Resep Ayam Suwir Pedas yang Pedasnya Super Maknyus

Bosan masak ayam yang gitu-gitu aja? Atau malas makan ayam yang masih harus ribet memisahkan antara daging dan tulang? Gak usah pusing karena Sweet Couple bisa mencoba bereksperimen dengan Resep Ayam suwir pedas.

Resep ayam suwir sangat mudah. Bahan-bahannya mudah didapat. Pokoknya cocok banget untuk kalian yang malas ribet. Daripada menunggu terlalu lama, lebih baik langsung simak saja ulasan lengkap langkah-langkah memasak olahan ayam yang satu ini!

Ayam Suwir Pedas

Pengen makan ayam anti ribet dan memiliki citarasa pedas? Gak usah ribet-ribet mikirin Ayam Penyet atau Ayam Taliwang. Cukup kita pikirkan untuk membuat resep ayam suwir pedas. Mengapa demikian? Karena resep ini gak ribet, rasanya pedas, dan cocok buat kita-kita yang malas menyantap ayam sambil memisahkan daging dan tulangnya.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Namanya saja ayam suwir pedas, tentu saja resep ini berupa daging ayam yang sudah dipotong dan disuwir kecil-kecil. Keunikan resep ini terletak pada bumbunya yang beragam seperti cabai, asam jawa, dan terasi. Rasanya aneh bukan jika ayam suwir pedas, tetapi malah tidak menggunakan cabai? Yang pasti pedasnya gak kalah nikmat dengan Ayam Geprek!

Resep Ayam Suwir Pedas

Resep ayam suwir ini gampang banget untuk dipraktikan loh! Sayang banget jika Sweet Couple tidak mencoba membuatnya rumah. Lumayan loh buat kalian yang bosan dengan sajian ayam yang gitu-gitu aja. Sudah gak sabar kan membuat makanan spesial ini?

Bahan-Bahan Resep Ayam Suwir

Bahan Utama

  • 1 sdt garam
  • 2 cm lengkuas
  • 900 gram ayam
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 batang serai
  • 4 buah cabai merah besar
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula merah sisir
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun salam
  • Minyak goreng
Baca Juga :  Resep Semur Ayam Bumbu Kari

Bumbu Halus

  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 buah tomat
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1/2 sdt terasi goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah

Alat Masak Membuat Ayam Suwir Pedas

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan (Anda bisa menggunakan Wajan Enamel anti-gores dan anti-lengket sehingga ayam suwir tidak mudah gosong). Cek promo besar untuk produk Wajan Enamel di sini
  • Ulekan

Cara Membuat Ayam Suwir Pedas

  1. Pertama, siapkan bersihkan dan cuci ayam dengan air bersih mengalir terlebih dahulu. Lalu sisihkan.
  2. Kedua, geprek/memarkan serai dan lengkuas. Sisihkan. Lalu, ambil cabai dan buang bijinya, iris-iris secara halus. Kemudian sisihkan.
  3. Ketiga, haluskan seluruh bahan bumbu halus dengan menggunakan ulekan atau diblender. Lalu sisihkan.
  4. Ambil ayam yang sudah dicuci bersih tadi dan lumuri dengan air asam jawa dan garam, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit agar meresap.
  5. Jika sudah selesai, maka siapkan panci dan isi dengan air. Letakkan di atas kompor, nyalakan api, dan panaskan sampai agak mendidih.
  6. Kemudian, masukkan daging ayam ke dalam panci dan rebus dengan api kecil hingga matang. Setelah selesai, angkat dan matikan api.
  7. Sekarang kita suwir-suwir daging ayam yang sudah direbus tadi. Jika sudah, maka sisihkan sejenak.
  8. Sekarang kita masak suwiran daging ayam tersebut. Siapkan wajan Enamel yang tidak membuat masakan lengket, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, dan nyalakan api. Panaskan.
  9. Selanjutnya, masukkan lengkuas, daun salam, serai, dan bumbu halus. Tumis hingga tercampur dan harum. Jangan lupa tambahkan potongan cabai merah ya.
  10. Kita masukkan suwiran ayam ke dalam wajan dan tumis, lalu aduk merata.
  11. Tambahkan pula bumbu dapur yakni garam, lada, kecap manis, gula merah lalu aduk semuanya hingga tercampur merata. Jangan lupa cicipi rasanya ya apakah sudah sesuai selera atau belum.
  12. Tambahkan juga sedikit air dan teruslah menumis/memasak hingga terlihat meresap serta matang.
  13. Jika sudah matang dan meresap, maka matikan api dan tuangkan di piring saji.
  14. Akhirnya selesai sudah membuat ayam suwir pedas. Mudah kan?
Baca Juga :  Resep Kari Ayam Paling Spesial

