7 Makanan Sahur yang Membuat Stamina Terjaga

Ada beberapa makanan sahur yang baik untuk dikonsumsi selama puasa. Sweet Couple jangan sampai salah pilih menu sahur.

Menu makanan sahur merupakan hal yang perlu diperhatikan demi menjaga stamina tubuh selama menjalani ibadah puasa. Mau tahu apa saja makanan sahur yang membuat Anda tidak mudah lapar selama puasa?

Berikut ini terdapat 10 makanan sahur yang membuat Anda tetap kuat berpuasa sepanjang hari.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

1. Olahan Telur

Telur merupakan bahan makanan yang mengandung banyak protein, tetapi rendah kalori. Sumber protein yang rendah kalori ini menjadi makanan sahur yang ideal untuk dikonsumsi.

Nutrisi pada telur membuat Sweet Couple terasa kenyang lebih lama. Jadi, stamina Anda saat menjalani ibadah puasa Ramadhan tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, telur memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi telur mampu menurunkan berat badan, membangun massa otot, dan menjaga kesehatan jantung karena telur rendah lemak.

2. Ayam

Rekomendasi makanan sahur yang berikutnya adalah ayam. Nutrisi pada olahan ayam memberikan energi sehingga tubuh Anda tetap kuat selama puasa.

Tidak heran kalau ayam sering menjadi menu makanan sahur keluarga. Sweet Couple tidak perlu bingung kalau mau memasak daging ayam yang enak.

Baca Juga :  Resep Pie Ayam Jamur Creamy

Ada berbagai macam olahan ayam yang praktis sekaligus lezat, yaitu resep ayam teriyaki saori, resep ayam bumbu kuning, resep ayam goreng mentega, dan lain sebagainya.

3. Ikan

Ikan termasuk makanan sahur yang sehat saat Anda menjalani ibadah puasa karena kandungan omega 3-nya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan protein pada ikan juga bermanfaat menjaga kesehatan otot dan tulang. Dapat disimpulkan bahwa ikan merupakan makanan sahur yang recommended untuk dikonsumsi.

Ada banyak kreasi olahan ikan untuk menu sahur keluarga, seperti resep ikan kakap saus tomat, resep ikan asam manis, dan lain-lain.

4. Oatmeal

Selama ini oatmeal memang identik sebagai makanan diet. Namun, ternyata oat bisa juga menjadi makanan sahut yang sehat dan menyenyangkan.

Oatmeal merupakan hidangan yang tinggi protein dan karbohidrat. Nutrisi tersebut akan membuat perut terasa kenyang dan tahan lapar lebih lama.

Selain itu, sumber energi Anda juga tetap terjaga selama puasa karena asupan protein serta karbohidratnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk menyantap oatmeal saat sahur.

5. Kacang-Kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena adanya berbagai nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral.

Baca Juga :  Resep Ikan Bawal Goreng

Ketika sahur, Sweet Couple boleh menjadikan kacang-kacangan sebagai camilan ringan setelah menyantap hidangan utama.

Rekomendasi kacang yang sehat untuk dikonsumsi sebagai menu sahur adalah kacang kenari, almond, mete, pistachio, dan kacang tanah. Anda juga bisa menggunakan aneka kacang tersebut sebagai bahan masakan sahur.

6. Sup

Menyantap sup saat sahur juga bisa membuat Anda terasa kenyang lebih lama lho! Mengapa demikian? Dilansir dari Nakita, semangkuk sup dapat mengurangi total asupan kalori sebesar 20 persen.

Sup juga bisa menghilangkan nafsu makan karena menghabiskan banyak volume di perut. Sweet Couple bisa mencoba menu sup yang sederhana, seperti resep sup ayam bening.

7. Buah-Buahan

Rekomendasi makanan sahur selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah buah-buahan. Buah yang baik dikonsumsi untuk sahur adalah semangka, jeruk, alpukat, dan stroberi.

Selamat menunaikan ibadah puasa! Jangan lupa mengonsumsi makanan sahur yang tetap membuat kuat selama puasa!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari CNN