Nama Lain Odading di Berbagai Wilayah Indonesia

Odading merupakan salah satu jenis kue/roti yang ada di wilayah Jawa Barat. Jika melihat dari bentuk, rasa, dan teksturnya, maka Sweet Couple akan teringat dengan roti goreng. Tidak salah memang karena Odading adalah nama sebutan dari roti goreng di wilayah Jawa Barat.

Mengapa bisa disebut Odading? Ternyata karena dulu di jaman Belanda ada orang Belanda yang membelikan roti goreng dari pedagang lokal, tetapi karena ia tidak tahu namanya maka ia mengatakan,”O, dat ding?” atau kalau diartikan,”O, benda itu?”. Itulah asal usul mengapa roti goreng di Jawa Barat disebut Odading.

Namun tahukah kalian jika Odading memiliki banyak nama julukan di berbagai wilayah lain di Indonesia? Odading ternyata punya banyak saudara dan teman yang sejenis loh di Indonesia. Yang paling terkenal adalah Kue Bantal di Jakarta, tapi kalian pasti ingin tahu untuk wilayah lainnya. Penasaran? Yuk simak ulasan nama lain Odading di berbagai wilayah Indonesia!

Nama Lain Odading di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Pertama, kita bahas dulu nama lain Odading di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jawa Tengah dan Yogyakarta ternyata juga memiliki makanan yang mirip dengan Odading loh Sweet Couple! Jika Sweet Couple berada di kawasan Semarang, maka nama lain Odading adalah Bolang-Baling. Pasti sudah tidak asing juga kan dengan istilah Bolang-Baling?

Bergeser sedikit ke arah Magelang, Odading memiliki nama lain yang lucu didengar yakni Gondang Gandung. Kemudian, masih di Jawa Tengah tepatnya di Solo Odading disebut juga sebagai Gembukan.

Baca Juga :  Resep Korean Garlic Cheese Bread Viral Kekinian

Lalu bagaimana dengan wilayah Jawa Tengah lainnya? Di Jawa Tengah kawasan pantura barat tepatnya di Tegal, nama lain dari Odading adalah Roten. Bentuk, tekstur, dan rasa sebelas duabelas dengan Odading, lengkap dengan taburan biji wijen di atasnya.

Bergeser ke selatan, tepatnya di wilayah Banyumas dan sekitarnya, nama lain dari Odading yang populer di kalangan masyarakat setempat adalah golang-galing. Ya hampir-hampir mirip dengan nama penyebutan Odading yang familiar di Kota Semarang, Bolang-Baling.

Nah, buat Sweet Couple yang sedang berada di Yogyakarta dan ingin makan Odading, gak usah bingung. Yogyakarta juga punya Odading kok! Hanya saja, penyebutan Odading di sini tentu saja berbeda dengan Odading di Jawa Barat. Nama lain Odading di Yogyakarta adalah galundeng dan biasanya dijual bersama cakwe.

Nama Lain Odading di Jawa Timur

Kedua, kita bahas nama lain Odading di Jawa Timur. Walau Jawa Timur letaknya jauh dengan Jawa Barat, bukan berarti tidak ada Odading di sini. Odading juga ada kok di Jawa Timur, hanya saja penyebutan Odading yang berbeda. Apa saja itu?

Buat Sweet Couple yang berdomisili di Malang, tentu tidak asing dengan istilah roti goreng. Ya, di Malang nama lain Odading adalah roti goreng. Sesuai dengan nama yang memang aslinya dalam bahasa Indonesia.

Bergeser ke arah Blitar, nama lain Odading di sini cukup unik. Mengapa demikian? Karena nama lain Odading di Blitar yakni montor. Padahal seperti yang diketahui bersama, montor itu sebutan lain untuk motor dalam bahasa Jawa. Entah mengapa Odading disebut Montor di Blitar.

Baca Juga :  Resep Odading Viral Tanpa Ragi dan Ulen ala Masterchef

Lain Malang, lain Blitar, maka lain pula Sidoarjo dan Gresik. Kawasan tetangga Surabaya ini memiliki penyebutan Odading yang berbeda. Di Sidoarjo, orang-orang biasa menyebut Odading dengan nama Godho Roti. Sedangkan di Gresik, nama lain dari Odading adalah Mandel.

Wah ternyata Jawa Timur memiliki penyebutan Odading yang benar-benar lain daripada daerah lainnya. Hal ini menunjukan betapa kayanya bahasa daerah kita dan betapa terkenalnya Odading ini dengan versi lokalnya masing-masing.

Nama Lain Odading di Luar Jawa

Siapa bilang Odading alias roti goreng cuma ada di Pulau Jawa? Odading juga eksis loh di luar Jawa. Wah baru tau kan kalau Odading juga punya saudara kembar lainnya yang terpisah di luar Pulau Jawa? Keren banget ya.

Di daerah Sumatera, tepatnya di Medan, nama lain Odading ini unik banget loh! Bayangkan saja, di Medan Odading disebut sebagai Kue Bohong. Waduh, kok bisa disebut Kue Bohong ya? Apakah yang bikin dan jual tukang bohong? Atau kuenya terlihat seperti kue bohongan? Atau karena banyak tertipu mengira kuenya ada isinya?

Di wilayah Kalimantan, tepatnya di Banjarmasin, nama lain Odading adalah Kue Untuk-untuk. Kemudian di Manado, Sulawesi Utara, nama lain Odading yakni Brot Goreng. Wah benar-benar unik dan menggelitik ya penamaan Odading di luar Pulau Jawa ini.

Baca Juga :  Asal Usul Odading di Jawa Barat

Kesimpulan

Setelah membahas nama lain Odading di berbagai wilayah Indonesia, kita semua semakin tahu bahwa Odading alias roti goreng ini begitu terkenal di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya nama lain dan istilah penyebutan Odading yang beragam di berbagai wilayah di Indonesia.

Odading boleh jadi merupakan nama yang terkenal di Jawa Barat, tetapi nyatanya ia sekarang viral dan benar-benar telah menjadi milik masyarakat Indonesia. Odading juga telah lama menembus batas-batas budaya yang ada di masyarakat Indonesia.

Selain itu, dengan mengetahui nama lain Odading di berbagai wilayah Indonesia membuat kita semakin memahami makna dari Bhineka Tunggal Ika. Ya, walau berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Walau nama lain dari Odading begitu banyak di Indonesia, tetapi semuanya tetap sama dan merujuk ke makanan yang serupa. Odading rupanya merupakan kuliner yang penuh filosofis ya Sweet Couple!

Buat Sweet Couple yang mau nyobain Odading, juga bisa langsung mencoba membuat resep Odading di rumah loh! Dengan membuat resep Odading, maka kita juga telah turut serta berperan dalam melestarikan salah satu kekayaan kuliner nusantara agar tidak punah termakan oleh zaman.

Yuk kita buat, makan, dan lestarikan Odading demi Indonesia yang lebih baik!

Artikel disadur dari fimela.com, food.detik.com, dan idntimes.com