5 Manfaat Ikan Tongkol untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu jenis ikan laut yang mengandung banyak gizi dan sehat untuk dikonsumsi adalah ikan tongkol. Ikan laut tersebut sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Jenis ikan ini biasanya diolah menjadi ikan tongkol balado, ikan tongkol suwir, tongkol bakar, dan lain sebagainya. Pada dasarnya ikan tongkol memang memiliki rasa yang enak sehingga disukai oleh banyak orang.

Ikan laut yang satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan. Manfaat ikan tongkol tidak sebatas menjaga imunitas saja. Mau tahu manfaat lengkap ikan tongkol? Simak penjelasan berikut ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

1. Memperkuat Imun Tubuh

Manfaat ikan tongkol yang paling utama adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Ikan tongkol mengandung banyak vitamin, terutama vitamin A dan B12. Selain vitamin, jenis ikan laut ini kaya akan protein.

Kandungan protein dan vitamin inilah yang mampu memperkuat sistem imunitas tubuh. Sistem imun yang kuat membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit atau virus.

2. Menjaga Tekanan Darah

Ikan tongkol memang terkenal dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Mengonsumsi ikan ini dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Baca Juga :  7 Macam Sambal Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Ikan tongkol bermanfaat untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Jadi aliran darah tetap lancar. Oleh karena itu, ikan tongkol sering direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap orang.

3. Memelihara Fungsi dan Kesehatan Organ Tubuh

Manfaat ikan tongkol yang berikutnya adalah memelihara kesehatan organ tubuh. Manfaat tersebut didapatkan karena ikan tongkol mengandung banyak protein.

Kadungan protein pada ikan tongkol dapat membentuk sel-sel dan jaringan tubuh. Oleh karena itu, Sweet Couple tidak usah ragu untuk mengonsumsi aneka olahan tongkol, seperti ikan tongkol balado, ikan tongkol suwir, dan lain-lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat ikan tongkol yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan jantung. Tingginya kandungan omega-3 dan protein pada ikan tongkol sangat membantu dalam mencegah peningkatan kolesterol. Selain itu, mengonsumsi ikan tongkol juga dapat mengatur tekanan darah tetap stabil. 

5. Manfaat Ikan Tongkol dalam Menjaga Berat Badan

Manfaat ikan tongkol yang satu ini memang jarang diketahui banyak orang. Ternyata mengonsumsi ikan tongkol dapat menjaga berat badan.

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan tongkol kaya akan protein sehingga Anda akan merasa kenyang dan tidak mudah lapar setelah mengonsumsii ikan tongkol. Ikan tongkol tentunya dapat menjadi pilihan menu diet dan sehat.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Bau Amis

Itulah 5 manfaat ikan tongkol untuk kesehatan tubuh. Ternyata jenis ikan laut ini memiliki banyak manfaat atau khasiat, mulai dari mencegah penyakit hingga menjaga berat badan.

Kalau ingin membuat sediri olahan ikan tongkol ala rumahan yang lezat dan bergizi, Sweet Couple dapat mengikuti artikel mengenai resep ikan tongkol balado. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari alodokter.com