Resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Bu Desi

Sweet Couple yang suka jajan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Cireng. Ya Cireng yang merupakan singkatan dari aci digoreng ini sudah lama menjadi salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia. Gampang banget buat nemuin Cireng terutama di jajanan kaki lima.

Teksturnya lembut dan kenyal karena berbahan dasar aci. Jika disantap, maka paling enak selagi hangat karena ada sensasi renyah dari kulit cireng. Kalau sudah dingin, biasanya cireng jadi agak alot untuk dikunyah.

Sedang ngidam Cireng? Gimana kalau kita bikin resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi. Pasti masih ingat kan dengan Ibu Desi? Beliau adalah juara Masterchef Season 2 bertahun-tahun lalu.

Resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi ini tak jauh beda dengan cireng pada umumnya. Yang membuatnya istimewa adalah cireng ini menggunakan bumbu sambal pecel yang pastinya pedasnya unik dan tetap lezat.

Penasaran seperti apa resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi berikut ini!

Bahan Resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Cireng ala Masterchef Ibu Desi:

Bahan Utama Resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi

  • Tepung kanji 250 gram
  • Air 250 ml
  • Wortel 1 buah dan diparut
  • Bawang daun secukupnya
  • Sambal Pecel instan 1 buah

Bahan Bumbu Resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi

  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Bawang putih 2 siung dan diparut
  • Merica 1 sendok teh

Alat Resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Cireng Sambal pecel ala Masterchef Ibu Desi. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi:

  • Sendok
  • Pisau
  • Wajan
  • Panci
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring/Mangkuk

Cara Membuat Resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi. Inilah cara membuat resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi:

  1. Pertama, pisahkan tepung kanji menjadi dua bagian yakni untuk adonan ulen dan adonan basah.
  2. Kedua, siapkan panci lalu masukkan tepung kanji, wortel parut, bawang daun, merica, bawang putih, garam, penyedap rasa, dan air. Kemudian aduk dan campurkan hingga merata.
  3. Sekarang letakkan panci tadi di atas kompor, nyalakan api, dan masak. Jangan lupa sambil aduk bagian bawahnya agar tidak gosong.
  4. Masak adonan hingga tercampur, agak bening, dan mengental.
  5. Jika sudah matang, maka angkat adonan tadi dan uleni adonan dengan sisa tepung kanji yang sudah dipisahkan tadi.
  6. Uleni adonan hingga kalis dan hati-hati karena adonan cireng yang panas usai dimasak.
  7. Bentuk adonan menjadi bulat dan pipihkan untuk memberi isian sambal pecel di bagian tengah. Lalu tutup dan bungkus kembali sambal pecel dengan adonan. Jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis ya. Lakukan berulang kali sampai adonan habis.
  8. Sekarang siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, dan nyalakan api. Tunggu sampai minyak benar-benar panas.
  9. Jika minyak sudah terasa panas, maka waktunya untuk menggoreng adonan cireng. Masukkan adonan cireng ke dalam wajan berisi minyak panas dan goreng dengan api sedang.
  10. Jika sudah matang, maka angkat dan tiriskan. Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi siap untuk disajikan dan disantap.

Ternyata membuat resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi ini mudah ya. Walau namanya resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi, tetapi bahan mudah didapat dan caranya pun simple tanpa ribet. Kalau begini jadi semangat memasak biar kayak Masterchef ya.

Saat musim hujan seperti ini, bikin yang hangat-hangat seperti resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi ini emang cocok banget. Makin mantap lagi kalau ditemani oleh minuman hangat yang bisa menjaga daya tahan tubuh selama musim hujan. Makin anget rasanya!

Pastinya resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi ini tak hanya lezat, tetapi juga lebih sehat karena buatan sendiri di rumah. Selain itu, juga lebih murah daripada harus beli di luar. Nikmat banget kan kalau bisa bikin resep Cireng sendiri di rumah?

Yuk langsung aja cus bikin resep Cireng Sambal Pecel ala Masterchef Ibu Desi di rumah masing-masing!

Resep disadur dari cookpad.com