5 Masakan India Super Populer di Dunia

Suka masakan India? Pastinya banyak Sweet Couple yang menyukainya. Masakan khas India dikenal memiliki bumbu yang kaya akan rempah-rempah dan bercitarasa kuat.

Memang sih, masakan Indonesia juga kaya akan rempah. Namun, citarasa rempah masakan India sangatlah kuat. Tak jarang, dibarengi dengan aroma yang kuat pula. Bagi Anda yang kurang suka dengan rempah atau makanan berbumbu kuat, lebih baik tak usah mencobanya.

Walau demikian, masakan India merupakan salah satu kekayaan kuliner yang sudah mendunia. Sweet Couple wajib mencicipinya karena masakannya lezat dan bisa dibilang cocok dengan lidah orang Indonesia yang suka makanan berbumbu serta berempah.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Ada begitu banyak masakan India yang terkenal. Namun, kami pilihkan 5 masakan India Terpopuler yang Wajib Anda coba sekali seumur hidup.

Kira-kira ada apa saja ya? Yuk simak ulasan masakan India ini selengkapnya!

1. Nasi Biryani

Gambar diambil dari instagram.com/fitrianisamidan

Masakan India terpopuler pertama yakni Nasi Biryani. Siapa sih yang tak kenal dengan Nasi Biryani? Biasanya, orang Indonesia juga menyebutnya sebagai Nasi Briyani.

Nasi Biryani merupakan hidangan nasi berempah dengan tambahan lauk pauk berupa daging-dagingan. Dagingnya bisa ayam, kambing, ataupun sapi. Beras yang digunakan untuk nasi ini yakni beras basmati, berukuran lebih panjang butirannya daripada beras biasa.

Sekilas, tampilannya dan rasa mirip dengan Nasi Kebuli. Bedanya, Nasi Kebuli merupakan masakan khas Betawi yang lahir karena pengaruh Timur Tengah. Sedangkan, Nasi Biryani benar-benar berasal dari Asia Selatan seperti India, Pakistan, dan Sri Lanka. Bahkan, negara di Asia Barat seperti Irak dan Iran juga mengenal hidangan ini.

Baca Juga :  Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Spesial Makanan Idul Adha

Citarasa Nasi Biryani sangat berbumbu. Aroma rempahnya pun kuat. Hal ini karena ada banyak varian rempah-rempah yang digunakan kala memasak hidangan ini. Apa saja itu? Ada minyak samin, kacang-kacangan, jintan, cengkih, kapulaga, kayumanis, daun salam, ketumbar, jahe, bawang putih, dan bawang bombay. Banyak sekali ya.

2. Kari Ayam

Gambar diambil dari instagram.com/foodie_homechef

Kari biasanya juga identik dengan masakan India. Ya, hidangan kari di India ada bermacam-macam seperti Kari Kambing dan Kari Sapi. Kali ini kami akan membahas tentang kari ayam.

Kari Ayam merupakan salah satu masakan khas India yang banyak ditemui di berbagai belahan dunia. Bahan-bahannya biasanya menggunakan daging ayam yang direbus, bawang bombay, tomat, cabai, jahe, dan bawang putih. Tak ketinggalan pula aneka ragam rempah seperti jintan, kapulaga, kunyit, dan ketumbar.

Soal rasa, kari ayam luar biasa lezat. Bumbunya tergolong berani. Yang menjadi bintang di sini tentu saja lelehan kuah dan saos kari yang kental. Rasanya gak cukup kalau makan kari ayam dengan hanya sedikit kuah.

Hmmm… jadi lapar ya membayangkannya.

3. Samosa

Gambar diambil dari instagram.com/archankrishna_ajay

Kalau hidangan masakan India yang satu ini mungkin ada yang belum tahu. Namun, kami yakin Sweet Couple pasti langsung mengenalinya saat melihat bentuknya.

