Resep Dodol Mangga Indramayu, Camilan Manis yang Populer

Salah satu menu camilan yang bisa Sweet Couple buat di rumah adalah resep dodol mangga Indramayu. Dodol mangga adalah sejenis makanan manis yang memiliki cita rasa yang unik dan khas. Dodol mangga Indramayu sendiri menjadi primadona salah satu kuliner khas daerah tersebut. Daerah Indramayu, yang terletak di provinsi Jawa Barat, dikenal sebagai daerah penghasil mangga terbaik di Indonesia. Buah mangga yang matang dipilih dengan teliti dan dipadukan dengan bahan-bahan lain seperti gula, santan, dan ketan, kemudian dimasak dengan api kecil selama berjam-jam hingga mengental.

Dodol mangga Indramayu tidak hanya menarik perhatian dengan cita rasanya yang lezat, tetapi juga dengan tampilan dan kemasannya yang menarik. Biasanya, dodol mangga Indramayu dikemas dalam daun pisang yang memberikan sentuhan alami dan tradisional pada makanan ini. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan pecinta kuliner yang ingin mencoba makanan khas daerah Indramayu.

Dodol mangga Indramayu dapat ditemukan di beberapa toko kue dan penjual makanan tradisional di daerah Indramayu. Wisatawan atau pengunjung yang datang ke sana tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan dodol mangga ini. Rasanya yang manis, teksturnya yang kenyal, dan aroma mangga yang harum akan membuat kalian ketagihan untuk mencicipi lebih banyak.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Baca Juga :  7 Rekomendasi Snack KFC Terfavorit

Namun, jangan salah. Kali ini Sweet Couple bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep ini lho. Mau tahu caranya? Yuk, kita simak resep dodol mangga Indramayu berikut ini!

Resep Dodol Mangga Indramayu, Camilan Manis yang Populer
Gambar diambil dari dluonline.co.id

Resep Dodol Mangga Indramayu

Ternyata untuk membuat jajanan yang lezat ini hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana lho. walaupun proses pembuatannya terbilang cukup lama dan memakan waktu, namun Sweet Couple tidak perlu khawatir dengan hasilnya. Resep dodol mangga ini pasti akan menghasilkan sajian camilan yang luar biasa lezat.

Bahan untuk Membuat Dodol Mangga

  • 3 kg buah mangga yang sudah matang segar
  • 100 gr gula merah
  • 700 ml air bersih
  • 1 kg gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 bungkus agar-agar bubuk putih / daun pisang

Alat Masak Membuat Dodol Mangga Indramayu

  • Wadah
  • Blender
  • Wajan
  • Plastik
  • Toples
Resep Dodol Mangga Indramayu, Camilan Manis yang Populer
Gambar diambil dari ytimg.com

Cara Membuat Dodol Mangga Indramayu

  1. Kupas buah mangga lalu dicuci dengan air sampai bersih. Pisahkan daging buah mangga dengan bijinya.
  2. Blender buah mangga hingga benar-benar halus dan lembut.
  3. Masukkan buah mangga yang sudah di blender ke dalam wajan. Masak buah mangga bersama semua bahan dodol yang lainnya. Aduk-aduk terus sampai merata dan tunggu sampai mengental. Diamkan beberapa menit hingga menjadi dodol buah mangga yang diinginkan. Dinginkan.
  4. Potong-potong dodol sesuai selera. Bungkus dengan plastik, dan simpan dalam toples. Siap dinikmati.
Baca Juga :  Resep Asinan Buah yang Rasanya Wah

Dengan tekstur yang kenyal, rasa yang manis, dan aroma mangga yang menggugah selera, resep dodol mangga Indramayu ini memang patut Sweet Couple coba di rumah. Dijamin ketagihan deh. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari resepnasional.com