Resep Ikan Dori Tepung Saus Lemon

Resep ikan dori crispy saus lemon ternyata cukup mudah. Bahan-bahan yang diperlukan sangat praktis. Tidak heran kalau banyak orang yang tertarik untuk mencobanya.

Ikan dori merupakan jenis ikan yang bergizi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi, terutama untuk anak-anak. Mau coba resep ikan dori ala restoran yang rasanya bikin ketagihan? Sweet Couple bisa menyajikannya dengan saus lemon ditambah tekstur ikan yang crispy. Simak dan ikuti langkah-langkah memasaknya berikut ini.

Jumlah Porsi: 3 porsi

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Waktu Persiapan: 15 menit

Waktu Memasak: 45 menit

Bahan Resep Ikan Dori Tepung Saus Lemon

Siapkan bahan-bahan resep ikan dori berikut ini:

Bahan Utama Dori Tepung Crispy

  • 3 fillet ikan dori
  • 1 bungkus tepung (Supaya lebih crispy, Anda bisa menggunakan Tepung Kobe Kentucky)
  • 150 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus Lemon

  • 1 siung bawang putih dicincang halus
  • 3 sendok makan air perasan lemon
  • 1 sendok makan mentega
  • Gula secukupnya
  • Krim atau susu secukupnya
  • 2 sendok makan tepung maizena atau sesuai selera
  • Daun ketumbar dicincang halus secukupnya

Alat Masak Resep Ikan Dori Tepung Saus Lemon

Siapkan alat-alat resep ikan dori berikut ini:

  • Wadah
  • Pisau
  • Wajan
  • Saringan
  • Mangkuk kecil untuk saus lemon
Baca Juga :  Resep Salmon Mentai Kekinian yang Laris Manis

Cara Membuat Ikan Dori Tepung Saus Lemon

  1. Siapkan wadah untuk mencampurkan adonan basah. Buat adonan basah dengan perbandingan 1 sendok makan tepung dengan 6 sendok makan air dan aduk adonan sampai tercampur rata. Sweet Couple bisa menyesuaikan jumlah sendok tepung sampai semua ikan dori fillet terlumuri adonan basah.
  2. Tuangkan adonan kering secukupnya di wadah lain.
  3. Masukkan potongan ikan dori fillet ke dalam adonan basah. Baluri ke seluruh permukaan.
  4. Masukkan dori yang sudah dilapisi dengan adonan basah ke dalam wadah tepung kering. Pastikan supaya seluruh permukaan ikan dibaluri dengan tepung kering sampai menutupi adonan basah.
  5. Panaskan minyak untuk menggoreng. Goreng dori crispy sampai berwarna kecokelatan.
  6. Angkat dan tiriskan dori crispy.
  7. Selanjutnya kita akan membuat saus lemon. Panaskan 1 sendok makan mentega untuk menumis. Tumis bawang putih yang sudah dicincang halus sampai harum.
  8. Masukkan air perasan lemon, masak sebentar sambil menambahkan sedikit air sedikit, dan jangan lupa untuk mengaduk rata lemon dan bawang putih.
  9. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Kemudian tambahkan air bersama tepung maizena agar mengental.
  10. Taburkan daun ketumbar ke atas saus lemon. Masak sampai sedikit mengental. Sajikan ikan dori tepung bersama saus lemon segar.
Baca Juga :  Resep Kerang Hijau Asam Manis Pedas

Khasiat Ikan Dori untuk Kesehatan Tubuh

Selain memiliki cita rasa yang nikmat, ternyata ikan dori mengandung berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat ikan dori yang jarang diketahui orang. Ikan dori merupakan sumber protein, vitamin, omega 3, yodium, magnesium, dan zat besi.

Kalau bicara mengenai ikan yang kaya akan omega 3, selama ini orang-orang hanya mengenal resep ikan tongkol dengan kandungan omega 3 yang tinggi. Padahal, ikan dori juga mengandung omega 3 dan berpengaruh dalam meningkatkan fungsi otak.

Manfaat tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Jangan heran kalau kita sering dianjurkan untuk mengonsumsi dori sejak usia dini. Selain meningkatka fungsi otak, mengonsumsi ikan dori juga berdampak baik pada kesehatan jantung. Manfaat tersebut berasal dari mineral dan kalium pada ikan dori.

Banyak orang yang belum mengetahui kalau dori memiliki khasiat yang mampu menjaga kesehatan mata. Ikan ini mengandung banyak vitamin A yang dibutuhkan untuk merawat kesehatan mata. Dengan mengonsumsi ikan dori, Anda dapat mengurangi risiko penyakit mata, terutama rabun jauh.

Wah ternyata, dori memiliki banyak manfaat yang penting untuk kesehatan kita. Sweet Couple tak perlu lagi ragu untuk mencoba resep dori super lezat ini. Selamat mencoba resep ikan dori tepung dengan cocolan saus lemon!

Resep disadur dari Dapurkobe