Ya, inilah Samosa. Hidangan khas India ini bentuknya mirip pastel Indonesia. Berbentuk segitiga dengan tekstur kulit yang renyah. Bisa dibilang inilah makanan ringan dan jajanan pasar khas India. Setuju kan?

Baca Juga :  Resep Puding Oreo Susu yang Nikmat

Samosa biasanya diisi dengan kentang, bawang bombay, rempah-rempah, dan cabai hijau. Terdapat pendamping hidangan ini yakni berupa saus cocolan yang disebut chutney. Karena isinya yang tanpa daging membuat samosa seringkali disebut sebagai hidangan vegetarian.

Walau demikian, tersedia juga Samosa untuk nonvegetarian. Biasanya, samosa ini diisi dengan daging ayam cincang, daging sapi giling, ataupun daging kambing serta domba.

Ingin mencobanya? Sweet Couple bisa membuat Samosa Ayam di rumah loh. Simak resepnya di sini.

4. Ayam Tandoori

Gambar diambil dari instagram.com/surianti_kitchen

Hidangan khas India yang paling legendaris? Tentu saja Ayam Tandoori. Hidangan ayam ini berasal dari wilayah Punjab, India dan sudah ada sejak zaman Kesultanan Mughal. Tak heran jika hidangan ini masuk sebagai hidangan populer karena usianya yang sudah berabad-abad lamanya.

Mengapa sih namanya Tandoori? Ternyata Tandoori merupakan proses membuat dan memasak hidangan tersebut. Proses ini yakni memasak makanan dengan bumbu yang meresap ke dalamnya, lalu dipanggang di sebuah oven bawah tanah (bahasa India: tandoori) dengan suhu sangat tinggi. Proses memasaknya biasanya menggunakan besi panjang yang ditusuk pada ayam.

Apa saja sih bumbu yang digunakan untuk membuat Ayam Tandoori? Tentunya ada banyak bumbu yang digunakan mengingat statusnya sebagai masakan India. Bumbu-bumbu yang digunakan yakni garam musala, bubuk cabai, bawang putih, jahe, lada, bubuk jintan, bubuk ketumbar, minyak mustar, dan kunir.

Baca Juga :  Resep Bolu Pisang Super Lembut

Melihat bumbu dan rempah yang digunakan, pastinya Sweet Couple langsung terbayang dengan rasanya kan? Sudah pasti berbumbu, pedas, dan rempah banget. Benar-benar menggugah selera.

5. Roti Prata

Gambar diambil dari instagram.com/crappysotong

Kami yakin Sweet Couple sudah banyak yang mengenali masakan India satu ini. Ya, roti prata. Roti ini sangat terkenal bahkan memiliki versi yang sudah diadaptasi di Indonesia. Kita mengenalnya dengan sebutan Roti Canai/Cane dari Aceh.

Roti Prata memiliki bentuk bulat, lebar, dan pipih. Teksturnya biasanya garing di luar dan empuk di dalam. Hal ini karena hidangan ini dibuat dengan cara direntangkan dan digoreng di atas wajan ceper dengan minyak panas, lalu diisi dengan daging ayam, sapi, ataupun kambing. Ada juga yang menyajikannya dengan telur sehingga agak mirip dengan martabak.

Untuk menikmatinya, biasanya kita akan disuguhkan dengan saus cocolan berupa saus/kuah kari. Hal ini semakin menambah kelezatan dan citarasa hidangan. Jadi bikin pengen nyocol terus rasanya.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Itulah 5 masakan India terpopuler di India yang wajib Anda cicipi sekali seumur hidup. Rasanya lezat dan benar-benar India banget alias berbumbu kuat.

Bila belum kesampaian pergi ke India, Sweet Couple bisa kok mencoba mengunjungi restoran atau rumah makan India. Yang penting bisa merasakan dulu kelezatan masakan India yang menggugah selera.

Kira-kira manakah masakan India favorit Anda?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari id.wikipedia.org, makananoleholeh.com, dan visitsingapore.com