Resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan

Musim hujan sudah mulai dan paling enak kalau menyantap hidangan yang hangat-hangat. Salah satu hidangan yang hangat, lezat, sekaligus mengenyangkan adalah Dimsum. Semua setuju dong jika Dimsum itu cocok disantap saat musim hujan seperti ini?

Salah satu varian dimsum yang bisa kita coba buat di rumah adalah Dimsum Ayam. Dimsum sendiri merupakan salah satu masakan asal Tiongkok dengan ukuran kecil dan teksturnya lembut. Lebih lezat jika disajikan selagi hangat.

Salah satu jebolan finalis Masterchef Season 7, Devina Hermawan membagikan salah satu kreasi resep buatannya yakni Dimsum Ayam. Tentu saja Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan pasti lezat, namanya saja buatan masterchef.

Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan ini juga bisa dibuat oleh Sweet Couple yang bukan Masterchef kok karena tidak terlalu sulit juga. Penasaran seperti apa? Yuk simak resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan berikut ini!

Dimsum Ayam

Siapa sih yang ga tau dan ga suka dimsum? Hidangan asal Cina ini sudah lama hadir di Indonesia dan memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Wajar saja, teksturnya lembut dan bentuknya kecil-kecil, serta rasa juga lezat dan cocok di lidah di orang Indonesia.

Biasanya dimsum disajikan bersama saus atau kuah dengan citarasa gurih serta pedas. Cara makan dimsum tentu saja sambil dicocol ke saus atau kuah tersebut. Rasanya mantep pol!

Jika Sweet Couple merupakan penggemar dimsum, maka cobalah untuk membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan. Melalui akun YouTube miliknya, Devina Hermawan membagikan sejumlah resep termasuk resep Dimsum Ayam buatannya. Hmmm…pastinya enak tuh!

Daripada berlama-lama, mendingan langsung saja simak ulasan resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan berikut ini!

Bahan Resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan:

Bahan Adonan Dimsum Ayam

  • paha ayam fillet 200 gram
  • kulit ayam 50 gram
  • udang kupas (bisa diganti ayam) 50 gram
  • bawang putih 2 siung
  • putih telur 1 butir
  • tepung sagu 9 sendok makan
  • garam 1/2 sendok makan
  • gula 1 sendok makan
  • merica 1/2 sendok teh
  • kaldu jamur 1/4 sendok teh
  • es batu 3 sendok makan
  • saus tiram 2 sendok teh
  • minyak wijen 2 sendok teh
  • kecap asin 2 sendok teh
  • wortel parut 50 gram
  • kulit pangsit 15-20 lembar

Bahan Saus Cocol untuk Dimsum Ayam

  • bawang putih 2 siung
  • bawang merah 1 siung
  • cabai rawit 3 buah
  • cabai merah ukuran sedang 1 buah
  • saus sambal 6 sendok makan
  • cuka 1 sendok makan
  • air 150 ml
  • minyak goreng 2 sendok makan
  • gula 2 sendok teh
  • kaldu jamur 1/2 sendok teh

Alat Resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Food processor
  • Wajan
  • Kukusan

Cara Membuat Resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Dimsum ala Masterchef Devina Hermawan siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan:

  1. Pertama, siapkan food processor dan bahan-bahan resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan yaitu ayam, bawang putih, tepung sagu, putih telur, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, merica, garam, gula, kaldu jamur, dan es batu.
  2. Kedua, masukkan bahan-bahan resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan ke dalam food processor dan cincang hingga benar-benar halus.
  3. Ketiga, tambahkan ayam dan udang ke dalam food processor lalu cincanglah sebentar hingga tercampur.
  4. Jika sudah selesai mencincang dengan food processor, maka pindahkan hasil cincangan resep isian Dimsum Ayam tersebut ke dalam wadah.
  5. Masukkan parutan wortel lalu aduk hingga semuanya tercampur secara merata.
  6. Sekarang siapkan kulit dimsum, lalu ambil sejumput/1 sendok makan adonan isian dimsum ayam, kemudian bungkuslah dengan rapat. Jangan lupa tambahkan parutan wortel di atasnya. Lakukan hal ini hingga adonan dan kulit dimsum habis ya.
  7. Siapkan kukusan dan letakkan di atas panci/wajan, lalu panaskan sejenak.
  8. Jika sudah agak panas, maka masukkan dimsum ayam ke dalam kukusan dan kukuslah selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  9. Sembari menunggu dimsum selesai dikukus, kita buat saus cocolan untuk Dimsum Ayam. Siapkan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit.
  10. Cincang dan iris-iris bawang putih, bawang merah, serta cabai rawit.
  11. Siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, dan nyalakan api lalu panaskan sejenak.
  12. Setelah itu, masukkan irisan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit ke dalam wajan lalu tumis hingga wangi. Tambahkan pula air ke dalamnya.
  13. Tuangkan saus sambal, cuka, gula, dan kaldu jamur ke dalamnya. Masak dan campur merata hingga terlihat mendidih.
  14. Jika saus cocolan dimsum ayam sudah mendidih, maka matikan kompor dan tuangkan saus cocolan dimsum ayam ke dalam wadah/mangkuk kecil.
  15. Jika dimsum ayam sudah selesai dikukus, maka matikan kompor dan angkat kukusan lalu sajikan.
  16. Akhirnya selesai sudah membuat resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan. Tidak sulit kan?

Itu dia resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan. Kelihatannya sulit, tetapi gak ada salahnya buat mencoba loh. Siapa tau bisa jadi masterchef seperti Devina Hermawan?

Resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan ini nyatanya bisa dibikin oleh siapapun termasuk oleh Sweet Couple yang bukan Masterchef. Daripada jauh-jauh ke restoran makan Dimsum Ayam, kenapa ga coba aja berkreasi dengan resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan?

Siapa bilang mau memasak dimsum harus jadi masterchef dulu? Yuk buruan bikin resep Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan ini di rumah!

Dimsum Ayam ala Masterchef Devina Hermawan ini juga cocok dipadukan dengan hidangan berat seperti Bakmi loh. Penasaran dengan resep bakmi? Langsung saja klik di sini.