Resep Empon-Empon untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di masa pandemi Virus Corona ini, kita seringkali mendengar nama Empon-empon. Apa sih Empont-empon itu? Empon-empon adalah salah satu jenis minuman sehat tradisional dari Indonesia yang terdiri dari sejumlah bahan yang sering ada dalam jamu seperti temulawak, kencur, kunyit, dan masih banyak lagi. Jamu Empon-empon paling enak disantap selagi hangat. Tak hanya itu, Empon-empon juga berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh loh! Berguna banget kan selama ada pandemi virus Corona ini. Gimana kalau kita bikin resep Empon-Empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Yuk simak resep Empon-Empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh!

Empon-Empon

Indonesia memang memiliki sejumlah minuman tradisional. Salah satu yang saat ini terkenal adalah Empon-Empon. Empon-empon sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk sekelompok tanaman yang bisa membentuk simpanan senyawa dan memiliki rizoma, seperti temulawak, kunyit, kencur, sunti, dan temu putih. Tak jauh berbeda dengan bahan-bahan minuman seperti jamu maupun wedang uwuh.

Di saat pandemi virus Corona seperti sekarang ini, Empon-empon menjadi salah satu minuman yang cocok untuk dikonsumsi. Mengapa demikian? Karena Empon-empon memiliki antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Cocok banget kan minum Empon-empon biar tubuh makin sehat?

Baca Juga :  Resep Jamu Temulawak untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bikin Empon-empon pun gak ribet karena bahannya mudah didapat. Selain itu, resep Empon-empon buatan sendiri tentu jauh lebih sehat dan murah. Praktis pula karena resep Empon-empon ini bisa dicoba di rumah. Tertarik untuk bikin resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Yuk simak resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh berikut ini!

Bahan Resep Empon-Empon

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi virus Corona:

  • 1 batang sereh
  • 1 jempol jahe (iris)
  • 1 st ketumbar (geprek ringan)
  • 2 jempol temulawak (iris)
  • 1 jempol kunyit (iris)
  • 1 batang kayu manis
  • asam jawa
  • lada hitam
  • Air

Alat Resep Empon-Empon

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Empon-empon untuk daya tahan tubuh. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah selama pandemi virus Corona:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Gelas
Baca Juga :  Resep Jamu Beras Kencur untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Membuat Resep Empon-empon

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Empon-empon untuk daya tahan tubuh siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Inilah cara untuk membuat resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah selama pandemi virus Corona:

  1. Pertama-tama, potong dan iris bahan-bahan resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti jahe, ketumbar, temulawak, dan kunyit. Iris-iris bahan-bahan resep Empon-empon tersebut menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Kedua, masukkan air ke dalam panci sebanyak 300 cc untuk merebus potongan bahan-bahan resep Empon-empon nanti.
  3. Ketiga, masukkan potongan bahan-bahan resep Empon-empon tersebut ke dalam air yang ada di dalam panci tadi.
  4. Kemudian, rebus air dan potongan bahan-bahan resep Empon-empon tersebut dengan api yang agak besar hingga mendidih.
  5. Setelah air rebusan resep Empon-empon tersebut mendidih, maka kecilkan api hingga air tersisa sekitar 200 cc.
  6. Lalu, matikan api dari kompor yang digunakan untuk merebus resep Empon-empon tersebut.
  7. Berikutnya, diamkan sejenak rebusan resep Empon-empon tersebut hingga menghangat.
  8. Selanjutnya, saring air rebusan empon-empon tadi ke dalam gelas.
  9. Akhirnya selesai sudah resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi virus Corona. Empon-empon siap disajikan dalam keadaan hangat.
Baca Juga :  Resep Jamu Kunyit Asam untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Wah ternyata gak susah ya bikin resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Bahan-bahan resep Empon-empon mudah didapat dan murah. Rasa dari Empon-empon pun nikmat banget apalagi jika disantap selagi hangat. Pokoknya dijamin pas banget buat bikin resep Empon-empon dan minum Empon-empon di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini. Enaknya dapet, sehatnya juga dapet.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Empon-empon yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah. Selamat mencoba resep Empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah selama pandemi virus Corona ya Sweet Couple!

Resep disadur dari Kompas.com

Leave a Reply