Resep Bitterballen untuk Natal

Kita sudah memasuki bulan Desember dan semakin dekat waktunya dengan Natal. Artinya, sudah waktunya untuk membuat resep-resep kue dan roti. Salah satu rekomendasi resep yang bisa kita coba untuk Natal adalah resep Bitterballen.

Sweet Couple tahu apa itu Bitterballen? Jika belum tahu, maka pas banget nih kita kenalan dulu dengan Bitterballen. Bitterballen merupakan salah satu varian kue yang berbentuk bulat yang berisi lelehan keju atau daging di dalamnya. Kue Bitterballen biasanya dibaluri oleh tepung roti sehingga teksturnya renyah.

Kalau kita telaah dari namanya, Bitterballen ini sepertinya bukanlah kue asal Indonesia. Nyatanya memang benar adanya seperti itu. Bitterballen merupakan salah satu kue khas Belanda dan masuk di Indonesia karena pengaruh penjajahan kolonial Belanda. Sama seperti saudara-saudara lainnya macam Kastengel dan Klapertart.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Walau termasuk kue, tetapi Bitterballen ini memiliki citarasa yang gurih. Wajar saja karena Bitterballen ini diisi oleh keju mozarella dan terkadang ada potongan daging serta sayuran di dalamnya. Bisa dibilang Bitterballen ini cenderung mirip kroket, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Nah, kalau Sweet Couple bosan dengan varian kue Natal yang cenderung manis, maka Bitterballen bisa menjadi pilihan yang tepat. Kita bisa loh membuat resep Bitterballen untuk Natal tahun ini. Bahannya mudah dan caranya pun mudah. Jadi gak usah khawatir buat Sweet Couple yang ingin coba-coba membuat resep Bitterballen.

Baca Juga :  Resep Martabak Manis Mini Praktis di Rumah

Daripada berlama-lama, yuk langsung kita simak ulasan lengkap resep Bitterballen untuk Natal berikut ini!

Bahan Resep Bitterballen untuk Natal

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Bitterballen untuk Natal. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Bitterballen untuk Natal? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Bitterballen untuk Natal:

Bahan Utama Resep Bitterballen

  • Tepung terigu 3 sendok makan
  • Susu segar 300 ml
  • Kornet sapi 100 gram
  • Wortel impor yang sudah diparut 1 buah
  • Keju cheddar yang diparut 50 gram
  • Margarin 1 sendok makan
  • Bawang putih yang dicincang halus 1 siung
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng

Bahan Isian Resep Bitterballen

Keju mozarella yang dipotong berbentuk kotak-kotak kecil secukupnya

Bahan Pelapis Resep Bitterballen

  • Telur yang sudah dikocok lepas 1 butir
  • Tepung panir kasar secukupnya

Alat Resep Bitterballen untuk Natal

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Bitterballen untuk Natal. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat Bitterballen untuk Natal? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Bitterballen untuk Natal:

  • Mangkuk/Piring
  • Sendok
  • Pisau
  • Teflon
  • Mixer
  • Wajan
  • Saringan

Cara Membuat Resep Bitterballen untuk Natal

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Bitterballen untuk Natal, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Bitterballen untuk Natal. Inilah cara untuk membuat resep Bitterballen untuk Natal:

  1. Pertama, siapkan wajan, letakkan di atas kompor, dan nyalakan api.
  2. Kedua, tuangkan margarin dan panaskan sejenak.
  3. Ketiga, masukkan irisan bawang putih dan tumis hingga harum.
  4. Selanjutnya, tuangkan tepung terigu dan aduk tepung hingga tepung terigu terlihat berbutir.
  5. Kemudian, kita tuangkan susu ke dalamnya sedikit demi sedikit sembari mengaduk.
  6. Setelah itu, masukkan potongan kornet dan wortel. Jangan lupa tambahkan lada dan garam. Aduklah adonan hingga kalis.
  7. Lalu, tambahkan keju cheddar dan aduklah hingga adonan tercampur merata dengan sempurna. Jika sudah, maka angkat dan dinginkan adonan.
  8. Jika adonan sudah dingin, maka ambil sedikit adonan dan pipihkan. Selanjutnya, berikan potongan keju mozzarella kotak di tengahnya dan tutup keju dengan adonan hingga berbentuk bulat. Ulangi tahap ini hingga adonan habis ya.
  9. Sekarang waktunya untuk melapisi adonan. Pecahkan telur dan kocok lepas di dalam wadah.
  10. Kemudian, tuangkan tepung panir di wadah lain.
  11. Setelah itu, celupkan adonan Bitterballen di dalam kocokan telur.
  12. Lalu, gulingkan adonan Bitterballen ke tepung panir.
  13. Sekarang waktunya menggoreng. Siapkan wajan, letakkan di atas kompor, isi dengan minyak, lalu panaskan dengan api sedang.
  14. Masukkan Bitterballen yang sudah dilumuri tepung panir tadi ke dalam wajan dan goreng hingga matang kuning keemasan.
  15. Jika sudah matang, maka angkat dan tiriskan.
  16. Akhirnya resep Bitterballen sudah selesai dibuat dan Bitterballen siap untuk disajikan.
Baca Juga :  Resep Kue Cubit Sederhana Tanpa Mixer

Wah ternyata seperti itu ya langkah-langkah membuat resep Bitterballen untuk Natal tahun ini. Mudah banget kan? Jadi tidak ada alasan untuk tidak membuat resep Bitterballen untuk Natal ya. Kali aja bisa jadi ladang bisnis baru.

Biar makin lengkap dan lebih terasa Natal, jangan lupa juga buat resep Kue Jahe dan Putri Salju. Pastinya kehadiran mereka akan menyempurnakan momen Natal bersama orang-orang tersayang di tahun ini.

Bitterballen ini cocok banget juga buat cemilan apalagi dengan citarasanya yang gurih. Dijamin Bitterballen ini bakal cepat habis karena banyak yang suka dengan rasanya. Jadi, kalau membuat resep Bitterbalen harus yang untuk banyak orang yang porsinya.

Tertarik untuk membuat resep Bitterballen untuk Natal? Yuk langsung saja siapkan bahan, alat, dan ikuti langkah-langkah membuat resep Bitterballen ini!

Happy Cooking Sweet Couple!

Resep disadur dari resepkoki.id