20 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bikin Kangen Jogja!

Setelah puas jalan-jalan menikmati suasana Jogja yang istimewa, maka saatnya untuk kembali lagi ke kota asal masing-masing. Lalu, gimana kalau tiba-tiba kangen sama Jogja usai jalan-jalan di Jogja? Tentu saja caranya dengan beli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan sudah berkunjung ke Jogja.

Rasanya tak lengkap kalau bepergian tanpa membawa oleh-oleh daerah khas setempat, termasuk di Jogja. Kira-kira apa saja ya oleh-oleh yang bisa dibawa seusai jalan-jalan dari Jogja? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Bakpia Pathok, Bakpia Legendaris Ikon Jogja

Oleh-Oleh Khas Jogja yang wajib banget dibawa pulang tentu saja Bakpia Pathok. Rasanya kurang afdol jika ke Jogja, tetapi tidak membawa oleh-oleh Bakpia Pathok. Bakpia Pathok ini memang menjadi ikon oleh-oleh khas Jogja yang sudah terkenal sejak dulu. Bakpia Pathok merupakan sejenis kue yang terbuat dari campuran kacang hijau, gula jawa, dan dibalut oleh tepung yang lembut. Nama Pathok berasal dari nama tempat sentra Bakpia tersebut yang ada di kawasan Pathok, Kota Yogyakarta.

Sekarang juga tersedia rasa baru yang kekinian seperti cokelat, stroberi, nanas, dan green tea loh sehingga makin diminati. Kalau ke Jogja, Sweet Couple bisa mencoba bakpia pathuk dengan merek Bakpia 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Merlino, dan Bakpia Citra Premium. Hayo, mau beli bakpia yang mana nih Sweet Couple?

Bakpia Kukus Tugu Jogja, Bakpia Hits Kekinian Favorit asal Jogja Favorit Wisatawan

Oleh-oleh khas Jogja berikutnya yakni Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia Kukus Tugu Jogja berbeda dengan bakpia Jogja pada umumnya. Bakpia Kukus Tugu Jogja lebih mirip dengan bolu dari segi tekstur karena sangat lembut, baik di luar maupun di dalam.

Bakpia Kukus Tugu Jogja ini menjadi salah satu oleh-oleh kekinian yang sedang hits dan naik daun di Jogja sehingga banyak diminati oleh wisatawan yang jalan-jalan di Jogja. Varian rasanya pun beragam mulai dari kacang hijau, kacang merah, cokelat, hingga keju. Tertarik untuk mencobanya?

Gudeg Kalengan, Cara Praktis Makan Gudeg Asli Jogja di Luar Jogja

Ke Jogja memang gak lengkap kalau gak makan gudeg. Namun, apa harus bolak-balik ke Jogja terus demi mencicipi gudeg asli Jogja yang khas? Tentu saja tidak karena sekarang ada oleh-oleh gudeg kalengan khas Jogja yang bisa dibawa pulang dan tahan hingga berhari-hari bahkan setahun. Pastinya, rasanya tetap sama dengan gudeg khas Jogja yang biasa. Gak perlu takut basi juga karena awet dan bisa dipanaskan lagi. Asyik banget kan bisa menikmati gudeg Jogja dengan praktis?

Oseng-Oseng Mercon Kalengan, Pedasnya Bukan Kaleng-Kaleng

Gak cuma gudeg aja yang ada versi kalengannya. Sekarang, Sweet Couple juga bisa menemukan Oseng-Oseng Mercon Kalengan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh setelah jalan-jalan di Jogja. Porsi oseng-oseng mecon kalengan ini banyak dan cocok untuk dimakan beramai-ramai. Selain itu, citarasanya pun tetap sama yakni gurih dan pedas apalagi setelah dipanaskan. Apalagi makanan ini termasuk salah satu kuliner khas Jogja yang cocok banget dinikmati saat cuaca dingin seperti hujan. Hmmm… udah kebayang kan gimana lezatnya oleh-oleh khas Jogja yang satu ini?

