Resep Ayam Penyet Superpedas nan Nikmat

Suka makanan pedas? Pas banget nih! Sebagai warga yang tinggal di Indonesia, ada banyak makanan pedas yang bisa kita nikmati seperti Ayam Geprek, Ayam Woku, Seblak, dan yang gak boleh ketinggalan adalah Ayam Penyet. Ayam Penyet banyak disukai orang-orang karena citarasanya yang superpedas tetapi mampu membawa kenikmatan tiada tara. Nah, Sweet Couple juga bisa loh membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat ini di rumah. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkap resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat berikut ini!

Ayam Penyet Superpedas

Siapa yang suka ayam penyet? Buat Sweet Couple pecinta masakan pedas, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan hidangan Ayam Penyet. Kata penyet berasal dari bahasa Jawa dan memiliki arti ditumbuk. Citarasa ayam penyet yang superpedas membuat siapapun yang menyantapnya akan berkeringat dan dibuat gila dengan sensasi pedasnya. Apalagi buat mereka yang suka pedas. Ayam Penyet menjadi semacam hidangan favorit dan wajib untuk disantap.

Lalu apa bedanya Ayam Penyet dengan Ayam Geprek? Ayam Geprek biasanya digoreng menyerupai fried chicken kekinian dan memiliki beragam jenis seperti sambal matah, mozarella, dan sambal bawang. Selain itu, Ayam Geprek kebanyakan modelnya fillet dan jarang yang bertulang.

Kalau Ayam Penyet, biasanya digoreng seperti ayam goreng Indonesia pada umumnya dan menggunakan sambal yang sudah ditumbuk hingga hancur dan tercampur seluruhnya di bagian ayam, lalu ayamnya juga ditumbuk sampai beberapa bagiannya terlepas. Sambal yang digunakan biasanya sambal terasi dengan rasa yang sangat pedas.

Baca Juga :  Resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih

Nah, kalau Sweet Couple sedang ngidam buat makan Ayam Penyet Superpedas, gimana kalau kita coba bikin resep Ayam Penyet Superpedas? Gak susah kok karena bisa dicoba sendiri, bahannya mudah didapat, dan rasanya gak akan kelah dengan Ayam Penyet yang dijual di rumah makan. Daripada nunggu lama, yuk simak resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat berikut ini!

Bahan Resep Ayam Penyet Superpedas

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat:

  • paha ayam 4 potong
  • tomat besar 1 buah (dicincang)
  • batang daun serai 3 batang (ditumbuk)
  • cabai merah 10 buah
  • bawang merah 2 buah
  • bawang putih 7 siung (dihaluskan)
  • lengkuas (diiris)
  • jahe 40 gram
  • kunyit segar 15 gram
  • terasi 1/2 sendok makan
  • bubuk ketumbar 1 sendok makan
  • bubuk jintan 1/2 sendok teh
  • gula putih 2 1/2 sendok makan
  • garam 2 1/2 sendok makan
  • 1 liter air
  • 1/4 gelas air
  • Minyak goreng

Alat Resep Ayam Penyet Superpedas

Siapkan pula alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Panci penggorengan
  • Ulekan
Baca Juga :  Resep Ayam Suwir Pedas untuk Kamu yang Malas Ribet

Cara Membuat Resep Ayam Penyet Superpedas nan Nikmat

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan Nikmat. Inilah cara membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan Nikmat:

  1. Pertama, siapkan panci dan isi dengan seliter air. Lalu letakkan panci di atas kompor, nyalakan kompor, dan panaskan air dengan api sedang.
  2. Kedua, masukkan bahan-bahan bumbu untuk resep Ayam Penyet yakni tumbukan batang serai, irisan lengkuas, kunyit, bubuk ketumbar, jintan, gula putih, garam, dan bawang putih halus ke dalam panci.
  3. Ketiga, masukkan pula paha ayam ke dalam panci yang sudah berisi bumbu-bumbu tersebut dan tunggu selama 25 menit hingga mendidih dan matang. Jika sudah, maka sisihkan.
  4. Sekarang kita buat sambal penyet untuk Ayam Penyet terlebih dulu. Masukkan cabai merah, bawang merah, terasi, gula putih, dan garam ke dalam blender, lalu haluskan. Jika tidak ada blender, bisa dihaluskan dengan cara diulek.
  5. Jika sudah selesai dihaluskan, maka siapkan wajan dan letakkan di atas kompor, lalu nyalakan kompor.
  6. Kemudian, masukkan bumbu sambal tersebut ke dalam wajan dan tumis selama 5 menit hingga harum. Jangan lupa tambahkan tomat. Jika sudah harum dan matang, matikan kompor lalu angkat dan sisihkan.
  7. Daging ayam yang sudah matang tadi diambil dan dimasukkan ke dalam wadah besar, lalu tambahkan bubuk kunyit dan garam. Campurkan semuanya dan baluri ayam dengan bumbu kunyit.
  8. Sekarang waktunya menggoreng ayam. Siapkan wajan dan isi dengan minyak goreng. Letakkan di atas kompor, nyalakan kompor, dan panaskan minyak.
  9. Jika sudah panas, maka masukkan ayam ke dalam wajan dan goreng hingga cokelat keemasan dan garing.
  10. Setelah matang, angkat dan tiriskan ayam goreng lalu letakkan di atas piring/cobek/talenan
  11. Kemudian penyet ayam sampai beberapa bagian dagingnya terlepas. Jangan lupa dipotong-potong, tetapi sedikit saja.
  12. Selanjutnya, sajikan ayam di atas piring dan baluri ayam dengan sambal penyet tadi. Baluri secara merata ya. (Bisa juga dibaluri di atas ayamnya saat sedang dipenyet)
  13. Selesai sudah resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat ini. Mudah bukan?
Baca Juga :  Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Setelah membaca ulasan di atas, ternyata membuat resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat itu mudah ya? Tidak susah, bahannya gampang, dan siapapun pasti bisa membuatnya. Jadi gak perlu ke rumah makan kalau sedang ngidam Ayam Penyet Superpedas. Bikin sendiri aja dan jauh lebih hemat, sehat, dan tetap lezat pastinya.

Daripada cuma ngayal, mendingan langsung aja deh bikin resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat ini di rumah. Siapa tahu Sweet Couple bisa mulai merintis bisnis dan usaha kuliner dari resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat ini.

Selamat berkreasi mencoba resep Ayam Penyet Superpedas nan nikmat ini di rumah ya!

Resep disadur dari asianfoodnetwork.com

Leave a Reply