Resep Es Kacang Merah untuk Menyegarkan Harimu

Apa ya yang bisa bikin segar di hari-hari cerah nan panas seperti sekarang? Jawabannya tak lain dan bukan adalah hidangan Es. Kalau ngomongin es, selain teringat Es Buah Segar dan Es Campur, kita juga pasti akan teringat dengan Es Kacang Merah. Es Kacang Merah ini rasanya manis dan cocok banget untuk disantap di hari yang panas di musim kemarau. Penasaran dengan Es Kacang Merah lebih lanjut? Yuk simak ulasan resep Es Kacang Merah berikut ini!

Es Kacang Merah

Siapa sih yang gak kenal Es Kacang Merah? Es Kacang Merah ini familiar banget sebagai salah satu hidangan pencuci mulut. Di Asia Timur seperti Jepang dan Korea, Es Kacang Merah menjadi salah satu hidangan andalan saat musim panas. Rasanya manis dan segar sehingga banyak orang yang menggemari Es Kacang Merah ini.

Ketenaran Es Kacang Merah tidak pudar loh walau ada hidangan es lain seperti Es Kopi Susu dan Es Pisang Ijo. Es Kacang Merah tetap memiliki tempat di hati para penggemarnya. Pastinya, buat Sweet Couple yang suka kacang-kacangan, Es Kacang Merah adalah pilihan yang tepat untuk menyegarkan harimu di musim panas.

Nah daripada cuma mikirin Es Kacang Merah, mendingan kita langsung aja bikin resep Es Kacang Merah ini yuk! Selain bahannya mudah didapat, cara membuatnya pun juga gampang banget, sesederhana namanya! Dijamin langsung pada pengen bikin resep Es Kacang Merah ini. Penasaran? Yuk simak resep Es Kacang Merah berikut ini!

Baca Juga :  Resep Es Buah Segar Sederhana Super Praktis

Bahan Resep Es Kacang Merah

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Es Kacang Merah. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Es Kacang Merah? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Es Kacang Merah:

Bahan Utama Resep Es Kacang Merah

  • Kacang merah kering yang sudah direndam semalaman (semangkuk)
  • Air 500 ml
  • Gula pasir 1 sdm
  • Gula merah kecil 1 balok
  • Kayu manis 3 ruas
  • Garam 1/4 sdt

Bahan Saus Krim Santan Resep Es Kacang Merah

  • Santan 250 ml
  • Garam 1/4 sdt
  • Tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air 1 sdt
  • Daun pandan yang diikat 2 lembar

Bahan Pelengkap Tambahan Resep Es Kacang Merah

  • Es batu secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Sirup cocopandan secukupnya

Alat Resep Es Kacang Merah

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Es Kacang Merah. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Es Kacang Merah? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Es Kacang Merah:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Mangkuk/Gelas
  • Serutan Es
  • Panci
Baca Juga :  Resep Es Pisang Ijo Segar untuk Hari yang Cerah

Cara Membuat Resep Es Kacang Merah

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Es Kacang Merah siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Es Kacang Merah. Inilah cara membuat resep Es Kacang Merah:

  1. Pertama, siapkan kacang merah yang sudah direndam selama semalaman untuk resep Es Kacang Merah
  2. Kedua, cuci kacang merah yang sudah direndam semalaman tersebut dengan air bersih lalu tiriskan
  3. Ketiga, siapkan panci dan tuangkan kacang merah ke dalamnya sambil menyalakan api kompor.
  4. Tambahkan pula kayu manis ke dalam panci berisi kacang merah dan masak hingga kacang merah menjadi lunak teksturnya
  5. Sekarang masukkan gula merah, gula pasir, dan garam ke dalam panci. Aduk semuanya hingga tercampur merata dan kuah mengental.
  6. Kemudian, tuangkan larutan maizena ke dalam panci dan masak sampai mendidih serta mengental.
  7. Jika sudah, maka matikan api dan tunggu sejenak hingga mendingin.
  8. Kita buat dulu saus kuah santannya untuk resep Es Kacang Merah. Caranya, siapkan panci lain dan masukkan bahan-bahan saus kuah santan resep Es Kacang Merah yakni santan, maizena, dan daun pandan.
  9. Masak bahan-bahan Saus Kuah Santan resep Es Kacang Merah dengan api kecil dan aduk perlahan. Jika sudah cukup, maka matikan api, angkat, dan dinginkan.
  10. Sekarang waktunya penyajian resep Es Kacang Merah. Siapkan gelas dan masukkan 2 sendok makan kacang merah tadi.
  11. Tambahkan saus santan, es serut, sirup cocopandan, dan kental manis sesuai selera.
  12. Akhirnya selesai sudah membuat resep Es Kacang Merah. Mudah bukan?
Baca Juga :  Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Kafe Zaman Now

Wah ternyata resep Es Kacang Merah ini gampang banget ya! Semua orang bisa membuatnya. Cocok banget buat Sweet Couple yang ingin hidangan es yang bakal bikin segar hari-harimu di musim kemarau ini. Siang-siang gini makan Seblak, lalu minum Es Kacang Merah pastinya sempurna banget ya.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Es Kacang Merah? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Es Kacang Merah. Mumpung lagi panas-panas gini, yakin nih ga mau coba untuk bereskperimen di rumah dengan membuat resep Es Kacang Merah?

Jadi, daripada berlama-lama, maka langsung aja bikin resep Es Kacang Merah ya. Dijamin gak akan menyesal bikin resep Es Kacang Merah! Selamat berkreasi dengan resep Es Kacang Merah di rumah masing-masing ya Sweet Couple!

Resep disadur dari resepkoki.id

Leave a Reply