Walang/Belalang Goreng, Cemilan Unik dan Esktrem khas Gunung Kidul Jogja yang Kaya Protein

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini terbilang unik sekaligus ekstrim, Ya, oleh-oleh khas Gunung Kidul Jogja ini berasal dari serangga belalang, yakni Walang/Belalang Goreng. Walau demikian, oleh-oleh ini cukup banyak diminati oleh wisatawan loh! Tekturnya renyah, garing, dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Tak hanya itu, tersedia juga varian rasa untuk oleh-oleh Walang/Belalang Goreng seperti gurih, pedas, atau bacem. Gimana Sweet Couple? Berani mencicipi oleh-oleh khas Jogja yang satu ini?

Baca Juga :  Kuliner Jogja yang Pas untuk Musim Hujan

Keripik Welut/Belut, Renyah, Garing, dan Cocok untuk Lauk

Oleh-oleh Jogja yang satu ini juga wajib banget dibeli usai jalan-jalan di Jogja. Keripik Welut atau Belut ini menjadi salah satu camilan dan oleh-oleh favorit usai jalan-jalan di Jogja. Sweet Couple bisa membeli keripik welut di kawasan Godean, Sleman, Jogja yang memang terkenal sebagai sentra belut di Jogja. Tekstur keripik welut ini renyah dan garing banget! Cocok banget untuk camilan. Selain itu ada juga jenis olahan belut lainnya yang bisa Sweet Couple cicipi. Menarik banget ya!

Geplak, Si Manis asal Jogja yang Penuh Warna

Jogja memang terkenal dengan sajian kulinernya yang manis, termasuk sajian kuliner yang menjadi oleh-oleh khas Jogja. Salah satu yang terkenal adalah Geplak. Geplak merupakan oleh-oleh khas Jogja yang berbentuk seperti bolu kukus warna-warni dan berasal dari parutan kelapa serta gula merah. Rasanya jelas manis, sesuai dengan citarasa khas Jogja. Yakin nih ga mau ngeborong yang manis-manis kayak gini Sweet Couple?

Yangko, Mochi Mini Colourful khas Jogja

Oleh-oleh khas Jogja yang bercita rasa manis lainnya adalah Yangko. Yangko berbentuk kotak kecil yang mungil dan berasal dari tepung ketan. Saat disantap, rasanya manis dengan tekstur yang kenyal seperti moci. Penampilannya mun menarik karena super colourful! Gimana? Penasaran kan? Jangan lupa beli oleh-oleh ini saat di Jogja ya!

Kipo, Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bikin Penasaran

Oleh-oleh khas Jogja lainnya yang menarik dan bikin penasaran adalah Kipo. Kipo merupakan oleh-oleh khas Jogja yang berasal dari kawasan Kotagede dan konon katanya sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Islam sehingga bisa dibilang Kipo merupakan jajanan legendaris dari Jogja.

Kipo terbuat dari tepung beras, tepung ketan, parutan kelapa, daun suji, daun pandan dengan isian parutan kelapa serta gula jawa cair. Bentuknya lonjong, bertesktur kenyal, berwarna kehijauan, serta beraroma khas.

Penamaan Kipo sendiri juga unik karena berasal dari orang-orang Jogja yang bertanya “Iki Opo” atau “Ini Apa” sehingga disingkat menjadi Kipo. Unik banget kan? Yuk cicipi sendiri saat di Jogja!

Cokelat Monggo, Cokelat Berkelas Oleh-Oleh Khas Jogja

Sweet Couple suka cokelat? Di Jogja ada sentra penjualan cokelat yang juga menjadi oleh-oleh khas Jogja yakni Cokelat Monggo. Cokelat Monggo memiliki beragam varian rasa seperti cokelat asli, vanila, stroberi, jeruk, mangga, durian, hingga cabai. Tak hanya itu, packaging yang dibuat pun menarik dengan corak batik yang khas sehingga orang-orang tahu bawah Cokelat Monggo merupakan oleh-oleh khas Jogja. Tertarik untuk mencoba membuat cokelat? Bisa langsung datang ke Museum & Factory by Chocolate Monggo di Jl. Tugu Gentong RT03, Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Asyik banget ya?

