Resep Ayam Bumbu Rujak Antimainstream

Pengen ayam, tapi juga pengen rujak. Gimana kalau pilih keduanya? Ya, dengan ayam bumbu rujak, kalian bisa mendapatkan sensasi kelezatan ayam dan pedasnya sambal bumbu rujak. Ayam Bumbu Rujak di sini tentu saja bukan ayam ditambah rujak yang biasa kita makan ya. Beda banget! Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasan lengkap resep Ayam Bumbu Rujak berikut ini!

Ayam Bumbu Rujak

Siapa sih yang ga suka makan ayam? Rasanya orang Indonesia semuanya suka makan ayam. Terbukti dari banyaknya varian menu resep ayam di Indonesia, mulai dari yang tradisional seperti Ayam Woku, yang umum seperti Ayam Bakar, dan yang kekinian seperti Ayam KFC. Rasanya gak afdol kalau dalam seminggu gak makan ayam ya.

Selain suka dengan ayam, orang Indonesia juga senang dengan hidangan pedas. Hal ini juga dibuktikan dengan beragamnya varian sambal yang ada di Indonesia. Tak hanya itu, kreasi menu resep makanan yang berbahan cabai dan bercitarasa pedas juga banyak seperti ayam Geprek dan rujak.

Nah, bagaimana jika ada yang memadukan ayam dengan rujak? Bisa banget loh, maka dari itu muncullah resep Ayam Bumbu Rujak. Eits, tapi yang namanya ayam bumbu rujak artinya ayamnya hanya menggunakan bumbu untuk sambal rujak ya, bukan dengan buah-buahan yang biasa dibuat untuk rujak. Dengan menggunakan cabai, asam jawa, dan gula merah, Ayam Bumbu Rujak ini menawarkan sensasi rasa yang berpadu kala disantap. Hmmmm… jadi pengen ya.

Baca Juga :  Resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih

Daripada penasaran, mending langsung kita sama-sama coba bikin resep Ayam Bumbu Rujak untuk di rumah yuk! Simak resep ayam Bumbu Rujak berikut ini!

Bahan Resep Ayam Bumbu Rujak

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Bumbu Rujak Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Bumbu Rujak? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Ayam Bumbu Rujak:

Bahan Utama Resep Ayam Bumbu Rujak

  • Ayam 1/2 ekor yang sudah dipotong dan dicuci bersih
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai yang sudah dimemarkan 1 batang
  • Air asam jawa 1 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Gula merah 1 sendok makan
  • Minyak goreng 3 sendok makan

Bahan Bumbu Halus Resep Ayam Bumbu Rujak

  • Cabe merah besar 3 buah
  • Cabe keriting 2 buah
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Jahe 1/2 ruas
  • Kemiri yang sudah disangrai 4 butir

Alat Resep Ayam Bumbu Rujak

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Ayam Bumbu Rujak. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Bumbu Rujak? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Bumbu Rujak:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Panci penggorengan
  • Ulekan
Baca Juga :  Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Cara Membuat Resep Ayam Bumbu Rujak

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Ayam Bumbu Rujak siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Ayam Bumbu Rujak. Inilah cara membuat resep Ayam Bumbu Rujak:

  1. Pertama, siapkan potongan ayam yang sudah dicuci dan dibersihkan untuk resep ayam bumbu rujak.
  2. Kedua, siapkan wadah dan masukkan potongan ayam tersebut ke dalam wadah. Masukkan juga air asam jawa dan garam secukupnya.
  3. Ketiga, aduk dan campur semuanya secara merata lalu tunggu hingga bumbu meresep ke dalam ayam.
  4. Setelah itu, siapkan bahan-bahan bumbu halus untuk resep Ayam Bumbu Rujak yakni cabe merah besar, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri.
  5. Kemudian, ulek bahan-bahan tersebut hingga halus dan tercampur merata dengan sampurna.
  6. Sekarang, siapkan wajan, letakkan di atas kompor dan tuangkan minyak goreng ke dalamnya. Lalu, nyalakan kompor dan panaskan.
  7. Jika sudah panas, maka tuangkan bumbu halus resep Ayam Bumbu Rujak ke dalam wajan dan tumis hingga harum.
  8. Selanjutnya, masukkan juga daun jeruk, daun salam, dan serai. Aduk semuanya hingga tercampur merata dengan bumbu.
  9. Sekarang kita masak ayam dengan memasukkan potongan ayam ke dalam wajan. Jangan lupa juga tuangkan santan dan aduk secara perlahan agar santan tidak pecah.
  10. Tambahkan pula gula pasir, gula merah, dan garam ke dalam wajan. Cicipi pula rasanya apakah sesuai selera atau belum. Jika sudah sesuai, maka teruslah memasak hingga ayam bumbu rujak matang.
  11. Jika sudah matang, maka matikan kompor dan angkat. Lalu sajikan.
  12. Akhirnya resep Ayam Bumbu Rujak sudah selesai dan siap untuk disantap.
Baca Juga :  Resep Ayam Pop Padang Superhits

Wah ternyata resep Ayam Bumbu Rujak ini bisa dibikin di rumah ya! Semua orang bisa membuatnya. Praktis pula! Cocok banget dicoba untuk Sweet Couple yang ingin resep simple untuk di rumah ataupun buat yang lagi mulai belajar memasak.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Ayam Bumbu Rujak? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Ayam Bumbu Rujak. Gak harus ribet karena kita bisa membuat resep Ayam Bumbu Rujak ini dengan mudah.

Jadi, daripada berlama-lama, maka langsung aja bikin resep Ayam Bumbu Rujak ya. Rasakan nikmatnya ayam berpadu dengan pedasnya bumbu rujak khas Indonesia!

Resep disadur dari resepkoki.id

Leave a Reply