Resep Egg Benedict Super Enak, Sarapan Ala Barat yang Populer

Sweet Couple sudah pernah mencoba resep egg benedict? Eggs Benedict, secara singkat juga dikenal dengan nama Eggs Benny, adalah hidangan sarapan tradisional dari Amerika Serikat atau bisa juga dihidangkan sebagai hidangan jelang makan siang yang terdiri yang terdiri dari muffin Inggris yang dibelah dua lalu ditambahkan di atasnya antara lain, telur, daging asap, dan saus Hollandaise. Hidangan ini pertama kali dipopulerkan di New York City. Egg Benedict biasanya disantap antara jam sarapan dan jam makan siang, karenanya sering disebut dengan Brunch, singkatan dari Breakfast Lunch.

Saat Sweet Couple menginap di Hotel, egg benedict termasuk menu sarapan andalan. Begitupun jika sarapan di coffee shop, ini pun menu favorit kebanyakan orang.

Sebenarnya membuat egg benedict amatlah mudah. Jadi kali ini kami ingin mengajak Sweet Couple untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tidak perlu pergi ke Mall ataupun coffee shop. Simak saja yuk ulasan resep egg benedict berikut ini.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Jumlah Sajian : 2 Porsi
Waktu Persiapan: 10 menit
Waktu Memasak: 30 menit

Resep Egg Benedict

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep egg benedict ternyata tidak banyak kok Sweet Couple. Dan walaupun langkah pembuatannya cukup panjang, namun pastinya hasilnya tidak akan mengecewakan deh. Sweet Couple akan dengan mudah berhasil membuatnya.

Baca Juga :  5 Cara Membuat Frittata yang Tebal dan Isi Matang Merata

Bahan untuk Membuat Egg Benedict

Bahan Utama

  • 2 butir telur
  • 2 buah English muffin / roti apa saja
  • 2 lembar smoked beef
  • 1 sdt butter
  • Air untuk merebus telur secukupnya
  • 1 sdt cuka

Saus Hollandaise

  • 2 kuning telur
  • 6 sdm unsalted butter, lelehkan
  • 1 sdm air perasan lemon
  • Garam, merica bubuk secukupnya

Alat Masak untuk Membuat Egg Benedict

  • Wadah Kaca/stainless
  • Panci
  • Whisker
  • Wajan anti lengket
  • Spatula
  • Piring Saji
Resep Egg Benedict Super Enak, Sarapan Ala Barat yang Populer
resepkoki.com/resep

Cara Membuat Egg Benedict

  1. Saus hollandaise: Panaskan air dalam panci sampai mendidih, kemudian kecilkan api. Taruh wadah kaca/stainless di atasnya (metode double boiler), masukkan kuning telur, aduk dengan whisker sampai kental, kemudian angkat.
  2. Masukkan butter yang sudah dilelehkan secara bertahap sambil terus diaduk sampai terbentuk emulsi. Beri garam dan merica untuk memberi rasa, aduk rata. Tutup wadah agar tetap hangat, sisihkan.
  3. Poached egg: Masak air di panci setinggi 4-7 cm sampai mendidih dan meletup-letup, lalu kecilkan api hingga didihan air hanya meletup kecil. Tambahkan 1 sendok teh cuka, kemudian aduk secara melingkar membentuk pusaran. Ini akan membantu supaya putih telur tetap menyatu dan tidak melebar.
  4. Masukkan telur, rebus selama sekitar 2-3 menit, tergantung tingkat kematangan yang Anda inginkan. Angkat poached egg dengan sendok sayur berlubang, tiriskan.
  5. Ambil English muffin atau roti apa saja, belah menjadi dua, oleskan mentega di kedua sisinya. Panaskan wajan anti lengket, panggang roti sampai kekuningan, angkat. Dengan wajan yang sama, panggang smoked beef sebentar.
  6. Penyelesaian: Susun english muffin, letakkan smoked beef, lalu poached egg di atasnya, kemudian beri dressing hollandaise sauce. Taburi dengan parsley cincang dan bubuk cabe. Sajikan.
Baca Juga :  Resep Telur Dadar Gulung

Tips Membuat Egg Benedict

  1. Gunakan telur yang benar-benar segar agar bisa mendapatkan poached egg yang cantik.
  2. Untuk warna saus hollandaise yang terang, pakai telur omega.
  3. Jika saus hollandaise terlanjur dingin, kita bisa menghangatkannya dengan metode double boiler dengan api kecil.

Resep dan juga tipsnya sudah kami bagikan, nah Sweet Couple tinggal mencobanya deh. Langsung disajikan untuk keluarga tercinta, pasti langsung jadi favorit. Jangan ragu untuk mencoba resep egg benedict ya Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Sumber : https://resepkoki.id/resep/resep-egg-benedict