Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih yang Menyehatkan

Sumber karbohidrat merupakan elemen yang penting untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh. Karbohidrat adalah zat gizi yang diperlukan sebagai sumber energi tubuh manusia.

Karbohidrat juga berfungsi untuk membantu metabolisme protein dan lemak sehingga mencegah terjadinya pemecahan protein yang berlebihan.

Mengonsumsi karbohidrat juga memberikan rasa kenyang sehingga Sweet Couple tidak merasa lapar dan tidak mengonsumsi makanan lain secara berlebih.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Sumber karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi putih saja. Ada beberapa sumber karbohidrat yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Beberapa di antaranya juga dijadikan menu diet karena jumlah kalorinya lebih rendah daripada nasi.

Berikut ini terdapat 7 sumber karbohidrat selain nasi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Kentang

Sweet Couple sering mengonsumsi perkedel kentang, kentang goreng, dan lain sebagainya? Aneka olahan kentang tersebut termasuk sumber karbohidrat.

Kentang seringkali dijadikan sebagai menu utama diet, terutama olahan kentang yang direbus. Dilansir dari Alodokter, kentang memiliki kandungan 66 sampai 90 persen karbohidrat.

Mengonsumsi sumber karbohidrat seperti kentang cukup penting untuk energi tubuh. Namun, perlu diingat juga agar kita tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga :  Resep Stik Kentang Keju yang Paling Gurih

2. Ubi Jalar

Satu buah ubi jalar kira-kira mengandung 23 karbohidrat. Tidak heran kalau ubi jalar sering disajikan sebagai menu utama diet bagi kebanyakan orang.

Pada dasarnya ubi jalar memiliki cita rasa yang manis dan bertrekstur empuk. Ubi jalar yang hanya dikukus juga terasa lezat.

Biasanya mengonsumsi 1 buah ubi jalar sudah terasa mengenyangkan. Oleh karena itu, ubi jalar termasuk sumber karbohidrat yang menjaga jumlah kalori dalam tubuh.

3. Singkong

Sumber karbohidrat yang satu ini tentunya sering kita jumpai dalam berbagai variasi makanan, seperti singkong goreng, kolak singkong, onde-onde, ongol-ongol, dan masih banyak lagi. Bahkan, singkong yang hanya direbus juga terasa nikmat sebagai camilan atau menu sarapan.

Dilansir dari Kompas, setiap 100 gram singkong mengandung 38,06 gram karbohidrat. Selain itu, singkong mengandung 60 sampai 80 indeks glikemik. Angka pada indeks glikemik merupakan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat.

4. Oat

Sweet couple tentunya sudah tidak asing lagi dengan oat yang merupakan menu diet favorit kebanyakan orang. Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang sarapan hanya dengan oat. Secangkir oat diperkirakan mengandung 27 gram karbohidrat.

Biasanya oat diseduh dengan air panas hingga penampilannya menyerupai bubur. Ada juga orang yang mencampurnya dengan bahan lain, seperti buah-buahan supaya tidak terkesan hambar dan meningkatkan cita rasa.

Baca Juga :  5 Olahan Kentang yang Praktis untuk Dimasak

5. Kacang Merah

Sumber karbohidrat yang berikutnya adalah kacang merah. Salah satu olahan kacang merah favorit banyak orang adalah sup kacang merah. Kacang merah juga menjadi bahan pelengkap sayur sop yang tidak boleh terlewatkan.

Satu mangkuk kecil kacang merah mengandung sekitar 21 gram karbohidrat. Kacang merah merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk menjaga berat badan.

6. Kurma

Bukan tanpa alasan kalau kurma selalu dihidangkan saat buka puasa. Ya, buah kering ini mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga berfungsi mengisi energi tubuh.

Satu buah kurma mengandung sekitar 17,99 karbohidrat. Kurma tidak hanya mengandung banyak karbohidrat, tapi memiliki kandungan serat, kalsium, fosfor, kalium, dan vitamin A. Tidak heran kalau kurma dianggap bergizi dan menyehatkan.

7. Nasi Merah

Banyak orang yang mulai mengganti karbohidrat mereka dari nasi putih menjadi nasi merah. Setiap 1 cangkir nasi merah yang dimasak ternyata mengandung sekitar 36 gram karbohidrat.

Nasi merah juga dijadikan sebagai menu utama diet kebanyakan orang. Nasi merah diketahui memiliki kandungan serat yang lebih banyak daripada nasi putih sehingga mampu menjaga pencernaan. Kandungan serat ini juga memberikan rasa kenyang yang bertahan lama setelah mengonsumsi nasi merah.

Baca Juga :  5 Camilan dari Kentang yang Paling Enak dan Praktis

Itulah 7 sumber karbohidrat selain nasi putih yang dapat dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Beberapa sumber karbohidrat tersebut dapat menjadi menu diet yang kaya akan karbohidrat sehingga energi tubuh tetap terjaga.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari Kompas.com