Resep Homemade Kornet, Bebas Pengawet dan Aman untuk Anak-Anak

Sweet Couple pernah ga sih kepikiran untuk bikin kornet sendiri dirumah? Sebagian besar orang bahkan memilih untuk tidak mengkonsumsi kornet karena kandungan MSG yg ada di dalamnya. Untuk itu, kami akan merekomendasikan resep homemade kornet yang bebas pengawet dan aman untuk anak.

Kornet daging sapi dibuat dengan cara mengawetkan daging sapi dalam air garam (brine), yaitu air yang dicampur dengan larutan garam jenuh. Daging sapi tersebut kemudian dimasak dengan cara direbus dengan api kecil untuk menghindari hancurnya tekstur daging sapi.

Nama “kornet” berasal dari bahasa Inggris “corned”, dari kata “corn” yang artinya butiran. Butiran ini berasal dari partikel-partikel garam kasar yang digunakan untuk mengolah kornet. Cara pengolahan daging sapi menjadi kornet, diperkirakan muncul pertama kali pada abad 12 di Irlandia. Data ini didasarkan pada baris puisi Aislinge Meic Con Glinne atau The Vision of MacConglinne, yang menyebut suatu daging olahan lezat yang menyerupai kornet.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Kini Sweet Couple bisa membuatnya sendiri di rumah, selain lebih sehat, tetapi juga terjamin kebersihannya. Aman untuk dikonsumsi anak-anak. Simak yuk ulasan lengkap resep homemade kornet berikut ini!

Jenis Hidangan: Hidangan Pendamping
Waktu Persiapan: 10 menit
Waktu Memasak: 60 menit

Baca Juga :  3 Rekomendasi Resep Kornet Kaleng Super Praktis Anti Gagal
Resep Homemade Kornet, Bebas Pengawet dan Aman untuk Anak-Anak
Gambar diambil dari IDN times

Resep Homemade Kornet

Dengan diolah menjadi kornet, daging sapi segar akan dapat disimpan dengan jangka waktu yang lebih lama. Agar awet, daging sapi segar harus disimpan pada suhu dingin atau suhu beku. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Sweet Couple siapkan untuk membuat resep homemade kornet ini ya.

Bahan untuk Membuat Homemade Kornet

  • 600 gr daging sandung lamur
  • 1 sdm merica
  • 1 sdm garam
  • Sedikit gula untuk penyeimbang rasa
  • 3 sdm angkak yang telah dihaluskan

Alat Untuk Membuat Homemade Kornet

  • Wadah/baskom
  • Garpu
  • Wajan
  • Piring saji

Cara Membuat Homemade Kornet

  1. Marinasi daging dengan merica garam dan angkak, tusuk-tusuk daging dengan garpu. Agar bumbu meresap, aduk dan pijit-pijit daging sampai benar-benar merata. Lalu tutup wadah, diamkan di kulkas semalaman (kurang lebih 12 jam atau minimal 6 jam).
  2. Rebus daging dengan air. Setelah agak empuk, keluarkan dari wajan, lalu iris-iris tipis daging. Masukan kembali ke air rebusan (gunanya agar saat masak, daging akan hancur dengan sendirinya seperti tekstur kornet). 
  3. Tambahkan garam/lada jika kurang rasa, tambahkan angkak jika kurang merah, lalu beri sejumput gula. Tambahkan air secara berkala setiap air mulai sat sampai daging benar-benar empuk dan rasa benar-benar menyerap. Setelah asat, angkat.
  4. Homemade kornet pun siap dihidangkan.
Baca Juga :  Resep Tumis Kornet Kentang
Resep Homemade Kornet, Bebas Pengawet dan Aman untuk Anak-Anak
idntimes.com

Ternyata ada ya solusi untuk memasak kornet yang sehat. Hal yang lebih membahagiakan lagi, bahannya amat sederhana, dan tentunya bisa kita gunakan untuk campuran aneka menu masakan andalan kita sehari hari. Sebut saja nasi goreng kornet, sandwich kornet. Sungguh membantu menghemat waktu Sweet Couple di rumah.

Selamat brekreasi dengan resep homemade kornet ini ya Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Sumber : cookpad.com/id/risca rosetta