Resep Es Krim 3 Rasa ala Rumahan Super Lezat

Siapa sih yang tidak suka es krim? Hidangan camilan yang satu ini punya banyak penggemar. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua menyukainya. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut serta sensasi dinginnya mampu membuat siapapun jatuh cinta.

Di saat cuaca sedang panas terutama siang hari, es krim selalu menjadi obat mujarab untuk mengatasinya. Segarnya citarasa es krim tak mampu ditolak oleh siapapun. Apalagi anak-anak, mereka paling semangat ketika membeli jajanan ini. Hayo, siapa yang masa kecilnya begitu?

Es Krim biasanya terdiri dari rasa coklat, vanilla, dan stroberi. Bisa dibilang 3 rasa tersebut yang paling populer. Walau demikian, ada juga rasa-rasa lain seperti buah-buahan dan es krim rasa tawar untuk mereka yang sedang diet. Jadi, gak usah khawatir gak bisa makan es krim walau sedang diet.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Kebanyakan dari kita pasti lebih sering membeli es krim di toko daripada membuatnya sendiri. Padahal cara membuat es krim sendiri tidaklah terlalu sulit. Sweet Couple cukup menyiapkan bahan seperti susu kental manis, telur, bubuk vanili, tepung, dan air lalu dicampurkan, dimasak, dan disimpan dalam freezer. Alat-alatnya pun tidak ribet. Asal ada kulkas, semua bisa membuat es krim dengan mudah.

Kali ini kami ingin berbagi resep es krim ala rumahan yang gampang banget untuk dibuat, termasuk para pemula. Pastinya resep es krim ini tetaplah lezat seperti yang biasa dibeli di toko. Tak hanya itu, es krim ini juga lebih higienis dan sehat daripada yang dijual di toko karena tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi aman untuk kita semua nih Sweet Couple.

Baca Juga :  Kumpulan Resep Cireng yang Selezat di Tukang Gorengan

Yuk langsung saja simak ulasan lengkap resep es berikut ini!

Masakan: Eropa

Jenis Hidangan: Penutup

Jumlah Sajian: 1 porsi

Waktu Persiapan: 20 menit

Waktu Memasak: 45 menit

Total Waktu: 1 jam 5 menit

Bahan Resep Es Krim ala Rumahan

Siapkan bahan-bahan untuk membuat es krim berikut ini:

  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 butir telur dikocok lepas
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 2 kaleng air bersih, menggunakan kaleng susu
  • Pasta makanan stroberi, coklat, dan vanilla secukupnya
  • 1 sendok makan SP yang sudah dilelehkan

Alat Resep Es Krim ala Rumahan

Siapkan alat-alat untuk membuat es krim berikut ini:

  • Wadah besar
  • Wadah kecil
  • Panci
  • Kompor
  • Spatula
  • Whisk
  • Freezer
  • Garpu
  • Mixer
  • Sendok

Cara Membuat Resep Es Krim ala Rumahan

  1. Siapkan wadah besar, masukkan susu kental manis, kocokan telur, vanili bubuk, tepung maizena, dan air bersih ke dalamnya. Aduk semuanya dengan whisk hingga tercampur merata sempurna tanpa gumpalan.
  2. Siapkan panci, letakkan di atas kompor, nyalakan api, dan panaskan.
  3. Tuangkan adonan es krim ke dalam panci dan panaskan dengan api berukuran sedang.
  4. Masak adonan hingga meletup, mendidih, dan mengental.
  5. Jika sudah matang, maka matikan api dan diamkan sampai adonan mendingin.
  6. Siapkan 3 wadah yang berbeda, lalu tuangkan adonan ke masing-masing wadah tersebut sama rata.
  7. Pada wadah adonan 1, beri perasa makanan stroberi. Pada wadah adonan 2, beri perasa makanan coklat. pada wadah adonan 3, beri perasa makanan vanilla. Aduk masing-masing adonan hingga tercampur merata dan tunggu dingin.
  8. Masukkan ketiga wadah berisi adonan es krim tadi ke dalam freezer dan tunggu selama 6 jam.
  9. Jika sudah 6 jam, keluarkan adonan dari dalam freezer dan hancurkan dengan garpu.
  10. Masukkan 1/3 larutan emulsifier SP ke masing-masing adonan dan mixer masing-masing selama 15 menit hingga adonan menjadi lembut.
  11. Siapkan wadah besar dan tuangkan masing-masing adonan tadi ke dalam wadah tersebut. Atur agar rapi dan berdampingan.
  12. Masukkan lagi wadah berisi adonan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam hingga membeku.
  13. Jika sudah 8 jam, maka keluarkan.
  14. Es Krim Rumahan siap disajikan dan disantap.
Baca Juga :  Resep Cireng Bumbu Kacang Paling Gurih

Setelah mengetahui resep es krim ala rumahan ini, pastinya Sweet Couple jadi semakin tertarik membuatnya sendiri di rumah kan? Cukup siapkan alat, bahan, dan niatnya lalu ikuti langkah-langkah cara membuat es krim tersebut deh.

Pastinya resep es krim ala rumahan ini paling pas disantap bersama keluarga dan orang tercinta di rumah. Suasanya jadi lebih cair dan menyenangkan dengan kehadiran hidangan spesial buatan Anda.

Tahukah Sweet Couple jika es krim sudah ada sejak tahun 200 Sebelum Masehi? Ya, es krim pertama kali muncul di Cina. Pada mulanya, es krim dibuat dari salju pegunungan yang dicampur dengan buah-buahan dan madu. Kemudian, es krim pun mulai populer di era Romawi ketika Kaisar Nero Claudius Caesar mendatangkan salju dari pegunungan dan menambahkan buah serta madu di dalamnya.

Keberadaan es krim pun makin populer mulai abad 13 Masehi ketika Marco Polo membawa resep es buah dari Cina ke Italia dan koki di sana meraciknya dengan susu. Sejak saat itulah, es krim mulai berkelana hingga seluruh dunia.

Ternyata perjalanan es krim juga panjang ya dari dulu hingga sekarang. Tak menyangka jika es krim memiliki sejarah yang setua itu. Pantas saja hidangan ini termasuk legendaris dan banyak penggemarnya. Benar-benar tak lekang oleh waktu.

Baca Juga :  Resep Pempek Palembang Lezat Bikin Terbayang-bayang

Jadi, kapan nih mau mencoba resep es krim ala rumahan ini?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari resepedia.id dan kompas.com