Resep Chawan Mushi, Telur Kukus Khas Jepang Super Lembut

Mau coba resep chawan mushi? Kalau masyarakat Indonesia memiliki sajian telur dadar kesukaan banyak orang, maka masyarakat di Jepang memiliki chawan mushi sebagai olahan telur favorit banyak orang. Makanan Jepang yang terkenal di Indonesia tidak hanya takoyaki dan ramen. Belakangan ini telur kukus super lembut ala Jepang mulai menarik perhatian banyak orang.

Cara membuat chawan mushi ternyata sangat mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat kematangan dalam mengukusnya serta proses mengocok telur sampai benar-benar lembut. Simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Jumlah Porsi: 3 porsi

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Waktu Persiapan: 5 menit

Waktu Memasak: 25 menit

Bahan Resep Chawan Mushi

Siapkan bahan-bahan resep berikut ini:

  • 2 butir telur
  • 50 gram jamur kuping cincang
  • 6 buah tofu
  • 200 ml air
  • 2 sendok makan saus tiram (Cek promo saus tiram Saori di sini)
  • 1/2 sendok teh lada
  • 1 batang daun bawang yang diiris halus

Alat Masak Resep Chawan Mushi

Siapkan alat-alat masak berikut ini:

  • Mangkuk
  • Pisau
  • Talenan
  • Cetakan untuk chawan
  • Alat kukusan/dandang

Cara Membuat Chawan Mushi

  1. Kocok telur. Usahakan jangan sampai berbusa.
  2. Tambahkan 200 ml air dan aduk rata.
  3. Susun irisan jamur dan tofu ke dalam cetakan. Sirami dengan campuran telur yang telah disaring agar teksturnya lebih lembut.
  4. Taburi dengan irisan daun bawang.
  5. Kukus chawanmushi dengan api kecil kurang lebih 15 menit. Sweet Couple harus benar-benar memperhatikan ukuran api supaya tetap kecil karena api yang terlalu besar akan membuat permukaan chawanmushi keriput. Mengukus terlalu lama juga bisa membuat bagian atasnya berair.
  6. Setelah 15 menit, sajikan chawanmushi dan rasakan kenikmatannya.
Baca Juga :  Resep Ekkado ala Rumahan, Praktis dan Enak

Fakta Seputar Chawan Mushi

Resep chawan mushi disajikan sebagai hidangan pembuka (appetier) bagi masyarakat di Jepang. Telur kukus khas Jepang ini ternyata sudah ada di Jepang sejak ratusan tahun yang lalu. Makanan ini disajikan di segala musim, baik musim dingin dan musim panas.

Banyak orang yang keliru atau belum memahami konsep chawanmushi. Adonan telur ini harus dituang perlahan-lahan agar tidak menimbulkan busa sama sekali. Selain itu, hidangan tersebut idealnya memiliki tekstur selembut puding custard.

Orang yang bukan berasal dari Jepang pada awalnya mengira bahwa makanan ini menyerupai mpasi yang disajikan untuk bagi. Ternyata olahan telur kukus cup ini disantap oleh semua orang dari berbagai kalangan. Lambat laun, resep chawan mushi mulai terkenal ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebagian orang Indonesia menyukai appetizer ini dan tidak jarang orang yang tertarik untuk mencoba resepnya.

Resep chawan mushi semakin mendunia karena rasanya yang enak dan tampilannya sangat unik. Telur kukus khas Jepang ini dimasak dengan tekstur yang sangat lembut. Telur kukus ini disajikan dalam cangkir atau gelas tanah liat dengan tambahan bahan sebagai toppig, seperti tofu, jamur kuping, dan lain sebagainya.

Resep disadur dari Dapurkobe