Ragam Manfaat Mentega untuk Kesehatan Tubuh

Mentega merupakan salah satu bahan makanan sekaligus digunakan sebagai pengganti minyak saat memasak. Mentega juga selalu menjadi bahan yang tak terlupakan saat kita membuat adonan kue.

Secara umum banyak orang yang sudah mengetahui bahwa mengomsumsi mentega secara berlebihan memang kurang baik karena mengandung banyak lemak. Namun, bukan berarti Sweet Couple tidak boleh menggunakan mentega sebagai pelezat masakan.

Bagaimanapun mentega berperan penting dalam melengkapi aneka makanan yang kita masak, seperti kue, ayam goreng mentega, dan masih banyak lagi.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Terlepas dari dampak negatifnya, ada banyak juga manfaat mentega yang perlu Sweet Couple ketahui. Berikut ini 5 manfaat mentega yang paling penting untuk kesehatan tubuh.

1. Manfaat Mentega untuk Metabolisme Tubuh

Manfaat mentega yang pertama adalah membantu metabolisme tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan conjugated linoleic acid (CLA) dari mentega.

Kandungan CLA sendiri merupakan sumber asam lemak yang baik. Asam lemak tersebut berpengaruh besar terhadap proses metabolisme. Selain itu, sumber asam lemak tersebut membantu dalam meningkatkan pembakaran lemak.

2. Membakar Lemak

Mengonsumsi mentega ternyata berguna untuk membakar lemak. Manfaat mentega yang satu ini berasal dari kandungan kolesterol baik yang.

Kolesterol baik tersebut bermanfaat untuk membuat perut terasa kenyang dan membantu peningkatan pembakaran lemak. Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sweet Couple suka makan ayam goreng mentega, roti goreng, dan makanan lainnya yang menggunakan mentega? Ternyata mentega berperan penting dalam mencegah risiko penyakit, khususnya masalah jantung.

Manfaat mentega dalam menurunkan risiko penyakit jantung diperoleh dari kandungan lemak sehat dan kolesterol baik pada mentega. Oleh karena itu, mengonsumsi mentega juga penting asalkan sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebih.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat mentega yang berikutnya adalah menjaga kesehatan mata. Mentega dapat menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A hingga 3.300 IU.

5. Mencegah Diabetes

Selain mencegah risiko penyakit jantung, mentega juga bermanfaat untuk mencegah diabetes. Mentega mengandung asam lemak butirat yang memiliki berbagai manfaat, seperti mencegah kenaikan berat badan, meningkatkan energi, menurunkan trigliserida serta insulin.

Tidak heran kalau kandungan asam lemak ini bisa mencegah diabetes dan mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

Itulah kelima manfaat mentega untuk kesehatan tubuh. Pada intinya mentega memiliki banyak manfaat baik asalkan dikonsumsi secukupnya atau tidak secara berlebihan. Jadi, Sweet Couple tidak usah ragu untuk mencicipi aneka makanan berbahan mentega sesekali, seperti ayam goreng mentega, kue, dan lain-lainnya.

Bila tertarik untuk memasak ayam goreng mentega ala rumahan, Sweet Couple bisa mengikuti langkah-langkah dan caranya pada artikel resep ayam goreng mentega. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari liputan6.com