Resep Bajigur Tradisional untuk Musim Hujan

Semua pasti setuju kalau musim hujan seperti ini paling enak minum minuman yang hangat. Kalau kemarin kita sudah membahas tentang bandrek, maka kali ini kita akan bahas tentang Bajigur, masih satu saudara dengan bandrek.

Buat Sweet Couple terutama yang tinggal di daerah Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman bajigur. Ya, Bajigur merupakan salah satu minuman hangat tradisional asli dari tanah Sunda. Minuman hangat banyak ditemukan di sini karena wilayah Jawa Barat yang didominasi oleh dataran tinggi dan butuh minuman yang bisa untuk menghangatkan tubuh.

Lalu apa sih bedanya Bandrek dengan Bajigur? Sebenarnya, dari sisi kandungan bahan keduanya sama-sama menggunakan jahe. Namun, yang membedakan adalah resep Bajigur menggunakan santan kelapa dalam bahan-bahannya. Selain itu, bajigur juga kadang ditambahkan bubuk kopi di dalamnya.

Pastinya, kedua minuman ini, baik bandrek maupun bajigur memiliki aroma dan citarasa rempah-rempah khas Nusantara yang kuat. Selain itu, minuman ini juga berkhasiat untuk kesehatan dan bisa juga untuk menghangatkan tubuh. Cocok banget kalau bikin resep Bajigur tradisional saat musim hujan seperti sekarang ini.

Nah, daripada terlalu lama membahas tentang seluk beluk bajigur, mendingan kita langsung saja simak resep Bajigur tradisional untuk musim hujan berikut ini!

Bahan Resep Bajigur Tradisional

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Bajigur tradisional untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Bajigur tradisional untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Bajigur tradisional untuk musim hujan:

  • santan 1.500 ml
  • kopi bubuk 1/2 sendok makan
  • gula merah 150 gram
  • gula pasir 100 gram
  • jahe 200 gram
  • daun pandan 3 lembar
  • kayu manis 2 cm
  • garam 1/2 sendok teh

Alat Resep Bajigur Tradisional untuk Musim Hujan

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Bajigur Tradisional untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Bajigur Tradisional untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Bajigur Tradisional untuk Musim Hujan:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Gelas
  • Saringan

Cara Membuat Resep Bajigur Tradisional untuk Musim Hujan

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Bajigur Tradisional untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Bajigur Tradisional untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Bajigur Tradisional untuk Musim Hujan:

  1. Pertama, siapkan gula merah dan irislah tipis-tipis menjadi potongan yang kecil untuk resep Bajigur Tradisional.
  2. Kedua, siapkan jahe lalu nyalakan kompor. Kemudian, memarkan dengan menggunakan pisau di atas talenan.
  3. Ketiga, sobek-sobeklah daun pandan dan kemudian ikat dengan bentuk simpul.
  4. Sekarang waktunya untuk merebus air. Siapkan panci, tuangkan air ke dalamnya, letakkan di atas kompor, nyalakan api, dan panaskan hingga mendidih.
  5. Kemudian, masukkan jahe yang sudah digeprek tadi beserta daun pandan yang sudah diikat tadi ke dalam panci berisi air mendidih.
  6. Selanjutnya, tuangkan bubuk kopi ke dalam panci.
  7. Panaskan sejenak, lalu masukkan gula pasir dan gula merah ke dalam panci. Aduk semuanya hingga tercampur secara merata.
  8. Kemudian masukkan santan ke dalam panci. Aduk secara perlahan agar santan tidak pecah.
  9. Panaskan beberapa saat. Jika dirasa sudah cukup, maka matikan kompor.
  10. Sekarang sajikan Bajigur. Angkat dan saring bajigur ke dalam gelas/cangkir.
  11. Akhirnya selesai sudah membuat resep Bajigur tradisional dan siap untuk disantap selagi hangat.

Wah ternyata gampang banget ya langkah-langkah membuat resep Bajigur Tradisional untuk musim hujan yang dingin ini? Bahan-bahan resep Bajigur tradisional ini juga mudah didapat di pasar tradisional. Alat-alat yang digunakan juga ga ribet. Jadi, jangan sampai gak membuat resep Bajigur Tradisional di musim hujan ini.

Bayangkan citarasa rempah-rempah, aroma rempah yang kuat, ditambah sensasi hangat kala menyantapnya. Pokoknya dijamin pas banget buat bikin resep Bajigur dan minum bajigur di tengah musim hujan seperti sekarang ini.

Yakin nih ga mau mencoba bikin resep Bajigur tradisional yang satu ini? Sayang banget loh kalau gak mencoba. Mendingan Sweet Couple segera siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Bajigur Tradisional untuk musim hujan di rumah. Selamat membuat resep Bajigur Tradisional ya Sweet Couple!

Resep disadur dari Kompas.com