Resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan

Sudah waktunya memasuki musim hujan nih Sweet Couple. Musim hujan gini enaknya menikmati yang hangat-hangat. Salah satunya yang mungkin bisa Sweet Couple coba adalah Bandrek.

Siapa sih yang ga tau Bandrek? Minuman hangat dari tanah Sunda ini sudah lama dikenal oleh banyak orang sebagai minuman yang cocok untuk musim hujan. Bagaimana tidak? Bandrek ini pas banget untuk menghangatkan tubuh.

Bandrek memiliki bahan dasar dari jahe dan dicampur dengan rempah-rempah lainnya, lalu diguyur dengan air hangat. Aromanya khas rempah-rempah dan rasanya hangat, bahkan agak sedikit pedas karena efek jahe di dalam bandrek tersebut.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Jika Sweet Couple tidak ingin bandrek yang terlalu pedas, maka bisa mencoba membuat Bandrek Susu. Ya, bandrek dengan campuran susu atau kental manis juga enak kok. Rasanya perpaduan antara manisnya susu dan pedasnya jahe. Pastinya bandrek susu tetap memberikan rasa hangat kala menyantapnya.

Kali ini kita mau membahas tentang minuman bandrek biasa, bukan bandrek susu. Bandrek ini bisa menjadi pilihan minuman hangat untuk musim hujan seperti sekarang ini. Pastinya musim hujan harus minum yang hangat-hangat biar ga kedinginan. Apalagi bandrek juga bisa menambah daya tahan tubuh loh.

Baca Juga :  Resep Es Teler Seger yang Bikin Blenger

Daripada berlama-lama, mendingan langsung saja simak yuk resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan berikut ini!

Bahan Resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Bandrek Hangat untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Bandrek Hangat untuk musim hujan:

  • Air 500 ml
  • Jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan 80 gram
  • Gula merah yang diiris halus 75 gram
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Cengkeh 4 butir
  • Kayu manis 6 cm
  • Daun pandan yang sudah disimpulkan 2 lembar
  • Garam sejumput

Alat Resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Bandrek Hangat untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Gelas
  • Saringan

Cara Membuat Resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Bandrek Hangat untuk Musim Hujan:

  1. Pertama, nyalakan kompor dan bakar jahe di atas api. Jangan sampai gosong ya membakar jahe untuk bandrek ini.
  2. Kedua, letakkan jahe di atas talenan lalu memarkan jahe dengan menggunakan pisau.
  3. Ketiga, kupaslah kulit jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan tadi. Lalu sisihkan.
  4. Selanjutnya, iris halus gula merah dan buat daun pandan menjadi seperti simpul.
  5. Setelah itu, siapkan panci, letakkan di atas kompor, dan masukkan seluruh bahan resep Bandrek Hangat ke dalam kompor. Kemudian nyalakan kompor dan panaskan.
  6. Masak seluruh bahan resep bandrek hangat dengan api kecil. Tunggu sampai mendidih dan rebusan mengeluarkan aroma wangi rempah-rempah.
  7. Jika sudah mendidih dan wangi, maka matikan kompor.
  8. Setelah itu, sajikan bandrek. Angkat dan saring bandrek ke dalam gelas atau cangkir.
  9. Akhirnya resep Bandrek Hangat untuk musim hujan sudah selesai dibuat dan siap untuk disantap.
Baca Juga :  Resep Kopi Raf My Cafe yang Paling Simple

Wah ternyata gak susah ya bikin resep Bandrek Hangat untuk musim hujan yang dingin ini? Bahan-bahan resep Bandrek Hangat mudah didapat dan murah banget. Ga ada alasan untuk tidak membuat resep Bandrek Hangat di musim hujan ini.

Karena namanya saja resep bandrek hangat, tentu saja paling enak dinikmati selagi hangat. Pokoknya dijamin pas banget buat bikin resep Bandrek Hangat dan minum bandrek di tengah musim hujan seperti sekarang ini.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Bandrek hangat yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Bandrek Hangat untuk musim hujan di rumah. Selamat mencoba resep Bandrek Hangat ya Sweet Couple!

Resep disadur dari resepkoki.id