5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan yang Jarang Kamu Ketahui

Sebenarnya ada beberapa manfaat cokelat untuk kesehatan tubuh, tapi belum banyak orang yang mengetahuinya. Selama ini sebagian orang berpikir bahwa cokelat berpengaruh pada obesitas tubuh dan tidak baik untuk kesehatan. Padahal, kandungan cokelat juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan kita.

Sweet Couple suka makan brownies panggang atau kue bolu? Siapa sih yang tidak menyukai jenis makanan manis ini. Varian rasa dari jenis-jenis kue yang paling digemari orang adalah rasa cokelat, seperti brownies cokelat, bolu cokelat, kue lapis cokelat, dan lain sebagainya.

Selain cita rasanya yang lezat, kandungan cokelat juga dipercaya dapat memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Namun, cokelat tidak hanya sebatas meningkatkan mood seseorang. Yuk, cari tahu 5 manfaat cokelat pada penjelasan lengkap di bawah ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaaat cokelat yang pertama adalah meningkatkan fungsi otak. Kandungan lavado pada cokelat bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi kerusakan pada jalur saraf pasien yang terkenal alzeimer. Kandungan tersebut juga mampu memperlambat penurunan kognitif. Oleh karena itu, beberapa peneliti atau ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi cokelat.

Baca Juga :  Resep Brownies Panggang Cup Cake untuk Cemilan

Olahan cokelat panas dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke bagian otak. Mengonsumsi cokelat panas juga bisa mencegah penurunan daya ingat pada kaum lansia.

2. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Sweet Couple pernah mengonsumsi cokelat hitam? Jangan ragu untuk mengonsumsi cokelat tersebut karena berfungsi mempertahankan kebugaran jasmani. Mengapa demikian? Sebuah penelitian nutrisi menjelaskan bahwa cokelat hitam berkhasiat dalam meningkatkan ketersediaan oksigen sehingga membuat tubuh tetap bugar.

Saat ini mulai banyak orang yang mengolah cokelat hitam sebagai bahan utama dalam menyajikan aneka camilan enak, seperti brownies dan kue bolu. Kalau Sweet Couple ingin membuat sendiri brownies ala rumahan, cobalah sesekali untuk menggunakan cokelat hitam sebagai bahan utamanya.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat cokelat yang jarang diketahui orang, yaitu cokelat berperan penting dalam menurunkan tingkat risiko penyakit jantung.

Sweet Couple mungkin mempertanyakan kebenaran manfaat cokelat dalam mencegah penyakit jantung. Hal ini sebenarnya dibuktikan dari kandungan flavonoid dalam cokelat yang melancarkan aliran darah.

Selain itu, kandungan flavonoid mampu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Efek-efek tersebut jelas membuktikan bahwa cokelat bermanfaat dalam upaya mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mengurangi Kolesterol

Manfaat cokelat yang berikutnya adalah mengurangi kolesterol. Hasil penelitian The Journal of Nutrition menjelaskan bahwa cokelat mampu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Low-density lipoprotein atau kolesterol jahat merupakan penyebab utama pembentukan ateroma.

Baca Juga :  Resep Brownies Panggang Ketan Hitam Antimainstream

5. Manfaat Cokelat untuk Perawatan Kulit

Manfaat cokelat yang terakhir dan jarang diketahui orang, yaitu manfaat untuk perawatan kulit. Kandungan senyawa bioaktif pada cokelat tentunya berdampak positif untuk merawat kulit tubuh Sweet Couple.

Selain itu, cokelat mengandung flavonol yang berguna untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi cokelat sebagai upaya perawatan kulit.

Itulah 5 manfaat cokelat untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui orang. Sweet Couple bisa mengonsumsi cokelat melalui olahan beberapa camilan atau makanan, seperti brownies panggang, kue bolu, minuman cokelat panas, dan masih banyak lagi.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari merdeka.com