Resep Ayam Kremes ala Restoran Super Lezat

Kalian suka dengan ayam goreng? Pasti pada suka dong ya makan ayam goreng. Hidangan ayam goreng emang paling simpel dan mudah dijumpai di berbagai tempat di Indonesia. Apalagi Indonesia juga dikenal sebagai surganya ayam goreng, mulai dari ayam goreng ala Kentucky, ayam goreng geprek, hingga ayam goreng Kremes. Ayam Goreng yang gak kalah dengan ayam goreng kekinian tentunya Ayam Goreng Kremes alias Ayam Kremes. Ayam goreng yang garing ditambah dengan kremesan renyah membuatnya begitu sempurna untuk disantap. Jadi pengen kan? Daripada berlama-lama, yuk simak ulasan lengkap Resep Ayam Kremes ala Restoran Super Lezat berikut ini!

Ayam Kremes ala Restoran

Siapa di sini yang doyan dengan Ayam Kremes? Rasanya sebagai orang Indonesia pasti akrab dan suka dengan yang namanya Ayam Kremes. Ayam Goreng berbumbu dan berdaging lembut berpadu dengan renyahnya taburan kremes membuat hidangan ini begitu nikmat disantap kapanpun. Apalagi kalau ditambah dengan lalapan timun, selada, dan sambal serta nasi hangat. Hmmmm… mantep banget!

Nah, kalau cara membuat resep ayam goreng pasti Sweet Couple sudah pada paham. Namun, bagaimana kalau cara membuat resep kremes dari Ayam Goreng Kremes? Tentu belum banyak yang tahu kan? Ternyata kremesan untuk Ayam Goreng Kremes itu dibuat dari adonan tepung bumbu dan bumbu sisa ungkepan ayam. Wah menarik sekali ya!

Daripada beli Ayam Kremes di restoran, gimana kalau kita coba membuat resep Ayam Kremes ala Restoran di rumah sendiri? Selain lebih sehat, juga lebih hemat pastinya. Caranya pun tidak terlalu rumit. Penasaran dengan resep Ayam Kremes ala Restoran? Yuk simak resep Ayam Kremes ala Restoran berikut ini!

Baca Juga :  Resep Ayam KFC Super Crispy yang Mantap

Bahan Resep Ayam Kremes ala Restoran

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat:

Bahan Utama Resep Ayam Kremes ala Restoran

  • Ayam yang sudah dipotong-potong sebanyak 1 kg
  • Daun salam 6 lembar
  • Lengkuas yang sudah dimemarkan 4 cm
  • Garam 1 sendok makan
  • Air 800 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus Resep Ayam Kremes ala Restoran

  • Bawang putih 8 siung
  • Kunyit 4 cm
  • Ketumbar 1,5 sendok teh

Bahan Kremesan untuk Resep Ayam Kremes ala Restoran

  • Air sisa ungkepan ayam 265 ml
  • Tepung tapioka 100 gram
  • Tepung beras 3 sendok makan
  • Baking powder 1,5 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

Alat Resep Ayam Kremes ala Restoran

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Panci penggorengan
  • Ulekan
Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Teflon Super Gampang

Cara Membuat Resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat. Inilah cara membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat:

  1. Pertama-tama, mari kita siapkan bahan-bahan bumbu halus resep Ayam Kremes ala Restoran. Haluskan bahan-bahan bumbu halus dengan cara diulek hingga halus dan tercampur merata. Lalu sisihkan.
  2. Kedua, siapkan panci dan letakkan di atas kompor, lalu nyalakan api kompor.
  3. Sekarang, kita masukkan potongan ayam yang sudah dibersihkan, bersama dengan bumbu halus, daun salam, lengkuas, garam, dan air.
  4. Aduk semuanya hingga merata dan masak hingga daging ayam empuk, bumbunya meresap. Tunggu juga hingga air menyusut.
  5. Jika sudah, maka matikan api dan angkat ayam. Sisihkan dulu ayamnya. Jangan buang sisa air ungkepan ayamnya karena akan kita gunakan untuk membuat kremesan.
  6. Kita buat kremesan untuk resep Ayam Kremes ala Restoran terlebih dahulu. Saring air sisa ungkepan ayam sebanyak kurang lebih 265 ml.
  7. Campurkan air sisa ungkepan ayam dengan tepung tapioka, tepung beras, dan baking powder di dalam wadah. Aduk sampai merata dan benar-benar halus ya.
  8. Siapkan wajan dan isi dengan minyak goreng, lalu letakkan di atas kompor, panaskan.
  9. Goreng kremesan untuk ayam dengan cara digenggam dan dikucurkan adonannya setinggi kurang lebih 20 cm dari atas wajan. Kucurkan dengan gerakan memutar ya. Ulangi sampai adonan kremesan habis.
  10. Goreng kremesan tanpa diaduk dan tunggu hingga berubah jadi kecoklatan. Jika sudah, maka angkat dan tiriskan.
  11. Sekarang waktunya menggoreng ayam. Siapkan wajan, letakkan di atas kompor dan tuangkan minyak goreng agak banyak, lalu panaskan.
  12. Masukkan ayam dan goreng dengan api sedang hingga kecoklatan. Jika sudah, maka angkat dan tiriskan.
  13. Akhirnya selesai sudah membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat. Biar lebih lengkap, sajikan bersama nasi hangat, timun, dan sambal pedas.
Baca Juga :  Resep Ayam Suwir Pedas untuk Kamu yang Malas Ribet

Gimana? Gak susah kan langkah-langkah membuat resep Ayam Kremes ala Restoran? Sweet Couple bisa membeli bahannya sendiri dan mencobanya sendiri di rumah masing-masing. Jadi gak usah pergi ke restoran kalau lagi ngidam makan Ayam Kremes. Lebih hemat juga kan?

Tertarik untuk mencoba resep Ayam Kremes ala Restoran? Mending langsung saja siapkan bahannya dan coba sendiri! Dijamin gak bakal kalah kok dengan Ayam Kremes yang biasa dijual di restoran atau rumah makan. Kali aja habis ini Sweet Couple bisa merintis usaha jualan Ayam Kremes di rumah.

Yuk bikin resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat ini di rumah bersama orang-orang tercinta Anda!

Resep disadur dari resepkoki.id

Leave a Reply