5 Olahan Kentang yang Praktis untuk Dimasak

Kentang adalah bahan makanan sekaligus sumber karbohidrat yang paling sering dikonsumsi oleh setiap orang di berbagai belahan dunia. Sebagai sumber karbohidrat, olahan kentang biasanya menjadi pengganti nasi.

Kentang tidak hanya menjadi sumber karbohidrat yang dikonsumsi oleh orang-orang di negara Barat. Masyarakat Indonesia juga mulai banyak yang mengolah kentang sebagai menu sarapan, pengganti nasi, dan camilan.

Pada dasarnya kentang memang memiliki tekstur yang empuk, gurih, dan cita rasanya nikmat. Ada berbagai jenis makanan olahan kentang yang bisa Sweet Couple coba sebagai sumber karbohidrat.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Tidak hanya resep perkedel kentang saja yang bisa Anda coba masak sendiri. Berikut ini terdapat 5 rekomendasi olahan kentang yang praktis dan mudah untuk dimasak.

1. Perkedel Kentang

Olahan kentang yang satu ini merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia dan disukai oleh banyak orang. Perkedel kentang justru lebih sering disajikan sebagai lauk-pauk.

Biasanya perkedel kentang disajikan dan dijual di berbagai rumah makan, seperti warteg, rumah makan Padang, dan restoran lainnya.

Cara membuat olahan kentang ini cukup mudah. Bahan-bahan resep perkedel kentang sangat sederhana, yaitu kentang, telur, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, lada butir, garam, dan bawang goreng secukupnya.

Baca Juga :  Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih yang Menyehatkan

Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu adonan, dibentuk bulat-bulat, dan digoreng sampai matang berwarna kecoklatan. Cara membuat perkedel bisa Sweet Couple ikuti pada artikel mengenai resep perkedel kentang yang paling enak.

2. Sambal Goreng Kentang

Selain perkedel kentang, Sweet Couple pastinya sudah tidak asing lagi dengan olahan kentang pedas yang satu ini. Sambal goreng kentang biasanya disajikan bersama ati ampela dengan bumbu pedas yang menggugah selera.

Sambal goreng kentang merupakan salah satu makanan yang sering disajikan sebagai masakan lebaran atau masakan hari raya lainnya. Tidak jarang juga makanan ini disajikan dalam acara-acara tertentu, seperti pesta pernikahan, arisan keluarga, dan lain sebagainya.

Resep sambal goreng kentang cukup mudah. Sweet Couple hanya memerlukan beberapa bahan, yakni kentang, ati ampela, cabai, bawang merah, bawang putih, santan, lengkuas, gula pasir, daun salam, dan garam secukupnya.

Langkah-langkah resepnya dapat Sweet Couple coba pada artikel mengenai resep sambal goreng kentang khas makanan pesta.

3. Semur Kentang

Masakan semur tidak hanya menggunakan bahan utama berupa daging sapi dan ayam saja. Semur dengan bahan utama kentang juga tidak kalah enak rasanya.

Semur kentang biasanya disajikan sebagai lauk bersama nasi uduk. Bahan dan bumbu semur kentang tentunya lebih ekonomis dan praktis dibandingkan semur daging.

Baca Juga :  Resep Stik Kentang Keju yang Paling Gurih

Cara membuat semur kentang cukup mudah. Sweet Couple perlu menyediakan 3 buah kentang yang dipotong-potong, 5 sendok kecap manis, 400 ml air, kaldu bubuk, garam, gula pasir, dan minyak secukupnya. Ulek juga bumbu halus, yaitu 8 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, 2 butir kemiri, dan 1 sendok merica.

Pertama, kentang harus digoreng terlebih dahulu sampai matang. Kemudian tumis semua bumbu halus. Masukkan potongan kentang ke tumisan bumbu.

Tambahkan kecap, garam, gula, kaldu bubuk, dan air. Aduk rata sampai air agak menyusut dan semur kentang siap untuk disajikan.

4. Kentang Mustofa

Kentang mustofa merupakan olahan kentang yang tipis seperti korek api dan renyah saat dimakan. Kebanyakan orang lebih sering membeli kentang mustofa. Padahal, cara membuat kentang mustofa cukup mudah.

Bahan resep kentang mustofa yang dibutuhkan adalah bawang putih, bawang merah, gula pasir, dan kaldu bubuk. Tidak lupa juga dengan bumbu halus yang diulek, yaitu cabai rawit merah, cabai merah keriting, dan garam secukupnya.

Kentang yang sudah diserut harus digoreng terlebih dahulu sampai kering. Kemudian tumis bawang merah, bawang putih, dan bumbu halus sampai setengah kering.

Masukkan air, gula pasir, dan kaldu bubuk. Masak lagi hingga mengental dan matikan api. Campurkan kentang ke bumbu sampai meresap. Kentang mustofa siap untuk disajikan.

Baca Juga :  5 Camilan dari Kentang yang Paling Enak dan Praktis

5. Gulai Kentang

Sudah pernah mencoba gulai kentang? Rasa olahan kentang ini tidak kalah lezatnya dengan gulai sapi.

Gulai kentang merupakan makanan yang kaya akan rempah-rempah. Bumbu yang meresap dan tercampur pada kentang benar-benar terasa nikmat.

Itulah 5 rekomendasi olahan kentang yang bisa Sweet Couple coba sebagai lauk sehari-hari. Kelima makanan olahan kentang tersebut cukup praktis untuk dimasak sendiri. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari IDNTimes.com