Baca Juga :  Aktivitas yang Bisa Dilakukan pada Saat Honeymoon di Jogja

Salak Pondoh, Salak Asli Tanah Yogyakarta

Oleh-oleh khas Jogja lainnya yakni Salak Pondoh. Salak Pondoh sudah lama dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja. Salah satu sentra kawasan Salak Pondoh adalah di lereng Gunung Merapi, Sleman, Jogja. Di sini, ada banyak tempat budidaya salak pondoh yang bisa Sweet Couple kunjungi. Cita rasa Salak Pondoh manis dan segar sehingga cocok juga dibawa untuk oleh-oleh seusai dari Jogja.

Jadah Tempe, Burger Jawa Favorit Sultan Hamengkubuwono IX

Oleh-oleh khas Jogja lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah Jadah Tempe. Sweet Couple bisa menemuinya di kawasan Kaliurang. Jadah Tempe merupakan gabungan dari Jadah dan Tempe. Jadah sendiri berasal dari ketan yang dicampur kelapa dengan rasa gurih, dipadu tempe bercita rasa manis, dan cocok disantap bersama dengan cabai rawit. Cara makan Jadah Tempe ini juga unik yakni tempe diapit oleh jadah di bagian atas dan bawah, seperti burger sehingga Jadah Tempe sering juga disebut sebagai Burger Jawa. Hidangan Jadah Tempe ini ternyata juga menjadi favorit Sultan Hamengkubuwono IX kala bertandang ke Kaliurang. Wah oleh-oleh darah biru banget nih!

Wedang Uwuh, Minuman “Sampah” khas Jogja

Wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman. Uwuh dalam bahasa Jawa artinya sampah. Loh, kok wedang uwuh alias minuman sampah malah jadi oleh-oleh sih? Tentu saja bukan sampah yang jorok, kotor, dan bau itu ya Sweet Couple. Sampah yang dimaksud di sini adalah daun-daun dan batang-batang tanaman kering yang sering dibuang begitu saja. Ternyata “uwuh” tersebut bisa diolah menjadi minuman hangat yang lezat dan menyehatkan loh. Kapan lagi “sampah” bisa seenak ini dan jadi oleh-oleh khas selain di Jogja?

Indo Saparella, Cola ala Jogja yang Nyegerin

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini juga jangan sampai dilupakan loh Sweet Couple! Indo Saparella merupakan oleh-oleh minuman khas Jogja yang memiliki citarasa seperti cola sehingga sering juga disebut sebagai cola ala Jogja. Dulunya, minuman ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang dari kalangan ningrat dan tertentu saja loh! Tak hanya itu, penampilan botolnya pun cantik sehingga makin menarik untuk dibeli. Tertarik mencicipi segarnya oleh-oleh minuman khas Jogja yang satu ini?

Batik, Warisan Mahakarya Jogja Favorit Wisatawan

Kalau jalan-jalan ke Jogja, tentu saja jangan lupa beli batik sebagai oleh-oleh. Ini sudah menjadi hal wajib usai bertandang ke Jogja. Batik khas Jogja dikenal dengan warnanya yang memiliki unsur tanah yakni gelap, kuning, dan kecoklatan. Motif yang terkenal dari batik khas Jogja yakni kawung dan parang rusak. Sweet Couple bisa menemui banyak pengrajin batik di seluruh penjuru Jogja, termasuk di kawasan Kraton Jogja. Jalan-jalan ke Jogja jangan sampai lupa beli batik ya!

Kerajinan Kulit Jogja. Gak Kalah dengan yang di Jawa Barat!

Jogja juga punya oleh-oleh khas kerajinan kulit loh, tepatnya di Kawasan Bantul. Di sini, Sweet Couple akan menemukan beragam penjual yang menjajakan aneka macam produk kerajinan kulit mulai dari tas, sepatu, sandal, ikat pinggang, dan jaket. Harga yang dibandrol pun termasuk terjangkau mulai dari 70 ribuan saja. Wah menarik banget ya buat ngeborong oleh-oleh ini saat di Jogja! Pastinya kualitasnya gak kalah dengan yang di Jawa Barat!

