Resep Bir Pletok Betawi untuk Musim Hujan

Sweet Couple yang suka party pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman bir. Ya, minuman beralkohol yang satu ini rasanya tidak boleh absen dari party. Ga lengkap kalau party tanpa ditemani oleh bir. Setuju banget kan?

Namun, tidak semua dari kita bisa minum bir. Mungkin ada yang tidak bisa meminumnya karena segi agama maupun alasan kesehatan. Maklum saja karena bir sendiri mengandung alkohol dan tidak semua orang bisa/boleh mengonsumsinya.

Mau nyoba bir yang aman sekaligus menyehatkan? Gimana kalau Sweet Couple mencoba Bir Pletok Betawi? Ya, minuman tradisional khas Betawi ini cocok banget untuk dikonsumsi karena aman dan menyehatkan. Gak bakal bikin kita mabok.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Apa sih Bir Pletok Betawi itu? Bir Pletok Betawi merupakan minuman tradisional Betawi yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga, secang, pala, dan serai dan disajikan secara hangat. Jadi secara bahan-bahan, Bir Pletok Betawi ini bukanlah bir karena tidak mengandung alkohol sama sekali.

Lalu, bagaimana asal-usul Bir Pletok Betawi ini? Kehadiran Bir Pletok Betawi sudah ada sejak era kolonial Belanda. Kala itu, orang-orang Eropa seperti Belanda dan Inggris banyak yang tinggal di Batavia(Jakarta). Di sana, mereka gemar berpesta dan mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir.

Kebiasaan mereka tersebut sering diperhatikan oleh masyarakat setempat (Betawi). Mereka penasaran dengan rasa bir, tetapi tidak bisa mengonsumsinya karena selain mahal juga dilarang dalam agama yang mereka anut.

Baca Juga :  10 Resep Viral 2020

Dari situlah, tercetus ide untuk membuat semacam minuman yang lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. Tentunya dengan citarasa yang bisa diterima oleh masyarakat lokal dan bahan-bahan yang mudah didapat. Itulah asal muasal dari Bir Pletok Betawi.

Dengan bahan-bahan yang berasal dari rempah-rempah, maka Bir Pletok ini cocok banget untuk dikonsumsi selama musim hujan. Kehadiran Bir Pletok Betawi ini bisa bikin tubuh dan tenggorokan jadi lebih hangat. Cocok untuk menghangatkan tubuh di kala musim hujan seperti sekarang ini.

Daripada minum bir beralkohol yang kalau kebanyakan bisa bikin mabok dan ga sehat, mendingan kita coba bikin aja resep Bir Pletok Betawi ini. Badan sehat dan daya tahan tubuh juga jadi lebih kuat saat musim hujan.

Apalagi bahan-bahan resep Bir Pletok Betawi ini juga gampang banget dicari. Tak hanya itu, cara membuat resep Bir Pletok Betawi ini juga ga kalah mudah. Jadi daripada berlama-lama mendingan langsung saja kita simak yuk ulasan lengkap mengenai resep Bir Pletok Betawi untuk musim hujan berikut ini!

Bahan Resep Bir Pletok Betawi

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Bir Pletok Betawi untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Bir Pletok Betawi untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Bir Pletok Betawi untuk musim hujan:

  • air 400 ml
  • gula batu 50 g
  • jahe emprit 5 cm
  • pekak 3 buah
  • kapulaga 2 buah
  • kayu manis 2 buah
  • daun jeruk 2 lembar
  • daun pandan 1 lembar
  • serai 1 batang
  • serutan kayu secang 1 sendok makan
  • buah pala 1/4
Baca Juga :  Resep Es Cincau Segar untuk Buka Puasa

Alat Resep Bir Pletok Betawi

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Bir Pletok Betawi untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Bir Pletok Betawi untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Bir Pletok Betawi untuk Musim Hujan:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Gelas
  • Saringan

Cara Membuat Resep Bir Pletok Betawi

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Bir Pletok Betawi untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Bir Pletok Betawi untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Bir Pletok Betawi untuk Musim Hujan:

  1. Pertama, nyalakan kompor dan kita bakar jahe hingga mengeluarkan aroma harum.
  2. Kedua, jahe yang sudah dibakar lalu dimemarkan dan diiris tipis-tipis menggunakan pisau. Lalu sisihkan.
  3. Ketiga, kita potong-potong daun pandan dan serai. Lalu sisihkan.
  4. Sekarang kita siapkan panci, masukkan air, letakkan di atas kompor, dan nyalakan api.
  5. Setelah itu, masukkan sisa bahan-bahan resep Bir Pletok Betawi ke dalam panci dan rebus hingga mendidih.
  6. Jika sudah, maka sajikan Bir Pletok Betawi ke dalam gelas/cangkir.
  7. Akhirnya Resep Bir Pletok Betawi sudah selesai dan siap untuk disantap.
Baca Juga :  Resep Puding Buah Mangga untuk Pencuci Mulut di Rumah

Ternyata mudah banget ya untuk membuat resep Bir Pletok Betawi. Bahannya pun bisa dengan mudah kita temukan di pasar. Kalau kayak gini sih sudah gak ada alasan lagi untuk tidak membuat resep Bir Pletok Betawi. Bisa tiap hari bikin resep Bir Pletok Betawi kalau gini mah.

Bir Pletok Betawi ini menjadi bukti betapa kayanya kuliner nusantara. Mulai dari Bandrek dari Bandung, Sinom dari Surabaya, dan Kopi Joss dari Jogja. Semuanya merupakan minuman hangat yang cocok untuk musim hujan dan patut kita lestarikan sebagai bagian dari kekayaan tanah air.

Pastinya resep Bir Pletok itu aman, halal, dan menyehatkan. Dijamin jadi makin sehat dan kuat jika kita membuat resep Bir Pletok Betawi selama musim hujan seperti sekarang ini.

Jadi, kapan mau mulai bikin resep Bir Pletok Betawi untuk musim hujan? Yuk langsung aja siap-siap untuk bikin resep Bir Pletok Betawi!

Resep disadur dari endeus.tv