Resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat

Semua pasti setuju jika Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat adalah Bakso paling hits yang ada di Indonesia. Baso Aci asal Jawa Barat yang terbuat dari tepung aci dengan tekstur kenyal. Hmmmm apakah mirip Cilok atau Cimol? Daripada penasaran, yuk simak info tentang Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat ini selengkapnya! Ada resep Baso Aci Kenyal juga loh!

Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat

Baso emang ga ada matinya di Indonesia. Setiap daerah punya varian baksonya masing-masing. Salah satu yang terkenal adalah Baso Aci, hidangan baso yang populer di wilayah Jawa Barat. Mengapa disebut Baso Aci? Karena Baso Aci ini terbuat dari tepung terigu dan tepung kanji. Di Jawa Barat, tepung kanji ini disebut tepung aci sehingga orang-orang menyebutnya Baso Aci.  

Baso Aci ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, beda dengan baso biasanya yang kasar terutama baso urat. Selain itu, ukurannya juga lebih kecil dan mungil sehingga saat disajikan di mangkuk terlihat sangat banyak. Biasanya baso aci ini disajikan dengan kuah, daun bawang, bawang goreng, kecap, dan sambal. Hmmm… nikmat banget kan?

Gimana kalo Sweet Couple bikin resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat di rumah. Tentunyaa lebih hemat daripada harus beli di warung. Selain itu, resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat buatan sendiri tentu jauh lebih sehat dan murah. Praktis pula karena resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat ini bisa dicoba di rumah. Tertarik untuk bikin resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat? Yuk simak resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat!

Baca Juga :  Resep Bakso Goreng ala Rumahan

Bahan Resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Baso Aci Asli Jawa Barat? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Baso Aci Asli Jawa Barat:

  • Tepung terigu 100 gram
  • Tepung tapioca/kanji/sagu 100 gram
  • Ebi, disangrai halus 1 sdm
  • Air panas 200 ml
  • Bawang putih, goreng hingga kulitnya kecoklatan 2 siung
  • Daun bawang yang sudah diiris kasar 2 batang
  • Air untuk merebus 800 ml
  • Air untuk kuah baso aci 800 ml
  • Tulang untuk kaldu 100 gram
  • Gula
  • Garam
  • Merica
  • Masako/Royco/Sasa/Ajinomoto
  • Bawang goreng yang dihaluskan 1 sdm

Alat Resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Wajan
  • Mangkuk

Cara Membuat Resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat. Inilah cara untuk membuat resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat:

  1. Pertama-tama, ambil 1 siung bawang putih yang sudah digoreng untuk resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat, lalu kupas dan haluskan bawah putih goreng tersebut.
  2. Kedua, ambil sebuah wadah dan masukkan seluruh tepung, daun bawang, dan bawang putih goreng untuk resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat lalu campur semuanya.
  3. Ketiga, bumbu bahan-bahan resep Baso Aci Kenyal yang sudah dicampurkan di dalam wadah tadi dengan merica dan garam lalu aduk hingga merata.
  4. Lalu tuangkan air ke dalam wadah berisi bahan-bahan resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat sedikit demi sedikit dan uleni hingga halus.
  5. Setelah itu, masukkan air untuk merebus bahan-bahan resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat ke dalam panci dan masak dengan api kecil.
  6. Berikutnya, ambil adonan Baso Aci Kenyal tersebut dan bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil lalu cemplungkan ke dalam air yang sedang direbus. Masak hingga Baso Aci Kenyal tersebut mengapung.
  7. Jika Baso Aci Kenyal tersebut sudah mengapung semua, maka matikan kompor, tiriskan, dan sisihkan sejenak.
  8. Setelah itu, siapkan air untuk kuah resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat dengan memasukkan air untuk kuah ke dalam panci.
  9. Selanjutnya, rebus air untuk kuah resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat hingga mendidih.
  10. Masukkan tulang-tulang ayam/sapi ke dalam air rebusan kuah Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat dan rebus selama 10 menit.
  11. Kemudian, ambil 1 siung bawang putih goreng dan kupas. Lalu campurkan dengan bawang goreng tabur dan haluskan, lalu masukkan ke dalam kuah kaldu.
  12. Masukkan merica, gula, dan garam sebagai bumbu untuk kuah kaldu Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat dan rebus selama 15 menit.
  13. Setelah dicicipi dan dirasa pas serta matang, matikan kompor dan ambil mangkuk lalu masukkan kuah serta baso aci kenyal tersebut.
  14. Sajikan Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat dengan sambal, kecap, dan saos agar semakin nikmat.
  15. Selesai sudah deh resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat ini. Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat ini siap untuk disantap!
Baca Juga :  Resep Bakso Bakar Sederhana di Rumah

Wah ternyata gak terlalu ribet juga ya bikin resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat? Bahan-bahan resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat mudah didapat dan murah. Rasa dari Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat pun nikmat banget apalagi jika disantap selagi hangat. Pokoknya dijamin pas banget buat bikin resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat untuk hidangan di rumah.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat di rumah. Selamat mencoba resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat di rumah ya Sweet Couple!

Baca Juga :  5 Rekomendasi Resep Bakso yang Bisa Dicoba selama di Rumah aja

Resep disadur dari Resepkoki.id

Leave a Reply