Resep Daging Rusa Kuah Kecap, Tantangan MasterChef Indonesia

Kalau Sweet Couple suka nonton MasterChef Indonesia, tantangan pada salah satu episodenya adalah mengolah daging rusa. Resep daging rusa kuah kecap ini juga bisa Sweet Couple coba di rumah lho. Menurut Chef Arnold Poernomo, daging rusa memiliki tekstur yang lebih lembut dan sedikit lemak dibandingkan daging lainnya.

Cara mengolah daging rusa juga ada triknya tersendiri supaya hasil olahannya enak. Tapi Sweet Couple tidak perlu khawatir, asalkan mengikuti langkah-langkahnya, dijamin pasti akan berhasil membuat hidangan ini dengan citarasa yang lezat dan tekstur yang empuk.

Penasaran ingin mencobanya? Langsung aja yuk simak Resep Daging rusa kuah kecap berikut ini!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Jenis Hidangan: Menu Utama

Wakgu Persiapan: 15 menit

Waktu Memasak: 170 menit

Bahan Resep Daging Rusa Kuah Kecap

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 2 sdm minyak canola
  • 900 gr daging rusa yang sudah direbus
  • 3 buah bawang bombai besar, cincang kasar
  • 2 siung bawang putih, geprek
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt oregano kering
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt merica
  • 700 ml air
  • 7 buah kentang, kupas dan belah empat
  • 450 gr wortel, potong ukuran 2,5 cm
  • 310 gr tepung serbaguna
  • 235 ml air dingin
  • Browning sauce, opsional
Baca Juga :  5 Rekomendasi Resep Bakso yang Bisa Dicoba selama di Rumah aja

Alat Masak Membuat Resep Daging Rusa Kuah Kecap

Siapkan alat-alat masak berikut ini:

  • Wadah
  • Wajan
  • Panci
  • Pisau
  • Talenan
  • Mangkok saji

Cara Membuat Resep Daging Rusa Kuah Kecap

  1. Dalam wajan, panaskan minyak di atas api sedang. Masak daging rusa hingga kecokelatan di semua sisi. Angkat dari wajan.
  2. Tambahkan bawang bombai ke wajan yang sama, masak dan aduk sampai renyah dan lunak sekitar 5-7 menit.
  3. Tambahkan bawang putih, masak dan aduk satu menit lebih lama. Tambahkan air, aduk untuk melonggarkan potongan daging yang kecoklatan.
  4. Aduk saus inggris, daun salam, oregano, garam, merica. Masukkan kembali daging rusa ke wajan, didihkan.
  5. Kurangi panas, tutup wajan dan didihkan sampai daging empuk sekitar 90-120 menit. Tambahkan kentang dan wortel. Lanjutkan memasak hingga sayuran empuk selama 30-45 menit. Angkat dan buang daun salam.
  6. Dalam mangkuk kecil, campur tepung dan air dingin sampai halus, aduk. Didihkan. Masak dan aduk hingga mengental selama 1-2 menit. Jika menggunakan saus, tambahkan browning sauce, aduk.
  7. Sajikan daging rusa bersama saus.
Resep Daging Rusa Kuah Kecap, Tantangan MasterChef Indonesia
Gambar diambil dari Kompas.com

Tips Mengolah Daging Rusa

1. Jangan memasak terlalu matang

Memasak daging rusa dengan durasi yang terlalu lama membuat daging rusa menjadi kenyal. Potongan daging rusa yang empuk harus disajikan dalam keadaan rare atau medium rare, kecuali jika dicampur dengan daging yang memiliki banyak lemak.

Baca Juga :  Resep Rendang Jawa yang Paling Enak

2. Sesuaikan potongan daging dengan cara memasak

Potongan daging yang memang sudah lembut seperti bagian pinggang rusa dan tenderloin cocok untuk dipanggang dengan panas tinggi, dibakar dengan teflon, atau dijadikan isian dengan keadaan rare atau medium rare. Sedangkan daging rusa yang terdiri dari otot, seperti bahu, betis, atau leher harus direbus secara perlahan dengan suhu rendah. Sementara, bagian belakang rusa termasuk daging rusa yang sangat serbaguna dan dapat dipotong menjadi steak, dilunakkan, ataupun dipotong dadu dengan suhu rendah.

3. Daging rusa bukan daging sapi 

Rasa daging rusa dan daging sapi berbeda. Oleh karena itu, olahan daging sapi tidak bisa diganti menjadi resep daging rusa. Daging rusa memiliki lebih sedikit lemak daripada daging sapi. Rasa daging rusa itulah yang menjadi alasan mengapa harga daging rusa menjadi lebih mahal.

4. Gunakan bumbu marinasi

Sebagian besar bumbu kering yang bisa digunakan untuk marinasi daging rusa mengandung garam, kopi, atau jahe. Bahan-bahan tersebut dapat memecah enzim dalam daging rusa dan melunakkannya tanpa membuatnya lembek seperti yang disebabkan oleh beberapa bahan pelunak daging lainnya. Bumbu lain yang bisa digunakan untuk memasak daging rusa bergantung pada asam, seperti anggur, cuka, atau lemon dan air jeruk nipis yang berfungsi untuk mengubah sifat protein. 

Baca Juga :  Resep Sosis Goreng Saus Mentega

5. Simpan di lemari es

Jika Sweet Couple menggunakan mesin pengolah untuk memproses daging rusa, kemungkinan daging rusa tersebut bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Untuk menyimpan daging rusa, kamu bisa dinginkan daging rusa di rak yang diletakkan di atas panci pada suhu stabil 1-3 derajat celsius setidaknya selama 7-14 hari. Untuk menambah umur simpan daging rusa, cairkan daging di lemari es dalam kemasan tertutup dan dinginkan hingga 14 hari di lemari es.

Nah, bagaimana Sweet Couple? Resep daging rusa kuah kecap dan tipsnya sudah kami bagikan, Sweet Couple tinggal mengikutinya. Dijamin pasti akan berhasil menyajikan hidangan daging rusa yang lezat.

Hidangan ini sangat cocok dijadikan sajian saat acara-acara spesial bersama keluarga dan kerabat. Pasti akan langsung jadi favorit deh! Jadi, jangan ragu mencoba resep daging rusa kuah kecap ya!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel dari berbagai sumber