Resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa

Kangen sama Lombok tapi belum bisa jalan-jalan ke Lombok? Gak usah bingung karena Sweet Couple bisa mengobati rasa kangen Lombok dengan makan Ayam Taliwang Lombok. Hidangan khas Lombok yang satu ini memang paling identik dengan Lombok, seperti Ayam Woku yang identik dengan Manado ataupun Ayam Pop yang identik dengan Padang. Ayam Taliwang ini juga bisa dibuat sendiri di rumah jadi gak usah ke restoran segala. Kira-kira seperti apa ya? Yuk simak ulasan Resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa berikut ini!

Ayam Taliwang Lombok Istimewa

Apa sih yang membuat Lombok istimewa selain pantainya? Tentu saja tak lain dan tak bukan adalah Ayam Taliwang Lombok. Ayam Taliwang menjadi semacam hidangan wajib bagi siapapun yang tengah berkunjung ke Lombok. Nama Taliwang diambil dari nama salah satu tempat di Lombok. Walau demikian ada juga yang menyebut bahwa Ayam Taliwang berasal dari Taliwang yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Pulau Sumbawa.

Apa yang membuat Ayam Taliwang Lombok ini istimewa? Citarasanya lah yang membuat Ayam Taliwang Lombok ini istimewa. Ayam Taliwang Lombok ini terkenal pedas, mungkin lebih pedas daripada Ayam Geprek dan Ayam Penyet. Bumbu cabai tampak membalur di bagian luar ayam ini. Selain itu, ayam Taliwang Lombok tidak digoreng, melainkan dibakar atau dipanggang. Agar lebih lengkap, maka Ayam Taliwang Lombok biasanya disajikan dengan sayuran Plecing Kangkung. Wah, membayangkannya saja langsung lapar ya.

Baca Juga :  Resep Indomie Ayam Geprek Super Pedas

Nah, karena Sweet Couple mungkin masih belum bisa atau belum berani ke Lombok untuk mencicipi Ayam Taliwang Lombok, maka kami sarankan agar kalian mencoba membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa. Kalian bisa membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa ini di rumah loh! Daripada menunggu kelamaan, lebih baik langsung simak saja resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa ini ya.

Bahan Resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa:

Bahan Utama Resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa

  • Ayam Kampung (750 gram-1 ekor)
  • Jeruk nipis 1 biji
  • Air 1,5 liter
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula 1 sendok teh

Bahan Bumbu Halus Resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa

  • Cabai merah keriting 8 buah
  • Cabai rawit merah 7 buah
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Kencur 5 cm
  • Tomat 1 buah
  • Terasi 1 sendok teh

Alat Resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Panci penggorengan
  • Ulekan/blender
Baca Juga :  Resep Ayam Woku Manado Pedas

Cara Membuat Resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa. Inilah cara membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa:

  1. Pertama, potong-potong ayam yang akan digunakan untuk resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa menjadi 4 bagian.
  2. Kedua, basuhi/baluri potongan ayam tersebut dengan garam dan air dari jeruk nipis.
  3. Ketiga, diamkan ayam yang sudah dibasuhi tersebut selama kurang lebih 15 menit lamanya agar garam dan air meresap. Lalu, sisihkan sejenak.
  4. Sekarang kita haluskan bahan-bahan bumbu halus resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa dengan ulekan. (Bisa juga menggunakan blender jika ada).
  5. Setelah dihaluskan, siapkan wajan dan letakkan di atas kompor. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya dan nyalakan kompor.
  6. Kemudian, masukkan bumbu halus resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa tadi ke dalam wajan dan tumis hingga mengeluarkan aroma harum.
  7. Kita masukkan ayam yang sudah dipotong dan dimarinasi tadi ke dalam wajan. Jangan lupa tambahkan air dan bumbui dengan garam serta gula.
  8. Kecilkan api dan biarkan air menyusut serta ayam terlihat empuk. Jangan lupa cicipi rasanya apakah sudah sesuai atau belum.
  9. Jika sudah matang dan sesuai, maka matikan kompor, angkat, dan tiriskan ayam.
  10. Sekarang kita bakar Ayam tersebut. Bisa dibakar di tempat bakaran atau di teflon.
  11. Bakar ayam sambil dioleskan dengan bumbu dan cabai agar semakin terasa meresap.
  12. Jika sudah selesai, maka Ayam Taliwang Lombok Istimewa siap untuk disajikan dan disantap bersama keluarga.
Baca Juga :  Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Tuh kan, ternyata resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa ini bisa dicoba juga di rumah. Cara membuat resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa ini pun tidak sulit. Selain itu, bahan-bahan resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa ini juga mudah didapatkan. Kurang apa lagi coba?

Jadi, gak usah bingung kalau mau makan Ayam Taliwang Lombok. Kalian tidak usah ribet-ribet ke Lombok karena resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa ini bisa dicoba di rumah sendiri bersama dengan orang-orang tercinta. Jadi lebih menyenangkan, hemat, dan tetap selezat aslinya.

Yuk berkreasi dengan resep Ayam Taliwang Lombok Istimewa ini di rumah sendiri!

Resep disadur dari resepkoki.id

Leave a Reply