9 Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Tahu

Sweet Couple di sini yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan mentega dan margarin. Keduanya merupakan produk yang sering digunakan untuk membuat aneka macam olahan masakan. Banyak orang yang mengira keduanya sama, padahal sebenarnya berbeda.

Ada beberapa perbedaan mentega dan margarin yang cukup mendasar. Mulai dari bahan, warna, aroma, kandungan, hingga kegunaannya. Banyak yang masih salah kaprah dan tidak mengetahui perbedaan ini.

Padahal, keduanya sering digunakan dan mudah ditemui. Mungkin karena dari luar terlihat sama-sama kuning dan sama-sama bisa untuk memasak sehingga dianggap sama saja.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Bagi Anda yang hobi memasak, tentu harus tahu perbedaan mentega dan margarin. Hal ini agar Anda tidak salah menggunakan bahan tersebut dalam proses memasak. Tak mau kan bila hasil masakan menjadi tidak maksimal hanya karena Anda tidak mengetahui perbedaan mentega dan margarin?

Biar semakin paham, kami ajak Sweet Couple untuk mengetahui perbedaan mentega dan margarin. Apa saja sih perbedaannya? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Mentega

1. Warna Mentega

Perbedaan yang bisa terlihat jelas antara mentega dan margarin adalah dari warnanya. Biasanya, mentega memiliki warna yang cenderung lebih pucat dan terang. Warnanya tetap kuning, tetapi bukan yang cerah seperti pada umumnya.

2. Bahan Dasar Mentega

Perbedaan mentega dan margarin yakni dari bahan dasar yang digunakan. Mentega terbuat dari lemak hewani sehingga untuk yang sedang diet atau vegetarian disarankan untuk tidak mengonsumsi mentega.

3. Kandungan Dalam Mentega

Apa sih kandungan yang ada dalam mentega? Di dalam mentega, terdapat kolesterol tinggi dan lemak jenuh yang tinggi. Kadarnya mencapai 80%. Cukup tinggi memang sehingga sekali lagi tidak untuk yang diet dan vegetarian, kami sarankan untuk tidak mengonsumsinya.

Baca Juga :  Resep Brownies Pisang Kukus Super Lembut

4. Aroma Mentega

Mentega memiliki aroma khas yang dan berbeda dengan margarin. Mentega cenderung memiliki aroma khas susu dan bila dipanggang/dilelehkan, memiliki aroma wangi yang bakal bikin siapapun tertarik.

5. Cara Menyimpan Mentega

Mentega merupakan bahan makanan yang mudah meleleh di suhu ruangan atau suhu luar ruangan. Oleh karena itu, Anda perlu menyimpannya di dalam sebuah wadah. Usahakan simpan di tempat yang sejuk seperti kulkas agar tetap terjaga kualitasnya.

6. Tekstur Mentega

Walau dari luar terlihat sama, tetapi mentega memiliki tekstur yang berbeda dengan margarin. Mentega memiliki tekstur yang lebih padat ketimbang margarin. Anda bisa memegangnya sendiri dan merasakan perbedaannya.

7. Proses Pengolahan Mentega

Dalam pengolahannya, mentega diolah dengan cara pasteurisasi. Cara ini tidaklah ribet dan bisa dilakukan oleh industri besar maupun industri kecil rumahan. Oleh karena itu, sebenarnya Anda juga bisa saja kok membuat mentega sendiri di rumah. Yang penting tersedia alat dan bahannya saja.

8. Fungsi dan Kegunaan Mentega

Walau terlihat serupa dan sama-sama bisa untuk memasak, ternyata mentega memiliki fungsi serta kegunaan yang berbeda dengan margarin. Dalam penggunaannya, mentega lebih banyak dipakai untuk membuat resep kue. Buat Sweet Couple yang suka bikin kue, pasti lebih sering memakai mentega dalam pembuatannya.

9. Harga Mentega

Perbedaan mentega dan margarin yang tak boleh dilewatkan adalah harga. Ya, buat Sweet Couple yang suka memasak pasti sering concern soal harga. Jangan sampai terlalu mahal tentunya.

Dibandingkan dengan margarin, harga mentega lebih mahal karena bahan kandungan dan proses pembuatannya. Mentega terbuat dari lemak hewani dan sudah pasti lebih mahal daripada margarin.

Margarin

1. Warna Margarin

Perbedaan mentega dan margarin yang bisa Anda lihat yakni dari warnanya. Jika mentega cenderung pucat, maka margarin warnanya lebih kuning. Kuningnya pun cerah serta mencolok. Oleh karena itu tak sulit bagi Anda untuk membedakannya karena cukup jelas.

2. Bahan Dasar Margarin

Komposisi atau bahan dasar dari mentega dan margarin juga berbeda sekali loh Sweet Couple. Jika mentega berbahan dasar lemak hewani, maka margarin berbahan dasar lemak nabati. Oleh karena itu, margarin cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet ataupun vegetarian.