Baca Juga :  Menikmati Malioboro Jogja yang Romantis Saat Musim Hujan

Gerabah Kasongan, Kerajinan Tanah Liat Jogja yang Mendunia

Sweet Couple tertarik dengan kerajinan tanah liat? Langsung saja datangi Kawasan Desa Wisata Kasongan di Jogja. Di sini, ada banyak pengrajin gerabah yang menjual beranekaragam jenis kerajinan gerabah mulai dari guci, teko, vas bunga, hingga patung. Gerabah Kasongan sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja yang mendunia. Tak hanya itu, di Desa Wisata Kasongan Jogja ini Sweet Couple juga bisa turut serta belajar membuat kerajinan gerabah loh!

Kerajinan Perak Kotagede, Oleh-Oleh Ikon dari Kotagede Jogja

Jogja memang gudangnya para seniman. Ada banyak karya seni yang lahir di Jogja, salah satunya kesenian kerajinan perak. Sentra kerajinan perak yang terkenal ada di Kotagede Jogja karena banyaknya toko dan perajin perak yang membuka usaha di sini.

Bisa dibilang bahwa kemampuan para perajin perak di Kotagede ini sudah ada sejak lama dan berlangsung turun temurun. Di sini, Sweet Couple bisa membeli beragam pernak Pernik dari perak seperti cincin, kalung, miniature becak, miniature delman, anting, bros, dan masih banyak lagi. Kualitasnya pun oke banget dan terkenal hingga mancanegara. Cocok banget sebagai hadiah oleh-oleh khas Jogja yang romantis buat si dia.

Suvenir dan Pernak-Pernik Malioboro, Semua Oleh-Oleh Khas Jogja ada di sini

Gak mau pusing dan ribet nyari oleh-oleh khas Jogja? Langsung aja cus ke Malioboro. Malioboro sudah menjadi ikon utama Jogja dan tempat yang wajib dikunjungi di Jogja, terutama buat Sweet Couple yang ingin belanja oleh-oleh khas Jogja.

Di sepanjang Jalan Malioboro, Sweet Couple akan menemukan banyak pedagang kaki lima yang menjual souvenir dan pernak-pernik khas Jogja seperti gantungan kunci, bingkai, hiasan dinding, sandal, sepatu, tas, patung, lukisan, baju, celana, dan masih banyak lagi.

Sweet Couple juga bisa melakukan aksi tawar menawar kala belanja oleh-oleh khas Jogja di sini. Malas tawar menawar? Ada banyak toko oleh-oleh yang juga menjual oleh-oleh khas Jogja dengan harga yang sudah fix. Seru banget pastinya belanja oleh-oleh khas Jogja di Malioboro.

Kaos Dagadu Jogja, Kaos Ikonik Oleh-Oleh Khas Jogja Sejak Dulu

Gak afdol rasanya kalua ke Jogja tapi gak beli Kaos Dagadu Jogja sebagai oleh-oleh. Kaos Dagadu Jogja memang sudah lama dikenal sebagai oleh-oleh kaos yang ikonik khas Jogja. Desainnya unik-unik, menarik, dan nyentrik, baik dari pemilihan warna, gambar, maupun kata-katanya. Benar-benar kreatif dan Jogja banget! Kualitasnya pun oke karena bahannya nyaman dipakai. Gak Cuma kaos aja loh yang ada di Dagadu, tetapi juga ada tas, jaket, gantungan kunci, dan stiker. Pastinya makin melengkapi oleh-oleh kalian selama di Jogja.

Nah, gimana Sweet Couple? Banyak banget kan oleh-oleh khas Jogja yang bisa dibawa usai jalan-jalan menikmati suasana Jogja? Manakah yang mau Sweet Couple beli? Mau satu atau mau ngeborong? Itu semua terserah Sweet Couple yang penting kalian bisa Bahagia dengan menikmati oleh-oleh khas Jogja yang bakal bikin kalian selalu kangen dengan suasana Jogja yang istimewa.

Leave a Reply