Resep Ayam Geprek Sambal Matah Praktis di Rumah

Setuju banget pasti jika ada yang bilang bahwa Ayam Geprek adalah fast food jaman now ala Indonesia. Ayam krispy dengan sambal dan cabai pedas membuat banyak orang Indonesia jatuh cinta dengannya. Ayam Geprek di Indonesia pun muncul dengan beragam varian rasa seperti Geprek ala Bensu, Geprek Mozarella, dan yang juga ga kalah disukai adalah Ayam Geprek Sambal Matah. Ayam Geprek Sambal Matah tentunya menggunakan sambal matah ala Bali yang nyegerin itu. Duh ngebayangin aja rasanya gak afdol kan? Gimana kalau kita coba membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah di rumah sendiri. Penasaran? Yuk simak ulasannya!

Ayam Geprek Sambal Matah

Ayam Geprek Sambal Matah menjadi salah satu varian ayam geprek yang paling digemari selain Ayam Geprek Mozarella. Kita bisa dengan mudah menemukannya di mana-mana, mulai dari kelas kaki lima hingga kelas restoran. Ayam Geprek Sambal Matah sama dengan ayam geprek pada umumnya yang menggunakan ayam goreng geprek dengan kulit krispy. Bedanya, sambal yang digunakan adalah Sambal Matah khas Bali. Rasanya renyah, pedas, gurih, dan segar karena Sambal Matah yang digunakan. Tak heran jika Ayam Geprek Sambal Matah disukai orang karena sambalnya pedas dan segar.

Mau bikin Ayam Geprek Sambal Matah sendiri di rumah? Bisa banget loh! Gak usah jauh-jauh pergi ke warungnya. Pastinya resep Ayam Geprek Sambal Matah ini mudah dibuat dan gak ribet. Penasaran seperti apa? Yuk simak resep Ayam Geprek Sambal Matah berikut ini!

Baca Juga :  Resep Spicy Chicken Wings ala Restoran

Bahan-bahan Resep Ayam Geprek Sambal Matah

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah:

Bahan Ayam Goreng untuk Ayam Geprek Sambal Matah

  • 200 gram daging ayam, cuci bersih dan potong jadi 4 bagian
  • ½ sdt perasan air jeruk nipis
  • 700 ml air es
  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1½ sdt baking powder
  • 30 gram tepung meizena
  • Garam, secukupnya
  • Merica, secukupnya
  • Lada, secukupnya

Bahan Bumbu Sambal Matah Ayam Geprek

  • 1 siung bawang putih, geprek lalu iris
  • 10 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 sdt terasi
  • 3 batang serai, iris tipis
  • 5 lembar daun jeruk, iris
  • 6 buah cabe rawit, iris
  • 1 buah jeruk limau
  • Garam, secukupnya

Alat Resep Ayam Geprek Sambal Matah

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah di rumah. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah di rumah? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah di rumah:

  • Sendok
  • Pisau
  • Wajan
  • Wadah
  • Mangkuk
  • Ulekan

Cara Membuat Resep Ayam Geprek Sambal Matah

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah. Inilah cara untuk membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah di rumah:

  • Pertama-tama tentu saja kita menyiapkan ayam terlebih dahulu. Siapkan ayam yang sudah dicuci bersih dan letakkan di wadah.
  • Kedua, berikan air perasan jeruk nipis, garam dan lada secukupnya di daging ayam.
  • Ketiga, ayam yang sudah dibumbui tadi lalu dimasukkan ke dalam kulkas dan tunggu hingga 30 menit untuk marinasi ayam. Hal ini agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  • Kemudian, tuang tepung terigu, tepung maizena, baking powder, garam, merica dan lada dan campurkan semuanya di dalam satu wadah.
  • Setelah proses marinasi ayam dan bumbu selesai, masukkan ayam ke dalam campuran tepung sampai seluruh bagian daging ayam terlumuri oleh tepung. Lalu, celupkan ayam ke dalam air es. Ulangi proses pelumuran tepung dan celupkan lagi ke dalam air es hingga dirasa sesuai.
  • Saatnya menggoreng ayam! Siapkan wajan dan minyak goreng, lalu panaskan hingga benar-benar panas.
  • Selanjutnya, masukkan ayam ke dalam wajan dan goreng hingga matang (warna kecokelatan). Jika sudah matang, maka angkat ayam lalu tiriskan sejenak.
  • Sekarang waktunya untuk membuat Sambal Matah nih. Pertama, tuangkan 2 sdm minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan.
  • Kemudian, masukkan bawang putih, serai, dan Terasi ke dalam wajan lalu tumis hingga layu dan wangi.
  • Setelah itu, masukkan pula irisan bawang merah, cabe rawit, daun jeruk ke campuran terasi tadi dan aduk.
  • Lalu, tambahkan air perasan jeruk limau dan aduk semuanya hingga merata sempurna.
  • Jika sambal matah sudah siap, maka siapkan pula ayam goreng tadi dan tuang sambal matah di atasnya. Bisa juga letakkan sambal matah dulu, baru ayam goreng.
  • Lalu, geprek ayam dan sambal matah dengan ulekan. Ulek hingga tercampur sempurna.
  • Voila! Ayam Geprek Sambal Matah sudah siap disajikan. Makin enak jika menyantap ayam geprek sambal matah dengan nasi yang masih hangat.
Baca Juga :  Resep Ayam Pop Padang Superhits

Wah ternyata resep Ayam Geprek Sambal Matah juga bisa kita bikin di rumah ya! Bahan-bahan resep Ayam Geprek Sambal Matah ini juga mudah didapat di warung dan supermarket. Ayam Geprek Sambal Matah ini pastinya ga kalah lezat dengan Ayam Geprek Sambal Matah lainnya yang ada di warung dan restoran. Cocok banget untuk Sweet Couple yang suka makanan pedas dan ingin merasakan sensasi kesegaran dari Sambal Matah. Pokoknya dijamin pas banget buat bikin resep Ayam Geprek Sambal Matah di rumah.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Ayam Geprek Sambal Matah yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Ayam Geprek Sambal Matah. Selamat mencoba resep Ayam Geprek Sambal Matah di rumah masing-masing ya Sweet Couple!

Baca Juga :  Resep Indomie Ayam Geprek Super Pedas

Resep disadur dari tastynesia.com

Leave a Reply