4 Kandungan Nutrisi Seblak yang Jarang Orang Tahu

Siapa sih yang tak tahu Seblak? Hidangan asal Bandung yang satu ini menjadi salah satu jajanan favorit banyak orang. Teksturnya yang berkuah ditambah aroma bumbu yang kuat serta citarasa pedas membuat banyak orang menyukainya. Bisa dibilang ini salah satu masakan yang wajib dicoba oleh pecinta masakan pedas.

Seblak sendiri memiliki bahan dasar seperti kerupuk, bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, dan bumbu penyedap rasa. Semuanya diolah dengan cara ditumis dan direbus. Karena direbus, maka ada kuahnya. Kuahnya inilah yang segar dan disukai banyak orang. Paling pas disantap selagi hangat.

Seblak tak hanya lezat, tetapi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan loh. Pasti pada kaget kan? Ya, beberapa manfaatnya yakni sebagai sumber energi, mencegah risiko penyakit kanker, sumber energi, dan sumber vitamin. Luar biasa kan? Jadi Sweet Couple tak usah ragu lagi untuk menyantap masakan ini ya.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Jika sudah mengetahui sejumlah manfaatnya, maka tidak afdol kan kalau belum membahas tentang nutrisi seblak? Hal ini agar Anda tahu kandungan gizi apa saja yang ada di dalamnya. Apakah kandungan tersebut baik atau bermanfaat untuk Anda. 

Penasaran kan apa saja? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap Nutrisi Seblak berikut ini!

Kandungan Nutrisi Seblak

Inilah kandungan nutrisi seblak yang perlu Anda ketahui:

Kalori

Kalori merupakan kandungan yang diperoleh dari makanan dan minuman untuk selanjutnya diubah menjadi energi dalam tubuh melalui proses metabolisme. Energi tersebut akan dipakai untuk aktivitas dan kinerja organ-organ tubuh. Sisanya akan disimpan dalam tubuh menjadi lemak.

Salah satu kandungan nutrisi seblak yakni kalori. Dalam 1 porsi seblak berukuran 200 gram, terdapat 262 kalori. Jika Anda mengonsumsinya semangkuk, maka kalorinya menjadi 315 kalori.

Lemak

Lemak merupakan hasil dari sisa kalori yang tidak terpakai dan disimpan dalam tubuh. Biasanya, lemak akan digunakan sebagai cadangan energi dan sumber energi tubuh.

Dalam seblak, lemak yang terkandung di dalamnya yakni 13,31 gram. Kandungan lemak tersebut ada jika Anda mengonsumsi seblak sebanyak 1 porsi atau 200 gram. 

Karbohidrat

Karbohidrat memiliki fungsi utama sebagai sumber energi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, karbohidrat berfungsi sebagai pengendali berat badan dan penentu indeks glikemik/kadar gula dalam darah. Biasanya, karbohidrat terdapat dalam biji-bijian, roti, nasi, kacang-kacangan, pasta, dan umbi-umbian.

Kandungan nutrisi seblak salah satunya adalah karbohidrat. Dalam 1 porsi seblak sebanyak 200 gram, terkandung 31,15 gram karbohidrat. Tak heran usai makan seblak orang jadi lebih cepat kenyang dan lebih berenergi karena tingginya kandungan karbohidrat di dalamnya.

Baca Juga :  6 Bumbu Seblak Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan

Protein

Protein merupakan salah satu kandungan nutrisi seblak yang bisa kita temui. Protein memiliki fungsi sebagai sumber energi, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta membentuk antibodi. Jadi penting banget kan kandungan ini bagi tubuh kita?

Dalam 1 porsi seblak sebanyak 200 gram, terkandung 8,15 gram protein. Oleh karena itu, jangan remehkan seblak ya. Dengan mengonsumsinya, Anda akan memperoleh energi sekaligus memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. 

Kesimpulan

Itulah kandungan nutrisi seblak yang bermanfaat untuk tubuh kita. Tak menyangka ya jika seblak memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Kalau begini sih jadi tak ada rasa bersalah lagi untuk menyantap hidangan ini. 

Pastinya sesuaikan konsumsi seblak dengan kebutuhan nutrisi Anda. Jangan sampai berlebihan juga karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Yuk konsumsi seblak dari sekarang dan rasakan nutrisinya!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari factsecret.co.id, alodokter.com, id.wikipedia.org, dan sweetrip.id