5 Masakan Bumbu Balado yang Paling Mudah untuk Dibuat

Sebagian besar kuliner Indonesia memang dikenal dengan cita rasa pedas dan gurih, khususnya masakan khas Sumatera. Pada dasarnya kebanyakan masyarakat di Indonesia menyukai makanan pedas.

Sweet Couple pencinta bumbu balado? Teknik memasak balado berasal dari Minangkabau. Pada intinya, balado merupakan cara memasak dengan menumis cabai halus bersama aneka rempah lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, dan lain-lainnya.

Ada berbagai macam masakan balado yang terkenal di Indonesia, seperti ikan tongkol balado, dendeng balado, dan lain sebagainya. Simak penjelasan selengkapnya mengenai aneka masakan bumbu balado yang paling mudah untuk dibuat.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

1. Ikan Tongkol Balado

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki gizi tinggi, terutama kandungan omega 3, vitamin A, dan vitamin B 16. Ikan laut tersebut biasanya diolah menjadi ikan tongkol balado.

Cabai yang biasa digunakan untuk membuat ikan tongkol balado adalah cabai rawit merah dan cabai rawit keriting. Cara membuat masakan bumbu balado ini cukup sederhana.

Kalau ingin memasak sendiri olahan ikan tongkol balado ala rumahan, Sweet Couple dapat mengikuti langkah-langkahnya pada artikel mengenai resep ikan tongkol balado.

Baca Juga :  Inilah 6 Ikan Laut yang Bergizi dan Sehat

2. Telur Balado Jawa

Masakan bumbu balado yang satu ini memiliki ciri khas perpaduan rasa pedas dan sedikit manis. Telur balado Jawa seringkali disebut telur balado bulat karena cara memasaknya yang direbus dan cangkangnya dikupas.

Cara memasak telur balado cukup mudah. Pertama, Sweet Couple perlu merebus sekitar 5 butir telur selama 15 menit. Diamkan beberapa menit sampai telur agak dingin, lalu kupas cangkangnya. Selanjutnya, goreng telur sampai berwarna kecoklatan.

Blender bumbu halus yang terdiri dari 10 buah cabai merah, 2 butir kemiri, 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 2 sendok makan air asam jawa, gula jawa secukupnya, 1/2 sendok teh garam, dan 1/2 sendok teh merica.

Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan 2 ruas jahe, 2 ruas lengkuas, dan 1 batang serai yang sudah digepuk. Masukkan telur, masak sekitar 5 menit sampai bumbu balado meresap, angkat dan tiriskan.

3. Terong Balado

Kalau Anda sering membeli makanan di rumah makan Padang, pastinya sudah tidak asing lagi dengan terong balado. Terong ungu yang dimasak dengan bumbu balado khas Minang memang menghasilkan makanan super pedas yang menggugah selera.

Masakan bumbu balado ini sebenarnya mudah untuk dibuat sendiri. Sweet Couple dapat mengikuti langkah-langkah memasaknya pada artikel resep terong balado.

Baca Juga :  7 Macam Sambal Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

4. Dendeng Sapi Balado

Sweet Couple pencinta daging sapi? Pada dasarnya daging sapi sangat praktis untuk diolah dalam berbagai varian makanan, mulai dari hidangan yang agak manis hingga pedas.

Olahan daging sapi yang pedas dan gurih adalah dendeng sapi balado. Makanan tersebut berasal dari Sumatera Barat dan banyak disajikan di berbagai rumah makan Padang.

5. Ayam Balado

Masakan bumbu balado tidak hanya menggunakan bahan utama daging sapi dan ikan tongkol saja. Sweet Couple juga bisa menggunakan ayam sebagai bahan utama dalam membuat masakan bumbu balado super lezat.

Itulah 5 rekomendasi masakan bumbu balado yang paling enak dan praktis untuk dibuat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari piknikdong.com