Resep Bolu Kukus Gula Merah yang Bikin Hari Anda Makin Manis

Ingin menyantap yang manis-manis? Kebetulan banget nih! Kami rekomendasikan Sweet Couple untuk membuat resep bolu kukus gula merah. Dari namanya saja pasti Anda sudah membayangkan betapa manisnya camilan ini bukan?

Memang tidak salah jika bolu ini manis. Bahan utamanya saja mengandung gula merah dan gula pasir yang tentu saja bercitarasa manis. Cocok banget nih disantap sebagai takjil saat momen buka puasa tiba. Tak hanya untuk buka puasa, buat lebaran pun cocok karena bisa bikin momen kumpul keluarga saat hari raya makin manis.

Daripada membelinya di toko dan mahal, lebih baik Sweet Couple mencoba untuk membuat resep bolu kukus gula merah ini sendiri di rumah. Bahannya mudah dicari dan cara membuatnya pun mudah dipraktikkan. Lumayan kan bisa menghemat pengeluaran belanja kue? Lebih higienis pula karena buatan sendiri.

Ingin tahu seperti apa resep bolu kukus gula merah ini? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap resepnya berikut ini!

Bahan Resep Bolu Kukus Gula Merah

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Tepung terigu – 125 gram
  • Gula merah, sisir halus – 75 gram
  • Gula pasir – 2 sendok makan
  • Air – 100 ml
  • Kuning telur – 1 butir
  • Soda kue – 1/2 sendok teh
  • Baking powder – 1/2 sendok teh
  • Garam – 1/4 sendok teh
  • Minyak sayur – 50 ml
  • Daun pandan – 2 lembar

Alat Resep Bolu Kukus Gula Merah

Siapkan alat-alat berikut ini:

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Gula Merah

  1. Siapkan wadah, saringan, ayak tepung terigu, baking powder, baking soda, dan garam. Ayak secara merata dan perlahan. Jika sudah, maka sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukkan daun pandan, gula merah, gula pasir, dan air, lalu nyalakan api, dan panaskan. Rebus bahan-bahan dengan api kecil sampai semuanya larut. Jika sudah, maka matikan api, angkat, pindahkan ke wadah kosong, diamkan, dan tunggu hingga dingin.
  3. Siapkan kukusan, panaskan hingga mendidih. Jangan lupa alasi tutupnya dengan kain serbet bersih agar air tidak menetes ke adonan/kukusan.
  4. Siapkan juga cetakan bolu dan beri alas paper cup di bagian dalamnya.
  5. Siapkan wadah kosong/baskom, masukkan telur, lalu campurkan dan kocok dengan mixer. Masukkan larutan gula dan campuran tepung secara bergantian dan perlahan. Aduk dan campur dengan mixer berkecepatan rendah sampai semuanya tercampur merata.
  6. Masukkan minyak sayur ke dalamnya dan aduk hingga tercampur merata.
  7. Masukkan adonan ke dalam cetakan hingga penuh. Lakukan hingga adonan dan cetakan habis.
  8. Masukkan cetakan berisi adonan ke dalam kukusan yang sudah disiapkan. Kukus selama 15 menit dengan api besar. Jika sudah matang, maka keluarkan adonan dari dalam kukusan dan cetakan.
  9. Angkat dan sajikan bolu dalam keadaan hangat.
  10. Bolu Kukus Gula Merah siap disantap.

Praktis sekali ya membuat resep bolu kukus Gula Merah ini. Pastinya bakal bikin hari-hari Anda jadi semakin manis. Tapi ingat ya, jangan terlalu banyak menyantapnya. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik Sweet Couple. Jangan lupa berbagi juga dengan keluarga dan teman ya kala menyantapnya.

Yuk kita coba memasak bolu kukus ini di rumah!

Resep disadur dari resepkoki.id