Tips Memasak Ayam Suwir yang Enak

  1. Jangan hanya menggunakan ayam bagian dada saja. Banyak orang hanya menggunakan daging bagian dada untuk membuat hidangan ini. Alasannya bagian dada lebih cantik dan lebih mudah kalau disuwir. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar. Bagian dada ayam punya daging yang cenderung keras dan terasa sepah, hasilnya pun pasti kurang enak. Sebaiknya kita juga menggunakan daging paha, boleh dikombinasikan dengan daging dadanya.
  2. Rebus ayam dalam air mendidih sebelum disuwir, ayam harus kita rebus dulu sampai matang. Berikut trik merebusnya. Ayam harus direbus dalam air yang sudah mendidih. Dengan begitu, pori-pori ayam akan tertutup sehingga juicenya tidak keluar. Ini membuat rasa ayam akan tetap juicy dan tidak sepah. Kalau ayam direbus bersamaan dengan air dingin, pori-pori ayam akan terbuka sehingga juice keluar ke air rebusan. Cara kedua ini paling cocok digunakan untuk membuat soto atau sup yang juga kita makan kuah kaldunya.
  3. Bumbu halus sangat penting. Bumbu halus terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, lengkuas dan jahe. Ada juga rumah makan yang menambahkan terasi sehingga aromanya jadi lebih sedap. Untuk cabai, kita bisa menggunakan cabai rawit keriting dalam jumlah banyak sehingga warna ayam jadi lebih cantik. Kalau ingin pedas, kombinasikan dengan cabai rawit, menurut selera. Ketika memasak, jangan lupa tambahkan daun jeruk, daun salam dan serai. Daun jeruk boleh dalam jumlah banyak karena aromanya bikin ayam suwir jadi super enak.
  4. Masakan Jawa, cirinya selalu menambahkan sedikit gula merah ke dalam ayam suwir. Gula merah inilah yang memberikan rasa manis di antara rasa pedas dan gurih dari ayam suwir.
  5. Penambahkan santan pada ayam suwir tergantung pada selera. Banyak rumah makan menambahkan santan, tetapi ada juga yang tidak menggunakan santan. Santan sebenarnya bisa membuat rasa ayam suwir jadi makin gurih. Boleh ditambahkan jika dirasa perlu. Rasa ayam suwir yang ditambahkan santan mirip dengan ayam suwir yang sering disajikan dalam jamuan pesta keluarga Jawa.
Baca Juga :  Resep Pelecing Ayam Khas Lombok yang Pedas dan Bikin Nagih!

Benar kan kalau ternyata resep ayam suwir itu mudah untuk dibuat sendiri di rumah? Bahannya gampang dicari, cara membuat ayam suwir juga gak ribet, kemudian urusan untuk menyantapnya apalagi. Gampang banget! Benar-benar resep yang cocok untuk Sweet Couple yang malas untuk ribet.

Resep ini boleh banget untuk dicoba di rumah. Bisa untuk bekal ke kantor, hidangan bersama keluarga di rumah, atau sebagai aktivitas mengisi waktu selama work from home. Daripada bengong, mending coba resep ayam suwir.

Jadi, kapan nih mau mulai mencoba membuat resep ayam suwir? Semoga bisa segera dicoba ya. Selamat mencoba resepnya di rumah ya Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari selerasa.com