Resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih

Lagi ngidam makan ayam di rumah? Gak usah pusing karena Sweet Couple bisa membuat ragam hidangan ayam mulai dari ayam woku, ayam bumbu rujak, ayam kremes, hingga Ayam Serundeng Kelapa. Selagi di Indonesia, kalian gak akan pernah kehabisan ragam resep ayam. Nah, daripada bingung mau yang mana mendingan kita langsung simak aja ulasan mengenai resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih berikut ini. Bisa dicoba dibikin di rumah loh! Yuk disimak bersama-sama!

Ayam Serundeng Kelapa Gurih

Selain Ayam Kremes, Ayam Serundeng Kelapa Gurih juga ga kalah lezat loh! Ayam Goreng berbumbu dan berdaging lembut dengan taburan serundeng yang terbuat dari kelapa ini dijamin bakal bikin siapapun mau menyantapnya lagi, lagi, dan lagi. Gak percaya? Silakan coba aja sendiri!

Ayam Serundeng Kelapa Gurih ini paling cocok disantap bersama lalapan timun, sambal pedas, dan nasi hangat. Apalagi saat siang-siang sambil minum Es Kelapa Muda. Duh udah kebayang banget kan gimana mantapnya dan segarnya?

Nah daripada cuma halu, mendingan kita sama-sama coba bikin resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih. Caranya gak susah kok. Soal rasa pun juga tetap enak seperti kalau kita beli di restoran. Penasaran? Mari kita simak resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih berikut ini!

Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Teflon Super Gampang

Bahan Resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih:

Bahan Utama Resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih

  • 500 gram daging ayam, potong-potong
  • 150 gram kelapa parut
  • 3 lembar daun salam yang sudah disobek-sobek
  • 1 batang serai, digeprek
  • air secukupnya
  • garam dan gula secukupnya
  • minyak goreng

Bahan Bumbu Halus Resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar butiran
  • 1 sdt merica butiran
  • 2 cm jahe
  • 1/2 ruas jari lengkuas
  • 1/2 ruas jari kunyit

Alat Resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Panci penggorengan
  • Ulekan

Cara Membuat Resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat. Inilah cara membuat resep Ayam Kremes ala Restoran superlezat:

  1. Pertama, siapkan dulu bahan-bahan bumbu halus resep Ayam Serundeng Kelapa. Haluskan bahan-bahan bumbu halus dengan cara diulek hingga halus dan tercampur merata. Lalu sisihkan.
  2. Kedua, siapkan panci dan letakkan di atas kompor lalu panaskan. Isi dengan bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk.
  3. Ketiga, tumis bahan-bahan tersebut hingga wangi, tercampur, dan matang.
  4. Kemudian, masukkan potongan ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam panci dan aduk sejenak bersama bumbu tumis.
  5. Tambahkan air secukupnya hingga ayam terendam dan ungkep ayam hingga air menyusut.
  6. Jika air menyusut, tambahkan gula dan garam pada ayam yang sedang diungkep.
  7. Setelah selesai mengungkep ayam, angkat ayam dan sisihkan. Jangan buang air sisa ungkepan ayam ya karena akan digunakan untuk membuat serundeng kelapa.
  8. Kita goreng dulu ya ayamnya di wajan dengan menggunakan minyak panas dan api sedang. Goreng hingga warna ayam berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah, angkat dan tiriskan lalu sisihkan sejenak.
  9. Sekarang kita buat serundeng kelapa untuk resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih. Caranya yakni masukkan parutan kelapa ke dalam wadah berisi sisa air ungkepan ayam dan aduk secara merata.
  10. Jika sudah, maka siapkan wajan dan sedikit minyak lalu panaskan untuk mulai menggoreng.
  11. Masukkan campuran bahan serundeng tersebut ke dalam wajan dan goreng dengan api kecil.
  12. Jika sudah matang dan berwarna kecokelatan, maka angkat dan tiriskan. Lalu matikan kompor.
  13. Sajikanlah Ayam Serundeng Kelapa Gurih dengan nasi hangat, lalapan timun, dan sambal di atas piring. Mudah bukan?
Baca Juga :  Resep Ayam Bumbu Rujak Antimainstream

Ternyata gampang banget ya membuat resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih? Langkah-langkahnya gak beda jauh dengan resep Ayam Kremes, bedanya Ayam Serundeng Kelapa Gurih tentunya menggunakan bahan parutan kelapa sebagai salah satu bahannya. Mantep banget kan?

Siapa bilang memasak Ayam Serundeng Kelapa Gurih itu susah? Buktinya, kalian bisa mencoba memasak resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih di rumah masing-masing tanpa harus jajan di restoran. Lebih hemat, lebih sehat, dan gak kalah lezat dengan resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih yang dijual di rumah makan.

Tertarik untuk mencoba resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih di rumah? Langsung saja cus beli dan siapkan bahannya, lalu praktikan sendiri deh resepnya di rumah. Happy Cooking Sweet Couple!

Baca Juga :  Resep Ayam KFC Super Crispy yang Mantap

Resep disadur dari Fimela.com

Leave a Reply