Inilah 5 Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku yang Wajib Kamu Tahu

Siapa sih yang tak tahu Teriyaki dan Yakiniku? Kedua hidangan asal Jepang ini sangat terkenal di Indonesia. Citarasanya cocok di lidah orang Indonesia. Namun tahukah Anda Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku? Kami yakin pasti masih banyak yang belum tahu dan sering tertukar antara keduanya.

Memang sih secara tampilan, sekilas terlihat serupa. Padahal jika ditelaah lebih dalam lagi, rupanya banyak perbedaan di antara keduanya. Kedua olahan resep daging ini berbeda sekali loh.

Jika suka makanan Jepang seperti ayam Teriyaki dan Chicken Yakiniku, maka alangkah baiknya untuk mengetahui perbedaan Teriyaki dan Yakiniku secara mendetail.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Apa saja sih? Yuk simak perbedaan teriyaki dan yakiniku berikut ini!

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku 1: Perbedaan Definisi

Perbedaan teriyaki dan yakiniku yang pertama yakni perbedaan definisi dari keduanya. Teriyaki berasal dari bahasa Jepang dan terdiri dari 2 kata yaitu teri berarti bersinar dan yaki berarti panggangan. Hal ini lebih merujuk ke teknik memasak tertentu dalam bahasa Jepang.

Baca Juga :  Resep Bacem Daging Sapi yang Empuk dan Enak

Berbeda dengan yakiniku. Yakiniku berasal dari kata yaki yang berarti dibakar dan niku yang berarti daging. Bisa dibilang termasuk sebagai cara mengolah daging dengan cara dibakar seperti barbecue.

Jadi Sweet Couple sudah tahu ya bahwa secara teknik memasak pun sudah berbeda ya.

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku 2: Bahan yang Digunakan

Perbedaan teriyaki dan yakiniku yang kedua yakni berdasarkan bahan daging yang digunakan. Teriyaki biasanya menggunakan daging ayam, sapi, babi, salmon, dan ikan. Sedangkan Yakiniku memiliki bahan iris-irisan daging sapi ataupun daging babi.

Sebenarnya tidak terlalu berbeda, tetapi lebih ke mayoritas daging yang digunakan dalam teknik memasak tersebut.

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku 3: Bahan Saus

Perbedaan teriyaki dan yakiniku yang berikutnya yaitu dari bahan saus yang digunakan. Saus teriyaki menggunakan kecap asin Jepang/Shoyu, gula, mirin. Mirin di sini mengandung alkohol dan beras ketan fermentasi.

Untuk saus yakiniku menggunakan shoyu, mirin, gula, sake, biji wijen, minyak wijen, dan bawang wijen.

Keduanya memang aslinya mengandung alkohol, tetapi Sweet Couple bisa menyesuaikannya sendiri sesuai kebutuhan agar tidak menggunakan alkohol di dalamnya.

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku 4: Cara Pengolahan

Rupanya cara pengolahan teriyaki dan yakiniku pun berbeda. Untuk memasak teriyaki, biasanya daging akan direndam dulu di dalam saus selama beberapa menit hingga meresap. Selanjutnya, dipanggang dan dioleskan saus lagi hingga mengkilap, lalu dipotong-potong baru disantap.

Baca Juga :  Resep Bola Daging Saus Tiram yang Paling Enak

Berbeda halnya dengan yakiniku. Dagingnya dipotong-potong dulu, dicelupkan ke dalam saus, lalu dipanggang. Ada juga yang dipanggang dulu, baru dicelupkan dalam saus.

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku 5: Citarasa

Dari segi citarasa, teriyaki dan yakiniku sudah sangat jelas berbeda. Teriyaki rasanya dominan manis dan ada asinnya sedikit. Untuk yakiniku, rasanya gurih dan manis serta punya aroma wijen.

Tak hanya itu, warna teriyaki lebih berkilau dibanding yakiniku yang terlihat pudar.

Itulah 5 perbedaan teriyaki dan yakiniku yang wajib diketahui oleh Anda yang suka memasak dan masak makanan Jepang. Jadi makin paham kan sekarang perbedaannya?

Biar makin jos, Anda bisa membuat resep Ayam Teriyaki untuk membuktikannya.

Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari idntimes.com