Baca Juga :  Resep Martabak Telur Rumahan Anti Rempong

3. Kandungan Dalam Margarin

Karena margarin berbahan dasar lemak nabati, maka margarin mengandung lemak tak jenuh. Selain itu, kolesterolnya juga tergolong rendah. Hal ini menyebabkan margarin aman dan baik dikonsumsi, termasuk untuk Anda yang sedang menjalani program diet dan vegetarian. Gak akan bikin kita gemuk asal mengonsumsinya dengan porsi sewajarnya.

4. Aroma Margarin

Salah satu poin pembeda lain antara mentega dengan margarin adalah aromanya. Margarin aromanya tidak begitu harum. Tidak ada aroma menyengat seperti mentega saat dilelehkan. Oleh karena itu, tak heran jika margarin cocok digunakan sebagai olesan kue dan roti karena aromanya yang cenderung netral.

5. Cara Menyimpan Margarin

Bagi Anda yang sering memasak, pasti tahu kan cara menyimpan margarin? Anda cukup menyimpannya dalam wadah atau biarkan saja di dalam kemasannya. Bila ingin lebih awet, bisa memasukkannya dalam kulkas. Namun, tak memasukkannya ke dalam kulkas juga tak masalah. Margarin pasalnya tak mudah meleleh seperti mentega sehingga tak perlu perlakuan khusus.

6. Tekstur Margarin

Salah satu pon pembeda antara margarin dan mentega yang cukup signifikan serta bisa dirasakan yakni teksturnya. Margarin memiliki tekstur yang cenderung lembek. Saat dipanaskan, margarin akan lebih mudah meleleh. Tak hanya itu, margarin juga akan lebih mudah dioleskan di roti atau makanan lainnya karena teksturnya tersebut.

7. Proses Pengolahan Margarin

Jika mentega bisa diolah secara home industry, maka tidak demikian halnya dengan margarin. Margarin harus diolah melalui cara dan proses khusus. Semuanya harus dilakukan di pabrik pengolahan khusus.

8. Fungsi dan Kegunaan Margarin

Jika melihat fungsi dan kegunaannya, mentega dan margarin memiliki fungsi serta kegunaan yang tak jauh berbeda. Namun, penggunaan margarin lebih sering pada aktivitas memasak sehari-hari seperti menggoreng, menumis, atau mengoleskannya pada roti. Pasti banyak kan yang mengoleskan margarin dan melapisinya dengan meses di roti?

9. Harga Margarin

Gak afdol bila tidak membahas harga pada bahan makanan. Apalagi buat Sweet Couple yang concern soal harga dalam belanja bahan-bahan makanan. Secara harga, margarin lebih murah daripada mentega. Hal ini karena margarin terbuat dari bahan nabati dan pastinya lebih murah daripada yang hewani. Setuju banget kan?

Baca Juga :  Resep Puding Sutra Oreo Super Lembut

Olahan Makanan Mentega dan Margarin

Usai membahas perbedaan mentega dan margarin, tentu saja kita ingin mengetahui apa saja olahan makanan yang terbuat dari kedua bahan tersebut.

Ada banyak olahan makanan yang bisa Anda buat dari mentega dan margarin. Yang paling terkenal tentu saja ayam goreng mentega. Rasanya manis dan gurih serta mudah dibuat. Banyak restoran yang menjual hidangan ayam tersebut.

Bagi Sweet Couple yang suka masak nasi goreng, juga bisa membuat nasi goreng dengan bahan margarin blueband. Soal rasa dijamin tetap lezat dan menyenangkan.

Jangan lupa juga dengan aneka macam resep roti dan kue yang banyak menggunakan mentega sebagai bahan dasarnya.

Sudah tahu mau memasak apa dari mentega dan margarin?

Mentega dan Margarin untuk Memasak

Jika sudah tahu mau membuat apa dengan mentega dan margarin, maka sekarang waktunya memilih kedua bahan tersebut. Tentunya Anda ingin bahan yang berkualitas agar hasil masakan Anda juga oke punya. Kira-kira mentega dan margarin apa yang cocok untuk acara memasak Anda?

Untuk mentega, Anda bisa menggunakan Mentega Serba Guna Blue Band 200 G. Dari namanya saja, kita tahu bahwa mentega ini punya banyak kegunaan. Anda bisa menggunakannya untuk memasak nasi goreng, roti, dan membuat kue. Hanya dengan 1 bahan ini, Anda bisa memakainya untuk banyak resep masakan.

Bagi yang butuh bahan olesan, Anda bisa mencoba Forvita Margarine 200 G. Margarin ini cocok sebagai bahan dasar untuk membuat kue, martabak, ataupun sebagai bahan olesan di roti. Untuk menggantikan minyak goreng biasa saat memasak juga bisa banget loh. Tidak menyangka ya ternyata margarin ini punya banyak kegunaan.

Itulah 9 perbedaan mentega dan margarin. Cukup banyak kan? Sekarang kita sudah tahu apa saja perbedaan dari keduanya. Jadi, Sweet Couple jangan sampai salah lagi dalam menyebut ataupun membedakannya. Walau serupa, tapi tidaklah sama.

Selamat bereksperimen dengan mentega dan margarin ya!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari hipwee.com