Resep Chicken Katsu ala Jepang yang Super Simple

Lagi ngidam masakan ala Jepang tapi yang ayam-ayam? Gimana kalau kita coba untuk membuat resep Chicken Katsu? Siapa sih yang ga tau Chicken Katsu, apalagi untuk kalian yang doyan makanan Jepang. Chicken Katsu ini bisa dibilang ayam goreng versi Jepang. Jika Indonesia punya ayam goreng ala geprek, maka Jepang punya Chicken Katsu. Chicken Katsu ini juga gak susah untuk dibuat loh! Sweet Couple bisa membuat resep Chicken Katsu di rumah. Penasaran? Yuk simak ulasannya!

Chicken Katsu

Bosan dengan Ayam Goreng ala KFC? Lagi gak ingin ayam ala Indonesia seperti Ayam Taliwang? Kami sarankan kepada Sweet Couple untuk mencoba Resep Chicken Katsu ala Jepang yang mudah, praktis, dan lezat untuk dicoba di rumah.

Seperti yang tadi sudah dijabarkan sedikit, Chicken Katsu ini adalah ayam goreng versi Jepang. Kulit bagian luarnya renyah dan bertekstur karena menggunakan bahan tepung roti. Dagingnya lembut sehingga mudah untuk dikunyah. Chicken Katsu ini biasanya disajikan bersama saus teriyaki atau disajikan bersama saus kari. Hmmm… sudah kebayang kan lezatnya?

Nah, daripada cuma membayangkan kelezatan Chicken Katsu, gimana kalau kita ikut mencoba membuat resep Chicken Katsu ala Jepang ini di rumah? Praktis, mudah, bahannya gampang dicari, dan pastinya lebih sehat serta lezat karena dibuat di rumah sendiri.

Baca Juga :  Resep Ayam Geprek Bensu ala Rumahan

Penasaran seperti apa? Mari simak langkah-langkah membuat resep Chicken Katsu ala Jepang berikut ini!

Bahan Resep Chicken Katsu

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Chicken Katsu. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Chicken Katsu? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Chicken Katsu:

Bahan Utama Resep Chicken Katsu:

  • Dada ayam fillet yang diiris secara melebar menjadi 2 bagian sebanyak 350 gram
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh

Bahan Pencelup Resep Chicken Katsu:

  • Telur ayam 1 butir
  • Susu tawar putih 2 sendok makan

Bahan Pelapis Resep Chicken Katsu:

  • Tepung terigu 45 gram
  • Kaldu ayam bubuk
  • Merica bubuk
  • Tepung roti kasar 50 gram
  • Minyak

Alat Resep Chicken Katsu

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Chicken Katsu. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Chicken Katsu? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Chicken Katsu:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan/blender
Baca Juga :  Resep Ayam Pop Padang Superhits

Cara Membuat Resep Chicken Katsu

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Chicken Katsu siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Chicken Katsu. Inilah cara membuat resep Chicken Katsu:

  1. Pertama, bersihkan daging ayam dengan air bersih dan mengalir.
  2. Kedua, bumbui/lumuri daging ayam dengan merica, jeruk nipis, dan garam dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging ayam dengan sempurna.
  3. Sekarang kita ambil wadah, pecahkan telur, masukkan, dan tambahkan susu serta garam.
  4. Kocok semuanya hingga tercampur merata dan sisihkan sejenak.
  5. Sekarang ambil wadah lain, kemudian tuangkan tepung terigu, merica, dan kaldu ayam bubuk. Campurkan semuanya hingga merata dan sisihkan.
  6. Kita ambil sepotong dada ayam dan celupkan ke dalam kocokan telur, kemudian angkat.
  7. Lalu celupkan dada ayam tersebut ke dalam campuran tepung terigu, kemudian angkat.
  8. Sekarang letakkan dada ayam tersebut di campuran tepung roti dan gulingkan sampai semua bagiannya tertutup tepung roti. Ditekan agar tepungnya menempel ya.
  9. Kita siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak ke dalamnya agak banyak, dan nyalakan kompor lalu panaskan.
  10. Jika api sudah panas, maka masukkan dada ayam yang sudah ditepungi tadi ke dalam minyak dan goreng hingga warnanya menjadi kuning keemasan. Gorengnya dengan api yang sedang saja agar tidak gosong ya.
  11. Jika sudah matang, maka angkat dan tiriskan Chicken Katsu di atas talenan.
  12. Potong-potong Chicken Katsu sesuai selera ya. Potongnya kalau bisa yang agak panjang dan tidak terlalu tebal ya.
  13. Akhirnya selesai sudah membuat resep Chicken Katsu ala Jepang. Mudah kan?
Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Teflon Super Gampang

Gampang banget ya ternyata membuat resep Chicken Katsu ala Jepang ini? Hanya tinggal membeli bahan dan bumbu, ikuti langkahnya yang sederhana, lalu jadi deh. Gak usah pusing lagi buat ribet-ribet pergi ke restoran Jepang cuma buat makan Chicken Katsu ala Jepang.

Biar Chicken Katsu ini gak terlalu kering, Sweet Couple juga bisa kok menambahkan saus teriyaki atau saus kari Jepang. Sesuaikan dengan selera Sweet Couple saja. Pastinya mau diapain aja, Chicken Katsu ala Jepang ini tetap enak kok!

Jadi, tertarik untuk mencoba resep Chicken Katsu ini di rumah sendiri? Yuk kita coba membuat resep Chicken Katsu ala Jepang di rumah kita!

Resep disadur dari resepkoki.id