Resep Ayam Betutu Bali buat yang Kangen Bali

Siapa yang sudah kangen Bali? Pasti sudah banyak yang kangen dengan Bali, tapi mungkin masih belum bisa pergi ke Bali. Oleh karena itu Sweet Couple gak usah khawatir karena kalian bisa mengobati rindu kalian terhadap Bali dengan menyantap Ayam Betutu Bali. Ayam Betutu Bali ini merupakan salah satu hidangan khas Bali yang banyak disukai banyak orang karena selain porsinya yang besar, rasanya pedas, gurih, dan lezat pastinya. Kabar baiknya, kalian bisa membuat resep Ayam Betutu Bali di rumah tanpa harus ke Bali loh! Penasaran? Yuk simak ulasan resep Ayam Betutu Bali berikut ini!

Ayam Betutu Bali

Kalau Lombok ada Ayam Taliwang, maka Bali memiliki Ayam Betutu. Siapa yang suka dengan Ayam Betutu Bali? Makanan khas Bali yang satu ini begitu banyak digemari orang. Rasanya gurih dan pedas, serta bumbunya meresap hingga ke daging dan tulang. Bumbu rempahnya pun terasa sangat kuat seperti Ayam Woku. Selain itu, sensasi smokey juga bisa didapatkan karena biasanya Ayam Betutu ini dibakar atau dipanggang. Udah kebayang dong betapa nikmatnya Ayam Betutu ini?

Buat Sweet Couple yang rindu menikmati Ayam Betutu Bali, gak usah pusing atau ribet-ribet pergi ke Bali. Sweet Couple juga bisa membuat resep Ayam Betutu Bali di rumah sendiri loh! Kalian juga gak usah ke restoran lagi untuk menikmati Ayam Betutu Bali. Selain lebih sehat, juga lebih hemat, dan pastinya tidak kalah lezat.

Baca Juga :  Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Daripada berlama-lama, yuk langsung saja kita simak bersama-sama resep Ayam Betutu Bali berikut ini!

Bahan Resep Ayam Betutu Bali

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Betutu Bali. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Betutu Bali? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Ayam Betutu Bali:

Bahan Utama Resep Ayam Betutu Bali:

  • Ayam jantan 1 ekor
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Daun singkong 1 ikat
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus ayam

Bahan Bumbu Halus Resep Ayam Betutu Bali:

  • Bawang merah 15 siung
  • Bawang putih 8 siung
  • Cabe merah yang sudah dibuang bijinya 2 buah
  • Cabe rawit 8 buah
  • Kemiri 1 butir
  • Ketumbar 1 sdt
  • Lada putih 1/2 sdt
  • Lada hitam1/2 sdt
  • Jahe 4 cm
  • Lengkuas 3 cm
  • Kencur 3 cm
  • Kunyit 5 cm
  • Terasi 1 sdt
  • Daun jeruk 6 lembar
  • Daun salam 4 lembar
  • Batang serai yang sudah dimemarkan sebanyak 3 batang
  • Garam 2 sdt
  • Gula 1/2 sdt

Alat Resep Ayam Betutu Bali

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Ayam Betutu Bali. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Betutu Bali? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Betutu Bali:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Panci penggorengan
  • Ulekan/blender
  • Alat bakaran

Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Ayam Betutu Bali siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Ayam Betutu Bali. Inilah cara membuat resep Ayam Betutu Bali:

  1. Pertama, bersihkan dulu ayam untuk resep Ayam Betutu Bali dengan air mengalir.
  2. Kedua, lumuri ayam yang sudah dibersihkan dan dicuci dengan air perasan jeruk nipis. Lumurinya secara merata ke seluruh bagian ayam ya. Setelah itu, sisihkan ayam sejenak.
  3. Sekarang kita siapkan untuk daun singkongnya. Kita cuci daun singkong hingga bersih.
  4. Setelah itu, siapkan panci dan isi dengan air, lalu panaskan. Kemudian masukkan dan rebus daun singkong hingga empuk.
  5. Jika sudah empuk dan matang, maka angkat dan peras daun singkong dari airnya. Kemudian potong-potong daun singkong dan sisihkan.
  6. Kita siapkan bumbu halusnya untuk resep Ayam Betutu Bali. Bahan-bahan bumbu halus resep Ayam Betutu Bali ini kita haluskan bisa dengan ulekan atau dengan blender hingga tercampur merata.
  7. Kemudian, siapkan wajan dan letakkan di atas kompor. Lalu masukkan bumbu halus resep Ayam Betutu Bali tersebut dan tumis hingga wangi.
  8. Jika sudah, maka matikan kompor dan ambil sedikit bumbu halus lalu pindahkan ke wadah.
  9. Campurkan sedikit bumbu halus dengan daun singkong di wadah tersebut dan aduk hingga tercampur merata.
  10. Sekarang bumbui ayamnya dengan melumurkan bumbu halus di seluruh bagian ayam hingga ke dalam perut ayam.
  11. Selanjutnya, masukkan daun singkong yang sudah dibumbui ke dalam perut ayam sampai penuh dan tutup bagian tersebut menggunakan tusuk gigi atau tali.
  12. Kemudian, ambil beberapa lembar daun pisang dan letakkan ayam di atas daun pisang, kemudian bungkus dengan rapat.
  13. Siapkan dandang dan masukkan ayam yang sudah dibungkus daun pisang tadi ke dalam dandang. Kukus ayam selama 2 jam dengan api kecil.
  14. Jika sudah selesai dikukus, maka angkat dan jangan dibuka bungkusan daun pisangnya.
  15. Kemudian waktunya untuk membakar ayam betutu bali yang sudah dikukus. Siapkan alat bakaran atau wajan teflon. Kemudian panaskan.
  16. Bakar bungkusan ayam betutu bali di atas bara api atau teflon selama 20 menit. Jika sudah, maka angkat.
  17. Kemudian bukalah bungkusan daun pisang tersebut dan boleh tambahkan garam agar ayam terasa lebih asin.
  18. Akhirnya selesai sudah membuat resep Ayam Betutu Bali ini dan siap untuk disajikan.
Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Teflon Super Gampang

Wah ternyata begitu ya cara membuat resep Ayam Betutu Bali. Mungkin terlihat agak panjang dan lama, tetapi hasilnya tentu saja sebanding dengan yang dilakukan. Membuat resep Ayam Betutu Bali ini memang lama karena bumbunya harus meresap dengan sempurna agar lezat. Pastinya mau dong Ayam Betutu Bali yang sudah dibuat tetap terasa seenak seperti yang ada di restoran?

Nah daripada cuma baca aja, gimana kalau kita coba terapkan langsung resep Ayam Betutu Bali ini di rumah? Gak ada salahnya kok belajar karena siapa tahu Anda bisa mulai membuka bisnis dari resep Ayam Betutu Bali ini. Menarik bukan?

Yuk coba bikin resep Ayam Betutu Bali di rumah bersama orang-orang tercinta!

Baca Juga :  Resep Ayam Geprek Mozarella Jaman Now

Resep disadur dari resepkoki.id

Leave a Reply