfaat untuk kesehatan.

Tak heran ya jike rutin mengonsumsi jagung, tubuh kita akan terasa lebih sehat.

3. Singkong

Gambar diambil dari pexels.com/Daniel Dan

Siapa sih yang tidak tahu singkong? Makanan pengganti nasi ini begitu populer dan mudah ditemui. Terkadang, tersedia juga dalam berbagai bentuk seperti singkong goreng, singkong bakar, singkong rebus, singkong tumbuk, atau keripik singkong. Semuanya lezat dan favorit masyarakat Indonesia.

Secara tekstur, singkong mirip dengan kentang dan memiliki serat serta serabut. Selain itu, kandungan gizinya juga sama dengan kentang. Jadi, sudah dapat dipastikan bila singkong bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Resep Getuk Lindri Magelang Super Legendaris

4. Lontong

Gambar diambil dari instagram.com/sukmawati_rs

Orang Indonesia sudah pasti tahu lontong. Hidangan ini juga terkenal sebagai pengganti nasi. Lontong sendiri terbuat dari beras yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus. Teksturnya lebih padat daripada nasi, tetapi lembut sekali saat dimakan.

Biasanya, lontong disajikan bersama dengan sate, pecel, ketoprak, dan gado-gado. Hal ini karena lontong memang merupakan hidangan pengganti nasi yang cocok disandingkan dengan makanan tersebut.

Ada juga makanan Indonesia lain yang menjadikan lontong sebagai sajian utama seperti lontong balap asal Surabaya dan lontong sayur khas Betawi. Pastinya soal rasa dijamin enak kok.

5. Sagu

Gambar diambil dari instagram.com/vonnyrm_

Kalau membicarakan makanan pengganti nasi yang populer di Indonesia, rasanya tak lengkap tanpa menyinggung sagu. Sagu sudah lama menjadi hidangan pengganti nasi bahkan hidangan pokok di kawasan Indonesia Timur seperti Maluku dan Papua.

Sagu mampu menjadi hidangan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Makan sagu dijamin mampu membuat Anda kenyang seperti makan nasi.

Jika ingin menikmati sagu, maka Sweet Couple bisa mengolahnya menjadi papeda, bubur sagu, dan mie.

6. Ubi

Gambar diambil dari unsplash.com/louishansel

Makanan pengganti nasi lainnya yang juga terkenal di Indonesia yakni ubi. Cara mengolahnya mirip dengan singkong, bisa direbus, dikukus, ataupun digoreng. Semuanya sesuai selera Anda.

Baca Juga :  Asal Usul Lentho dan Keunikannya

Ubi bermanfaat juga untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi ubi, Anda bisa menjaga kesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Hal ini karena ubi mengandung serat, multivitamin, dan kalium. Luar biasa kan?

Itulah 6 makanan pengganti nasi terpopuler di Indonesia yang bisa Anda coba. Tak ada salahnya sesekali mengganti nasi dengan sejumlah makanan tersebut. Semuanya bisa diolah menjadi hidangan lezat dan tetap bikin kenyang kok.

Jadi, manakah makanan pengganti nasi favorit Sweet Couple?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari halodoc.com, hellosehat.com, dan wikipedia.or.id