Resep Bolu Panggang Super Lembut

Mau mencoba resep bolu panggang ala rumahan yang rasanya tidak kalah dengan bolu yang dijual di toko kue? Cara membuat bolu panggang ternyata sangat mudah dan bahan-bahannya juga sederhana lho Sweet Couple.

Untuk membuat bolu panggang yang enak dan lembut sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus. Cukup mengikuti resep dan telaten dalam mengolahnya, pasti akan bisa menghasilkan bolu yang lezat.

Tunggu apa lagi? Yuk, simak dan ikuti resep bolu panggang berikut ini.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Bahan Resep Bolu Panggang

Resep Bolu Panggang Super Lembut
Gambar diambil dari Instagram.com/trubustriihwantoro

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 150 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 gram coklat bubuk
  • 1/2 sendok teh vanilli
  • 165 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam
  • 1 sendok teh SP
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 gram margarin yang sudah dilelehkan
  • Margarin secukupnya

Peralatan Masak yang Diperlukan

Resep Bolu Panggang Super Lembut
Gambar diambil dari Instagram.com/elvynnofianti

Siapkan alat-alat masak berikut ini:

  • Wadah
  • Ayakan
  • Mixer (Supaya adonan mudah mengembang, Anda disarankan untuk menggunakan Super Hand Mixer HE-133. Cek promonya di sini)
  • Spatula
  • Oven
  • Sendok
  • Piring saji

Cara Membuat Bolu Panggang

Resep Bolu Panggang Super Lembut
Gambar diambil dari Instagram.com/dessy_cookies
  1. Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, baking powder, coklat bubuk, dan vanilli ke dalam wadah. Ayak semua bahan agar lebih halus.
  2. Siapkan loyang tulban ukuran 22. Olesi dengan margarin dan taburkan tepung terigu dengan tersebar rata pada seluruh permukaan loyang. Panaskan oven.
  3. Siapkan wadah lain. Masukkan gula pasir, telur, SP, dan garam. Kocok semua bahan menggunakan mixer. Gunakan kecepatan tinggi pada mixer sampai adonan teraduk dan tercampur kental. Aduk dengan mixer sekitar 8 sampai 10 menit.
  4. Campurkan bahan tepung yang sebelumnya sudah diayak ke dalam adonan yang sedang diaduk dengan mixer.
  5. Kemudian tuangkan 150 gram margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan yang sedang diaduk mixer.
  6. Setelah selesai menggunakan mixer. Aduk lagi adonan menggunakan spatula supaya semakin tercampur rata.
  7. Masukkan adonan kue ke loyang dan ratakan adonan.
  8. Masukkan loyang yang berisi adonan ke dalam oven yang sudah dipanaskan. Atur suhu menjadi 180°C. Masak bolu sampai matang. Kalau mau memastikan tingkat kematangan bolu, Anda bisa menusuknya dengan lidi. Kalau adonan tidak lengket dengan lidi, maka kue sudah matang dan bisa disajikan ke piring.
Baca Juga :  Resep Puding Roti untuk Camilan di Rumah

Tips Membuat Bolu Supaya Mengembang Sempurna

  1. Tidak hanya memilih bahan, penyimpanan juga harus diperhatikan. Bolu akan mengembang sempurna ketika menggunakan bahan yang tersimpan di suhu ruangan. Jangan sesekali menggunakan bahan di dalam kulkas atau dalam keadaan dingin.
  2. Proses melelehkan margarin dan menggunakan margarin memang harus diperhatikan. Memasukkan margarin sesaat setelah mencairkannya memang tidak boleh, tapi membiarkannya terlalu lama juga tidak boleh. Ada tips yang bisa Sweet Couple terapkan. Saat proses membuat adonan, sebelum jadi atau sudah berjalan setengahnya, Anda bisa langsung mencairkan margarin dengan api paling kecil. Matikan api saat margarin hampir cair. Pindahkan ke wadah lain, lalu diamkan. Sembari mengocok adonan bolu, tunggu margarin hingga hangat dan siap untuk dituang ke dalam adonan.
  3. Jangan gunakan wadah yang basah. Pastikan agar wadah tersebut tidak ada air, minyak, atau bahkan mentega yang menempel. Wadah yang lembap pun juga jangan digunakan.
  4. Ayaklah terlebih dahulu bahan, seperti tepung terigu, maizena, baking powder, susu bubuk, dan, cokelat bubuk. Untuk menghemat waktu, kamu bisa mencampurnya jadi satu, lalu diayak bersamaan. Hal ini akan menghindari gumpalan bahan saat membuat kue bolu.
  5. Perlu diingat, jangan terlalu lama saat mengocok bahan. Hal ini menyebabkan udara yang masuk ke adonan semakin banyak, sehingga bolu jadi bantat.
  6. Atur terlebih dahulu suhu oven untuk memanggang kue bolu. Panaskan selama 5-10 menit sebelum digunakan. Jangan gunakan suhu yang terlalu panas agar bolu tidak gosong.
  7. Jangan biarkan adonan menunggu terlalu lama agar volume tidak turun lagi. Sebelum adonan jadi, kamu sudah memanaskan oven terlebih dahulu. Masukkan ke oven dan tunggu kue bolu hingga benar-benar matang dan mengembang.
Baca Juga :  Resep Mango Cheese Cake, Hidangan Penutup yang Menyegarkan

Kue bolu super lembut siap disajikan ke piring dan sudah bisa disantap. Bolu panggang ala rumahan paling nikmat disajikan untuk acara keluarga atau saat kumpul bersama teman.

Ternyata cara membuat bolu panggang sangat mudah ya? Soal cita rasa pastinya jangan diragukan lagi. Teksturnya yang super lembut semakin menambah kelezatan kue ini.

Saatnya Sweet Couple mencoba resep bolu panggang ini di rumah dan buktikan kenikmatannya. Jangan lupa juga untuk mencoba resep brownies kukus coklat ala rumahan yang super lezat.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari resepkoki.id